CEK FAKTA: Apakah Mungkin, Pemain Sepak Bola Ragnar Oratmangoen Bela Timnas dan Bikin Justin Hubner Patah Hati?

Narasi berusaha meyakinkan penonton, pemain sepak bola ini masuk Timnas Indonesia, dan simak editan foto yang bikin geli karena ada tangan terselip di pinggang!

Samarpita Karmacari
Kamis, 01 Juni 2023 | 09:06 WIB
CEK FAKTA: Apakah Mungkin, Pemain Sepak Bola Ragnar Oratmangoen Bela Timnas dan Bikin Justin Hubner Patah Hati?
CEK FAKTA: Pemain bola asal Belanda ragnar Oratmangoen masuk Timnas Indonesia? ([screenshot YouTube].)

Narasi berusaha meyakinkan penonton, pemain sepak bola ini masuk Timnas Indonesia, dan simak editan foto yang bikin geli karena ada tangan terselip di pinggang!

Hadirnya pemain naturalisasi di dunia persepakbolaan Indonesia menjadi salah satu topik menarik. Dengan kehadiran mereka, harapannya daya gempur Tim Nasional atau Timnas Indonesia bertambah tinggi. Hasil akhirnya juga bikin bangga yaitu menang dan disegani lawan.

Metro Suara.com mendapatkan dari kanal YouTube, sebuah akun bernama DAPUR BOLA mengunggah video berjudul "SAH BELA TIMNAS!! ORATMANGOEN DIPROYEKSIKAN BAWA TIMNAS KE PIALA DUNIA - JUSTIN HUBNER MENYESAL".

Diunggah 28 Mei 2023, thumbnail adalah foto Ragnar Oratmangoen disandingkan coach Shin Tae-Yong, Ivar Jenner dan Rafael Struick di sisi sebalah kanan, mengenakan busana resmi serta topi kopiah, diberi insert Justin Hubner dan emoji patah hati.

PENJELASAN

Metro Suara.com menelusuri video durasi 10 menit 35 detik dan baru saja di menit 0:07 narator sudah membuat kesalahan pertama dengan cara penyebutan nama keluarga atau marga atau surname Ragnar Oratmangoen.

Artinya, di menit-menit berikutnya jangan diharapkan bakal ada bukti valid tentang kebenaran berita ini karena salah satu hal terpenting sudah gagal dilalui dan bisa merebut perhatian penonton. Yaitu soal kesalahan dalam penyebutan nama.

Menit ke 0:30, narator dengan gaya pembacaan skrip bukan untuk video sport atau berita menyatakan Justin Hubner kecewa berat.

Narator terus membacakan skrip dengan penyebutan nama Ragnar Oratmangoen salah di menit 0:51.

Menit ke 1:59 hingga lewat dari 2:46 hanya membahas peran Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang mengucapkan terima kasih kepada mantan Menpora Zainudin Amali. Dan semuanya hanya membacakan artikel dari media yang dipilih, terbukti dari cara menyampaikan yang mengutip kalimat langsung dalam suatu bacaan atau tulisan.

Merujuk kepada judul yang dijanjikan yaitu soal Ragnar Oratmangoen, konten gagal memberikan informasi yang dibutuhkan. Tentu saja tidak ada cuplikan video berisi pernyataan valid dari sumber terverifikasi soal pemain sepak bola Belanda keturunan Maluku itu dalam video ini.

Sedangkan hasil pemeriksaan foto thumbnail: foto Shin Tae-Yong dan Ragnar Oratmangoen adalah editan. Bila disimak akan bikin geli karena direkayasa agar keduanya tampak asli berdampingan. Simak adanya tempelan tangan di pinggang si pemain bola. Dipandang dari sudut budaya, gesture, dan kebiasaan, sesama lelaki bila menunjukkan keakraban akan merangkul dengan tangan di bahu, bukan menyelipkan ke pinggang. Atau sederhananya foto menunjukkan bahasa tubuh yang salah.

KESIMPULAN

Video berjudul "SAH BELA TIMNAS!! ORATMANGOEN DIPROYEKSIKAN BAWA TIMNAS KE PIALA DUNIA - JUSTIN HUBNER MENYESAL" memiliki koneksi yang salah.

Catatan Redaksi

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Olahraga

Terkini

Tampilkan lebih banyak