CEK FAKTA: Karma Ahok, Anies Baswedan Diciduk Polisi karena Dalangi Kebakaran Pertamina Plumpang, Benarkah?

Sebuah video mengklaim Anies Baswedan digiring ke Bareskrim Polri karena mendalangi kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Benarkah?

Maya
Jum'at, 10 Maret 2023 | 14:55 WIB
CEK FAKTA: Karma Ahok, Anies Baswedan Diciduk Polisi karena Dalangi Kebakaran Pertamina Plumpang, Benarkah?
CEK FAKTA: Karma Ahok, Anies Baswedan Diciduk Polisi karena Dalangi Kebakaran Pertamina Plumpang, Benarkah? (YouTube/INFO POPULER)

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang mengakibatkan belasan warga meninggal dunia. Tak pelak banyak pihak berusaha mencari sosok yang bertanggung jawab di balik kebakaran hebat tersebut.

Informasi itulah yang dikabarkan oleh kanal YouTube INFO POPULER dengan 120 ribu pengikut. Disebutkan bahwa eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah digiring ke Bareskrim Polri karena disebut mendalangi kebakaran itu.

"Langsung Dibawa ke Bareskrim, Anies Di Sebut Sebut Dalang Kebakaran Pertamina Plumpang !!" seperti itulah judul dari videonya, dikutip pada Jumat (10/3/2023).

Bahkan bukan hanya itu, disebutkan pula bahwa penangkapan Anies terjadi akibat karma dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Thumbnail juga menampilkan sosok Anies yang sedang digiring oleh sejumlah petugas polisi.

Baca Juga:Dari TKP Rekonstruksi Kasus Penganiayaan David Latumahina: Jeep Wrangler Rubicon Dipamerkan

"Breaking News !! Karma Ahok Kembali Terjadi. Anies Baswedan Dipanggil ke Bareskrim, Ternyata..." tulis pemilik video di thumbnail-nya.

Namun seperti apakah kebenaran dari video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut?

PENJELASAN

Setelah didengarkan untuk cek fakta, video yang diunggah Kamis (9/3/2023) tersebut tidak menampilkan informasi yang sesuai dengan judul yang dinarasikan.

Faktanya tidak ada informasi soal penangkapan Anies sampai akhir durasi video tersebut. Justru video tersebut menampilkan klip pidato Ahok yang mengingatkan soal bahayanya warga Tanah Merah bertahan di lokasi tersebut karena terlampau dekat dengan Depo Pertamina Plumpang.

Baca Juga:Kenali 3 Gejala Cerebral Atrophy yang Dialami Anak Jevier Justin

Narator juga membandingkan kebijakan yang dibuat Ahok dan Anies terkait warga Tanah Merah, di mana Anies disebut membuat kontrak politik dengan warga setempat sehingga mereka tidak digusur.

Namun sampai akhir video sama sekali tidak ada kabar mengenai Anies yang digiring ke Bareskrim Polri.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika video unggahan INFO POPULER itu tidak menampilkan informasi yang tepat.

Faktanya video tidak menampilkan kabar terbuktinya karma Ahok terkait penangkapan Anies Baswedan sebagaimana yang dinarasikan di judul dan thumbnail-nya.

Sehingga video ini dapat dikategorikan sebagai hoaks.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak