CEK FAKTA: Mahfud MD Datangi Rumah Arteria Dahlan Menyusul Ancaman saat Rapat DPR?

Narasinya mengajak pemirsa percaya bahwa setelah debat panas di Komisi III DPR pihak Mahfud MD melanjutkan di rumah Arteria Dahlan.

Samarpita Karmacari
Sabtu, 20 Mei 2023 | 18:27 WIB
CEK FAKTA: Mahfud MD Datangi Rumah Arteria Dahlan Menyusul Ancaman saat  Rapat DPR?
CEK FAKTA: Mahfud MD mendatangi rumah Arteria Dahlan? ([screenshot Turnbackhoax.id].)

Narasinya mengajak pemirsa percaya bahwa setelah debat panas di Komisi III DPR pihak Mahfud MD melanjutkan di rumah Arteria Dahlan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD pernah terlibat debat berapi-api dengan Arteria Dahlan dalam rapat Komisi III DPR pada 29 Maret 2023.

Rapat ini membahas tentang dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang berawal dari transaksi janggal di lingkup Kementerian Keuangan senilai Rp 349 triliun.

Arteria Dahlan saat itu mengancam akan memenjarakan Mahfud MD karena menurutnya Menteri Polhukam dinilai melanggar Pasal 11 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, akun YouTube Kabar Istana mengunggah sebuah video berjudul "TEPAT HARI INI, MAHFUD DATANGI RUMAH ARTERIA! TERANG2AN ANCAM MENKOPOLHUKAM HINGGA INI YANG TERJADI".

Foto thumbnail adalah para fotografer berada di sisi kanan dan rombongan berbusana putih serta batik tengah melangkah. Tertulis sebagai pengantar, "BREAKING NEWS MAHFUD MD DATANGI RUMAH ARTERIA TERANG TERANGAN ANCAM MENKOPOLHUKAM HINGGA INI TERJADI".

PENJELASAN

Setelah dilakukan penelusuran Turnbackhoax.id, unggahan video berdurasi 5 menit 03 detik ini berisi potongan video rapat komisi DPR.

Diperlihatkan dalam video tentang debat panas antara Mahfud MD dengan Arteria Dahlan. Sampai akhir sidang Arteria Dahlan menyalami anggota rapat terkecuali Mahfud MD.

Ditelusuri lebih lanjut, salah satu potongan video dalam konten video ini adalah video yang pernah diunggah kanal YouTube KOMPASTV berjudul "Momen Arteria Dahlan Cuek Tak Salami Mahfud MD Usai Rapat", diunggah April 2023.

Unggahan video dengan klaim bahwa Mahfud MD datangi rumah Arteria Dahlan setelah melayangkan ancaman kepada Menko Polhukam adalah tidak benar. Faktanya sampai kini diketahui tidak ada informasi valid terkait hal ini.

KESIMPULAN

Video berjudul "TEPAT HARI INI, MAHFUD DATANGI RUMAH ARTERIA! TERANG2AN ANCAM MENKOPOLHUKAM HINGGA INI YANG TERJADI" memiliki konten yang dimanipulasi.

Catatan Redaksi

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak