CEK FAKTA: Jose Mourinho Masuk Jajaran Manajemen PSSI untuk Sukseskan Target Piala Asia?

Narasi memaksa penonton percaya bahwa coach Jose Mourinho bakal ikut memuluskan langkah persepakbolaan Indonesia.

Samarpita Karmacari
Sabtu, 10 Juni 2023 | 11:46 WIB
CEK FAKTA: Jose Mourinho Masuk Jajaran Manajemen PSSI untuk Sukseskan Target Piala Asia?
CEK FAKTA, bagaimana ceritanya sosok profesional dan terikat kontrak "lari" begitu saja dan tandatangani kontrak lima tahun? ([screenshot YouTube].)

Narasi memaksa penonton percaya bahwa coach Jose Mourinho bakal ikut memuluskan langkah persepakbolaan Indonesia.

Berkaca pada kemampuan Indonesia lewat kiprah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mendatangkan berbagai Tim Nasional atau Timnas antarbangsa sampai menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023--yang sayangnya batal oleh Indonesia sendiri--maka berbagai impian seputar bola terus melambung. Termasuk para pengunggah video dengan keinginan meyakinkan para penyuka sepak bola di Tanah Air bahwa negara kita akan menambah coach atau pelatih.

Seperti Metro Suara.com temukan di kanal YouTube, akun bernama Kreator Bola mengunggah video berjudul "DIRTEK BARU TIBA!! PSSI REKRUT JOSE MOURINHO DEMI TARGET PIALA ASIA - TERNYATA BENAR".

Foto cover atau thumbnail adalah potret Jose Mourinho tengah berada di salah satu bandara, kemudian satu lagi tengah bersalaman dengan coach atau pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, serta insert foto Jose Mourinho tampak samping. Tertulis di situ kalimatnya, "MOURINHO TIBA DI INDONESIA", serta "DETIK-DETIK MOURINHO TANDA TANGAN KONTRAK 5 TAHUN DI TIMNAS".

PENJELASAN

Sebelum meninjau video lebih jauh karena bakal dihitung sebagai pemirsa atau viewer dan menambah jumlah penonton tayangan yang memberikan hasil cuan atau pendapatan page view pemilik akun, Metro Suara.com menelusuri gambar cover atau thumbnail dan segi kebahasaan. Hasilnya:

* Foto Jose Mourinho berjabat tangan dengan Shin Tae-yong adalah hasil editan.
Fakta: perhatikan editan bagian rahang dan dagu Shin Tae-yong yang tidak alami dan terasa tempelan.  Posisi mata tidak menuju titik sama dengan arah mata Jose Mourinho. Postur tubuh dan bagian kepala Shin Tae-yong tidak menyatu.

* Tulisan di belakang potret adalah "QUALIFIERS AFC U20 ASIAN CUP UZBEKISTAN 2023".
Fakta: menyimak foto Shin Tae-yong berjabat tangan saja adalah editan atau rekayasa, background atau latar belakang foto ini juga perlu mendapat perhatian apakah valid.
Logika: Jose Mourinho menjadi manajer klub AS Roma mulai 1 Juli 2021 dan kontrak berakhir 30 Juni 2024. Sementara tulisan di thumbnail menyebutkan "DETIK-DETIK MOURINHO TANDA TANGAN KONTRAK 5 TAHUN DI TIMNAS". Nah, mungkinkah sebuah kontrak dihentikan salah satu pihak begitu saja secara tidak profesional dan tanpa pengumuman dari sumber kredibel?

* Judul video adalah "DIRTEK BARU TIBA!! PSSI REKRUT JOSE MOURINHO DEMI TARGET PIALA ASIA - TERNYATA BENAR". Kalimat diberi embel-embel "TERNYATA BENAR".

Fakta: kebenaran sebuah berita termasuk dalam bentuk video tercermin dari isi, konten, atau materi. Dengan pemberian embel-embel kalimat "ternyata benar", pengunggah malahan terlihat dari awal tidak yakin bahwa penonton atau mereka yang bersiap menekan tombol "play" akan sudi menonton informasi yang dibuatnya dalam bentuk video.

Tanpa perlu menyimak konten video, dari judul saja tampak bahwa video ini tidak mampu memberikan informasi secara kredibel.

KESIMPULAN

Video berjudul "DIRTEK BARU TIBA!! PSSI REKRUT JOSE MOURINHO DEMI TARGET PIALA ASIA - TERNYATA BENAR" memiliki konten kategori hoax.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Baca Juga:Kebakaran Rumah di Sukajadi Pekanbaru, Tiga Orang Meninggal Dunia

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Olahraga

Terkini

Tampilkan lebih banyak