Survei Capres Semakin Sering, Anies: Pemilu 8 Bulan Lagi, Survei Luar Biasa

Anies mengaku optimistis menghadapi pemilu 2024 meski belum mampu bersaing dalam survei dengan Prabowo dan Ganjar Pranowo.

Firman Doni
Rabu, 24 Mei 2023 | 22:19 WIB
Survei Capres Semakin Sering, Anies: Pemilu 8 Bulan Lagi, Survei Luar Biasa
Anies Baswedan, salah satu bakal calon presiden di Pemilu 2024. (Foto: ANTARA)

Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengatakan semakin seringnya perilisan hasil survei calon presiden menunjukkan bahwa elektabilitas setiap calon masih fluktuatif dan tingginya perhatian dari publik.

Ini disampaikan Anies saat ditanya soal hasil sejumlah besar survei yang menempatkannya di urutan terbawah dari tiga capres utama, termsuk Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Perjalanan masih panjang, masih ada delapan bulan lagi. Banyak hal yang akan terjadi. Kalau teman-teman memantau, selalu yang namanya survei berbulan-bulan sebelum pelaksanaan masih fluktuatif," kata Anies di sela-sela kunjungan ke Desa Jeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (24/5/2023).

Pada pekan ini Litbang Kompas mengumumkan hasil survei terbaru, yang menunjukkan bahwa elektabilitas tertinggi dipegang oleh Prabowo Subianto dengan 24,5 persen, Ganjar Pranowo urutan kedua dengan 22,8 persen, dan Anies Baswedan berada di urutan terakhir dengan 13,6 persen.

Anies menjelaskan dengan adanya survei tersebut akan menjadi bahan penting dalam menentukan rencana dan strategi ke depan. Namun, ia tidak bisa menjabarkan secara detail terkait strategi apa yang akan diterapkan.

Ia mencermati pelaksanaan survei dari berbagai lembaga yang terbilang sering dilakukan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa ada perhatian yang tinggi terkait elektabilitas para bakal calon presiden yang akan berkontestasi.

"Kalau pemilu bulan depan, intensitas survei tinggi memang biasa. Tapi kalau sekarang, pemilu delapan bulan lagi, survei luar biasa. Rasanya hampir tiap satu atau dua minggu ada survei. Jadi menggambarkan ada perhatian tinggi dan dinamika masih sangat fluktuatif," ujarnya.

Meskipun dalam survei tersebut menempatkan dirinya pada urutan terakhir, ia meyakini pada Pemilu 2024 akan mendapatkan hasil yang optimal. Hal tersebut dikarenakan ia selalu menampung aspirasi perubahan yang terus bergaung.

"Kalau optimisme, optimisme tinggi. Bahkan kami sangat optimistis. Karena kita merasakan aspirasi, keinginan, perubahan, dan keadilan, itu bergaung. Tentu harus berusaha, tidak bisa hanya dengan optimisme saja," katanya.

Sesuai dengan jadwal, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden pada tanggal 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023. [Antara]

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak