CEK FAKTA: Benarkah Prabowo Subianto Dipasangkan dengan Erick Thohir Sebagai Capres dan Cawapres Pemilu 2024?

Narasi berusaha meyakinkan agar penonton percaya inilah sosok yang akan menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto.

Samarpita Karmacari
Jum'at, 09 Juni 2023 | 21:30 WIB
CEK FAKTA: Benarkah Prabowo Subianto Dipasangkan dengan Erick Thohir Sebagai Capres dan Cawapres Pemilu 2024?
CEK FAKTA, benarkah formasi Prabowo Subianto dan Erick Thohir sudah fix? ([screenshot Turnbackhoax.id].)

Narasi berusaha meyakinkan agar penonton percaya inilah sosok yang akan menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto adalah salah satu bakal calon presiden dalam kontestasi Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Sementara Erick Tohir adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang namanya melejit karena sukses mengantar Timnas Indonesia merebut medali emas sepak bola SEA Games 2023 dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PSSI.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, akun TikTok bang_dhew94 mengunggah video berjudul "MENTRI BUMN ERICK THOHIR RESMI JASI CAWAPRESNYA PRABOWO SUBIANTO ATAS USUNGAN PARTAI AMANAT NASIONAL GIMANA PENDAPAT KALIAN??". Sedangkan tulisan di thumbnail adalah "Bertemu Gerindra, PAN Sodorkan Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo Subianto".

Disebutkan bahwa Erick Thohir resmi diumumkan sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

Dalam video ini, Sekjen PAN Eddy Soeparno, menyampaikan bahwa Erick Thohir dinilai unggul untuk dijadikan cawapres berdasarkan hasil survey yang beredar belakangan ini. Selain itu Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, juga menyampaikan rasa hormatnya kepada siapapun yang akan diusung sebagai cawapres Prabowo.

PENJELASAN

Setelah dilakukan penelusuran Turnbackhoax.id, video itu adalah video milik akun Instagram Narasi News Room yang menyorot saat petinggi Partai Gerindra bertemu  elite Partai Amanat Nasional (PAN) di kantor DPP PAN pada Senin, 5 Juni 2023. Dalam pertemuan ini, PAN mengusulkan nama Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Dikutip dari CNN Indonesia, Erick Thohir enggan berkomentar soal langkah PAN yang mengusulkan namanya menjadi cawapres pada Pilpres 2024. Ditemui di sela meninjau venue FIFA Match Day di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, ia hanya mau bicara soal sepak bola.

Ketua Umum PSSI itu menyatakan tak akan menjawab pertanyaan jurnalis soal isu cawapres atau usulan PAN ini. Belum ada konfirmasi resmi dari Partai Gerindra dan Erick Thohir enggan untuk berkomentar hal pencalonan ini.

KESIMPULAN

Video berjudul "MENTRI BUMN ERICK THOHIR RESMI JASI CAWAPRESNYA PRABOWO SUBIANTO ATAS USUNGAN PARTAI AMANAT NASIONAL GIMANA PENDAPAT KALIAN??" memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak