CEK FAKTA: Maxime Bouttier Dikabarkan Melamar Luna Maya, Pengunggah Video Menyatakan Statusnya Janda

Narasinya agar pemirsa terhanyut oleh berita romantis ini, akan tetapi sudah ada kesalahan fatal dari awal.

Samarpita Karmacari
Rabu, 17 Mei 2023 | 12:58 WIB
CEK FAKTA: Maxime Bouttier Dikabarkan Melamar Luna Maya, Pengunggah Video Menyatakan Statusnya Janda
CEK FAKTA: Luna Maya dikabarkan dilamar Maxime Bouttier, pengunggah video salah sebut status sosial selebritis ini ([screenshot YouTube].)

Narasinya agar pemirsa terhanyut oleh berita romantis ini, akan tetapi sudah ada kesalahan fatal dari awal.

Hangatnya relasi antara Luna Maya dan Maxime Bouttier membuat para penggemar penasaran akan menuju ke manakah hubungan mereka berdua? Para pembuat berita turut bersemangat, tidak terkecuali yang satu ini.

Dipantau dari kanal YouTube, Metro Suara.com menyimak akun atas nama Forum Selebritis yang mengunggah video berjudul, "HARI INI || AKHIRNYA RESMI LEPASKAN STATUS JANDA LUNA" kemudian setelah diklik judulnya menjadi "HARI INI || AKHIRNYA MAXIME BOUTTIER RESMI UCAPKAN CINTA DAN MELAMAR LUNA MAYA DIDEPAN PUBLIK".  

Muncul perdana pada Selasa (16/5/2023) kurang dari 20 jam lalu, baru disimak 778 kali. Dengan thumbnail foto kedua subjek yang dijadikan topik, menggunaan logo Insert Pagi, serta tulisan "Resmi Lamaran!".

Narasi menyatakan bahwa Maxime Bouttier dan Luna Maya dikabarkan resmi bertunangan.

"Usai dikabarkan resmi melepaskan status janda, Maxime mengucapkan rasa cinta kepada Luna di depan publik setelah resmi lamaran," ujar narator di menit 0:28.

"Kini keduanya menjadi pasangan yang membuat publik hangat karena tingkah laku keduanya saat ini. Keduanya tidak mengumbar kemesraan melampaui batas sehingga membuat artis lain iri kepada Luna Maya dan Maxime Lebouttier," lanjut narator bersuara lelaki membacakan skrip.

"Keduanya tertangkap sedang bermesraan di konser Yovie Widianto," katanya lagi, di menit 0:35.

PENJELASAN

Metro Suara.com menelusuri video ini. Dari keseluruhan durasi 3 menit 11 detik, baru ditonton sampai 0:28 saja, atau artinya belum mencapai 1 menit sudah ditemukan kesalahan. Yaitu penyebutan status sosial Luna Maya, yang disebut sebagai janda.

Faktanya, hingga kini tidak ada bukti resmi Luna Maya pernah menikah. Untuk pemberitaan kredibel dan valid, kesalahan di bagian terdepan sebuah uraian sudah menjadikan keseluruhan informasi salah, sehingga tidak perlu disimak lebih lanjut.

Kedua, cara penyebutan nama Maxime Bouttier pun salah, sehingga kredit atau nilai berita tidak memenuhi kaidah penyiaran.

Sedangkan foto yang digunakan sebagai thumbnail adalah hasil editan, sehingga kedua subjek tampak berada dalam satu frame.

KESIMPULAN

Video berjudul "HARI INI || AKHIRNYA MAXIME BOUTTIER RESMI UCAPKAN CINTA DAN MELAMAR LUNA MAYA DIDEPAN PUBLIK" memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Entertainment

Terkini

Tampilkan lebih banyak