Scroll untuk membaca artikel
Jum'at, 20 Januari 2023 | 09:10 WIB

Cak Nun Sudah Minta Maaf Usai Sebut Jokowi Firaun, Warganet Masih Tak Terima: Kesan Sombongnya Tetap Kelihatan, Seperti Nggak Ikhlas

Saka Junji
Cak Nun Sudah Minta Maaf Usai Sebut Jokowi Firaun, Warganet Masih Tak Terima: Kesan Sombongnya Tetap Kelihatan, Seperti Nggak Ikhlas
Kolasi Jokowi dan Cak Nun (Instagram/jokowi dan Youtube/caknun.com)

Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun telah mengunggah video permintaan maaf usai komentarnya tentang Jokowi viral di media sosial. Sebelumnya, budayawan tersebut menyebut Presiden Jokowi seperti Firaun.

Tak hanya itu, dalam ceramah yang disampaikan Cak Nun pun menyebut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Haman. 

Menyesali perbuatannya, Cak Nun kemudian mengunggah video permintaan maaf melalui akun YouTube dan situs resmi miliknya pada Selasa (17/1/2023). 

Dalam video berdurasi 2 menit 46 detik tersebut, Cak Nun mengaku ia telah disidang oleh keluarganya karena elah berucap apa yang tidak seharusnya diucapkan.

Baca Juga:NCT Dream Menang Daesang, Ini Daftar Lengkap Pemenang Seoul Music Awards 2023

"Saya baru disidang oleh keluarga, dihajar, pokoknya disalah-salahkan, digoblok-goblokin, disesat-sesatin. Kenapa digoblok-gobloki, karena saya mengucapkan apa yang seharusnya tidak saya ucapkan," ujar Cak Nun, seperti dikutip dari Ranah Suara.com.

Tak hanya itu, Cak Nun pun dituding tidak bijaksana dan meminta maaf kepada yang "terciprat".

"Kan saya yang mengajarkan, jangan ngomong siapa, tapi apa. Itu saya sendiri melanggar, jadi saya minta maaf sama keluarga dan sama semua yang terciprat, menjadi tidak enak atau menjadi menderita oleh ucapan saya itu," tambahnya.

Lebih lanjut, Cak Nun mengaku kesambet saat mengucapkan kalimat tersebut dalam ceramahnya. 

"Kesambet itu, tolong Anda pahami sebagai bagian dari hidup manusia," jelasnya.

Baca Juga:Jalankan Usaha Tipu-tipu Pesugihan, Aki Wowon Tega Habisi Istri, Mertua hingga Anak Sendiri

EMHA Ainun Najib alias Cak Nun [(Tangkapan layar YouTube)]
EMHA Ainun Najib alias Cak Nun (sumber: (Tangkapan layar YouTube))

Dalam ceramah tersebut, Cak Nun menyebutkan bahwa Indonesia saat ini sedang dikuasai Firaun, di mana tokoh asal Mesir kuno itu ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Meski telah meminta maaf, namun tampaknya sebagian besar warganet tidak terima dan menilai permintaan maaf tersebut tidak ikhlas dilakukan.

Menurut warganet, saat meminta maaf pun Cak Nun terkesan tidak ikhlas dan tidak meminta maaf secara terbuka kepada Presiden Jokowi.

"Tetap aja Cak Nun masih merasa sombong, nggak merasa bersalah kepada Jokowi dan nggak mau minta maaf secara terbuka kepada Jokowi," tulis akun @KepaArgawinata2

"Tapi kesan sombongnya Cak Nun masih kelihatan. Sama sekali nggak minta maaf sama orang-orang yang sudah disebutkan namanya," komentar @didin_zai

"Dia memfitnah orang ya seharusnya juga dia minta maa ke orang yang sudah dia fitnah, sampai hari ini saya tidak menemukan pernyataan maaf ke orang tersebut, padahal pada video sebelumnya ia sampai menyebutkan nama loh," tambah @irvan_yonas

"Saya sih lihatnya ini beliau minta maaf berdasarkan keputusan ekonomi aja. Pertama, hasil digital analisis, vide-video sebelumnya mendapatkan tanggapan negatif. Impact ke kegiatan-kegiatan RL beliau yang juga berpotensi, mengurangi ekonomi value beliau dan keluarga. Wallahualam," timpal @sezer1405

"Nggak percaya. Minta maafnya tidak tulus dan tetep arogan," cuit @bwinarso99

Berita Terkait

Tag

terpopuler

News

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda