CEK FAKTA: Ferdy Sambo Nekat Bongkar Catatan Hitam Kapolri Demi Bebas, Bikin Listyo Sigit Ketakutan

Ferdy Sambo dikabarkan mengancam Kapolri dengan catatan hitam demi dirinya dibebaskan.

Saka Junji
Jum'at, 05 Mei 2023 | 11:24 WIB
CEK FAKTA: Ferdy Sambo Nekat Bongkar Catatan Hitam Kapolri Demi Bebas, Bikin Listyo Sigit Ketakutan
Cek fakta Ferdy Sambo ancam Kapolri dengan catatan hitam. ([YouTube/KANAL BERITA])

Ferdy Sambo dikabarkan mengancam akan membongkar catatan hitam Kapolri jika dirinya tidak dibebaskan dari hukuman mati. Hal itu pun membuat Kapolri Listyo Sigit Prabowo ketakutan.

Kabar tersebut dibagikan oleh kanal YouTube KANAL BERITA yang mengunggah video berjudul "KAPOLRI KETAKUTAN!! SAMBO MILIKI CATATAN HITAM KAPOLRI // SAMBO NEKAT BONGKAR DEMI BEBASKAN DIRINYA".

Narasi serupa juga terlihat dalam thumbnail video. Disebutkan bahwa Ferdy Sambo akan membongkar smeuanya jika dirinya tidak dibebaskan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

Tampak potret Kapolri Listyo Sigit Prabowo berdiri di sebelah Ferdy Sambo yang sedang menunjuk ke arahnya.

Baca Juga:Pelaku Pembacokan Warga di Pesisir Selatan Dikepung Usai Kabur Masuk Hutan 3 Hari

Hingga kini, video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 400 penayangan. Tetapi, benarkah Ferdy Sambo memiliki catatan hitam Kapolri dan nekat membongkarnya demi membebaskan dirinya?

CEK FAKTA:

Informasi yang mengklaim bahwa Ferdy Sambo mengancam Kapolri dengan catatan hitam demi dirinya bebas adalah salah.

Setelah menonton video berdurasi 8 menit 2 detik tersebut, tidak ada bukti valid ataupun pernyataan secara resmi yang menyatakan bahwa Ferdy Sambo mengancam Kapolri dengan catatan hitam agar dirinya terbebas dari hukuman mati.

Narator dalam video hanya menyampaikan terkait kasus pembunuhan Brigadir J dan proses persidangan serta buku hitam yang diberikan Ferdy Sambo kepada penasihat hukumnya.

Baca Juga:aespa Jadi Bintang Drama Remaja di Track Video Lagu 'Thirsty'

Suami Putri Candrawathi itu memang terlihat menyerahkan buku hitam kepada penasihat hukumnya setelah dirinya dijatuhi hukuman mati. Menurut penasihat hukum Ferdy Sambo, buku hitam itu berisi catatan pribadi setiap kegiatan saat Ferdy Sambo menjabat sebagai Kepala Subdirektorat III Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri.

Namun hingga akhir video, tidak ada penjelasan secara kredibel yang menunjukkan bahwa Ferdy Sambo mengancam Kapolri dengan catatan hitam hingga Listyo Sigit ketakutan.

Terbukti bahwa isi video tidak selarasa dengan judul yang tertera. Selain itu, foto yang digunakan pun hasil editan.

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kabar Ferdy Sambo nekat bongkar catatan hitam Kapolri demi dirinya dibebaskan merupakan berita palsu atau hoaks.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak