CEK FAKTA: Dennis Wise Mengejutkan Seluruh Dunia karena Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-17, Kapan Pengumumannya?

Cek terlebih dahulu, benarkah kabar pemilihan coach atau pelatih Timnas Indonesia U-17 ini.

Samarpita Karmacari
Selasa, 11 April 2023 | 15:32 WIB
CEK FAKTA: Dennis Wise Mengejutkan Seluruh Dunia karena Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-17, Kapan Pengumumannya?
CEK FAKTA: Legenda Chelsea menjadi pelatih Indonesia? ([screenshot YouTube].)

Cek terlebih dahulu, benarkah kabar pemilihan coach atau pelatih Timnas Indonesia U-17 ini.

Dennis Wise adalah legenda dari Chelsea FC yang menjabat sebagai Direktur Teknik Garuda Select sampai lima jilid. Kekinian, disebutkan bila sosok satu ini telah resmi menjadi coach atau pelatih Timnas Indonesia U-17.

Dipantau Metro Suara.com dari kanal YouTube atas nama KAPTEN, diunggah dua hari lalu, video berjudul "KEJUTKAN SELURUH DUNIA !! LEGENDA CHELSEA RESMI JADI PELATIH TIMNAS INDONESIA", dengan catcher "AKHIRNYA RESMI..!! JOKOWI TUNJUK LEGENDA CHELSEA JADI PELATIH INDONESIA", sudah disaksikan 81.1K pemirsa.

Dalam durasi 8 menit 6 detik, video dibuka dengan pernyataan Dennis Wise bahwa akan seru bila ada pemain Indonesia bermain di Liga Eropa atau Liga Inggris.

Kemudian ada pernyataan dari Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia akan dipersiapkan terus-menerus dalam jangka panjang sehingga bisa menghasilkan pemain bagus.

"Saya sudah memerintahkan kepada Ketua PSSI untuk transformasi sepak bola. Dan anak-anak jangan patah semangat," pidato Presiden Joko Widodo yang dicuplik sebagai bagian unggahan video ini.

"Pak Jokowi inginkan perubahan. "Saya akan buat tim profesional, Pak,"," tandas Erick Thohir, menirukan ucapannya kepada Presiden RI.

Narasi tentang Dennis Wise dijadwalkan menjadi pelatih Timnas U-17 disebutkan dengan catatan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Rumor ini berembus bersamaan Peru tiba-tiba batal menjadi host. Indonesia memiliki peluang menjadi tuan rumah, apalagi kejuaraan tidak akan diikuti oleh Timnas Israel yang tidak lolos kualifikasi.

Dennis Wise sendiri adalah sosok legenda yang pernah bermain di Chelsea pada 1990, mengantongi 68 gol dan 35 assist, dalam 415 penampilannya.

KESIMPULAN

Video ini masuk ke dalam kategori hoaks, karena sampai saat ini belum ada sumber resmi yang menyatakan Indonesia mengikuti bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Juga belum ada pernyataan yang menyebutkan penunjukan Dennis Wise sebagai coach U-17.

Sementara dalam narasinya sendiri, terdapat kalimat, "Lepas dari jadi tidaknya masih sebatas rumor. PSSI belum menunjuk siapa yang akan menukangi Timnas U-17."

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Olahraga

Terkini

Tampilkan lebih banyak