CEK FAKTA: Ibunda Ashanty Disebutkan Terjatuh di Kamar Mandi, Namun Potret yang Diunggah Malahan Sosok Ini?

Narasinya ibunda sang artis baru saja mengalami kejadian menyedihkan. Bila dilihat timeline aslinya, tujuan video ini tidak lain cuan.

Samarpita Karmacari
Senin, 15 Mei 2023 | 11:06 WIB
CEK FAKTA: Ibunda Ashanty Disebutkan Terjatuh di Kamar Mandi, Namun Potret yang Diunggah Malahan Sosok Ini?
CEK FAKTA: Kabar duka dari keluarga Ashanty, recycle berita yang dibuat pengunggah ([screenshot YouTube].)

Narasinya ibunda sang artis baru saja mengalami kejadian menyedihkan. Bila dilihat timeline aslinya, tujuan video ini tidak lain cuan.

Kabar duka cita dan suka cita mewarnai kehidupan para artis. Para pembuat berita tidak valid juga tidak sungkan menadahkan tangan untuk cuan dan ad-sense lewat recycle artikel serta materi tidak bertanggung jawab.

Seperti kabar tentang keluarga pasangan Ashanty-Anang Hermansyah ini. Dari kanal YouTube, Metro Suara.com menyimak akun bernama Seleb Viral yang mengunggah video berjudul "Innalilahi, Ibunda Ashanty Meninggal Dunia Pagi Tadi Setelah Terjatuh ..."

Diunggah Minggu (14/5/2023), dalam penayangan 16 jam perdana hanya mampu merebut perhatian kurang dari 700 kali ditonton. Berdurasi 2 menit dan 23 detik, foto thumbnail adalah template seperti biasa kabar duka hoax.

Yaitu, pembawa acara lelaki mengenakan jas warna gelap, ditambah dasi, serta mengenakan masker warna hitam di ujung kiri. Kemudian suasana seperti news room, dengan layar sebelah kiri adalah ambulans dan kanan adalah keranda atau peti jasad. Dan bagian tengah adalah insert foto dari yang diberitakan, serta diberi lingkaran karangan bunga.

Sedangkan kalimat di thumbnail adalah, "IBUNDA ASHANTY MENINGGAL DUNIA PAGI TADI SETELAH TERJATUH DIKAMAR MANDI".

Dibuka dengan potongan video karangan bunga, langsung terlihat bahwa, nama yang tertera bukanlah nama Ibunda Ashanty. Lantas berpindah menyorot ke wajah salah satu selebritis, tampak Indra Birowo, Jonathan Frizzy serta Evan Sanders.

Seperti biasa pula, narator membacakan kutipan dari kitab suci dengan inti sesungguhnya Tuhan memiliki hak memberi dan mengambil.

Narator menyebutkan secara jelas "Ibunda Ashanty" tanpa menyatakan nama lengkap sang ibu.

Transkripnya sebagai berikut, diambil di menit 0:34:

Karena segala sesuatu adalah titipan, namun sebelum kita lanjut, silakan klik ... agar Anda tidak ketinggalan berita dari Seleb Viral.

Yang tidak lain adalah permohonan meminta pemirsa klik subscribe. Tujuannya tidak lain untuk menambah subscriber dan mendapatkan ad-sense kebutuhan pengunggah alias cuan.

Transkrip selanjutnya:

Kita memang memiliki banyak rencana, namun Tuhan memiliki rencana lebih baik dari pada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita.

Keluarga besar Ashanty sempat merasakan suka cita kelahiran anak kedua dari pernikahan bersama Anang Hermansyah. Namun kebahagiaan  itu tidak berlangsung lama. Sebab Ashanty harus kehilangan sang ibunda.  

PENJELASAN

Setelah Metro Suara.com menelusuri video ini, keterangan yang disampaikan adalah salah.  Faktanya, ibu dari Ashanty, bernama lengkap Ratu Farida Hanum meninggal dunia pada Minggu, 6 November 2016 atau tujuh tahun lalu.

Narasi yang dibacakan oleh narator diambil dari Liputan6.com, berikut petikan sama persis dari artikel yang dicuplik mentah-mentah, "Keluarga besar Ashanty sempat merasakan suka cita kelahiran anak kedua dari pernikahan bersama Anang Hermansyah. Namun kebahagiaan itu tak berlangsung lama.

Sebab, Ashanty harus kehilangan sang ibunda, Ratu Farida Hanum yang diketahui meninggal dunia pada Minggu (6/11/2016) sore tadi."

Pemenggalan kalimat lengkapnya adalah mulai, "Ratu Farida Hanum yang diketahui meninggal dunia pada Minggu (6/11/2016) sore tadi" atau pihak pengunggah membuang atau menghilangkan bagian terpenting waktu kejadian. Yaitu peristiwa tujuh tahun lalu.

Sedangkan foto insert yang dimasukkan ke dalam thumbnail bukanlah potret Ibunda Ashanty, melainkan Ashanty sendiri.

KESIMPULAN

Video berjudul "Innalilahi, Ibunda Ashanty Meninggal Dunia Pagi Tadi Setelah Terjatuh ..." yang diunggah Seleb Viral memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.  

Catatan Redaksi

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Entertainment

Terkini

Tampilkan lebih banyak