CEK FAKTA: Presiden Israel Menyatakan Bakal Jadikan Indonesia Seperti Palestina kepada Kepala Negara Amerika Serikat ?

Simak kondisi geopolitik dan dasar permikiran yang menjadikan Presiden Israel bicara seperti ini kepada Presiden Amerika Serikat.

Samarpita Karmacari
Selasa, 18 April 2023 | 09:01 WIB
CEK FAKTA: Presiden Israel Menyatakan Bakal Jadikan Indonesia Seperti Palestina kepada Kepala Negara Amerika Serikat ?
CEK FAKTA: Perdana Menteri Israel sampaikan ini kepada Presiden Amerika Serikat? ([screen shot Kominfo dan Turnbackhoax.id].)

Simak kondisi geopolitik dan dasar pemikiran yang menjadikan Presiden Israel bicara seperti ini kepada Presiden Amerika Serikat.
 
 Isu Indonesia dan Israel serta sebaliknya, Israel lawan Indonesia diembus-embuskan pihak via kanal YouTube setelah keputusan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang salah satu konstestannya adalah Tim Nasional atau Timnas Israel.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, sebuah video beredar di TikTok, berisikan kutipan teks pernyataan Presiden Israel yang akan membuat Indonesia seperti Palestina.

Dalam video itu tampak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Narasi yang diunggah adalah, "Bila terus ikut campur, kami berjanji akan buat Indonesia seperti Palestina."

Video TikTok ini telah dilihat oleh 5,5 juta pemirsa.

Faktanya, narasi ini bukan materi baru. Dikutip Turnbackhoax.id, pada 2017 kominfo.go.id telah mengunggah tangkapan layar artikel dari Tirastime yang beredar dengan judul telah dimanipulasi.

Hasil cek fakta saat itu menyimpulkan bahwa tidak ditemukan informasi dari otoritas resmi maupun pemberitaan media arus utama yang menyebutkan adanya ancaman bahwa Indonesia akan dibuat seperti Palestina jika terus ikut campur.

Foto tokoh dalam video adalah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat bertemu Presiden Amerika Joe Biden pada 20 Maret 2023. Presiden Biden menyatakan "keprihatinan" atas rencana perombakan sistem peradilan negara yang telah memicu protes luas di seluruh Israel dan untuk mendorong kompromi.

Sedangkan pernyataan resmi Presiden Israel yang menyebut akan membuat Indonesia seperti Palestina tidak ada.

Sementara disimak dari kondisi geografis, lokasi Indonesia dan Israel berjauhan. Secara geopolitis tidak memberikan keuntungan.

KESIMPULAN

Informasi dalam tayangan ini adalah konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak