Pertamina Berikan Pelatihan Ecoprint Untuk Sahabat Difabel

Program Pertamina Sahabat Difabel selaras dengan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan oleh Pertamina sebagai upaya mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 22 September 2022 | 18:53 WIB
Pertamina Berikan Pelatihan Ecoprint Untuk Sahabat Difabel
Pertamina Berikan Pelatihan Ecoprint Untuk Sahabat Difabel (Pertamina)

Metro, Suara.com- PT Pertamina Lubricants (PTPL) berkolaborasi dengan PT Pertamina Retail (PTPR), melalui program Pertamina Sahabat Difabel memberikan pelatihan peningkatan keterampilan Batik Ecoprint kepada siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta pada 16 - 17 September 2022. 

Peserta pelatihan berjumlah 10 siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Rungu dan 5 guru pendamping. Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta yang berlokasi di Kelurahan Tugu Selatan merupakan salah satu sekolah yang dekat dengan salah satu pabrik pelumas PTPL Production Unit Jakarta (PUJ). 

Pelatihan Ecoprint di SLB Negeri 4 Jakarta ini mengundang instruktur Tati Leliana Purba. Sebagai seorang pengajar di SLB Negeri 6 Jakarta sekaligus penerima Ibukota Awards Tahun 2019.

Leli menyampaikan keterbatasan anak-anak SLB dalam mendengar dan berbicara tidak menghalangi mereka untuk menghasilkan karya kreatif dan bernilai jual tinggi. 

Baca Juga:Kurangi Emisi Karbon, BRI Menanam Targetkan Tanam 1,75 Juta Bibit Pohon Produktif Hingga 2023

Menurutnya aat ini, tren gaya hidup atau bisnis yang ramah lingkungan semakin disukai oleh masyarakat dan terus menunjukkan pertumbuhan yang besar di berbagai sektor usaha seperti pakaian dan peralatan rumah tangga. Khususnya untuk tren fashion, ecoprint bisa menjadi pilihan.

Ecoprint merupakan teknik atau sistem menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, seperti proses pembuatan batik sehingga menghasilkan warna yang alami dan otentik. Motif yang dihasilkan lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik.

Pelatihan ecoprint dipilih sebagai keterampilan yang diajarkan karena ragam produk yang dihasilkan variatif dan berbasis bahan natural. 

Mewakili Manager PUJ, Himawan Triyarso menyampaikan bahwa program Pertamina Sahabat Difabel merupakan komitmen dari Pertamina untuk terlibat aktif di dalam pemberdayaan kemampuan teman difabel untuk dapat maju dan mandiri secara inovatif.

"Pertamina berkomitmen untuk memberikan ruang dan peluang bagi teman difabel untuk terus berkarya dan menambah keterampilan baru," lanjut nya.

Kepala SLB Negeri 4 Jakarta Sukimin menyambut baik upaya dari Pertamina dalam mengembangkan keterampilan anak didiknya. Ia pun berharap program Pertamina Sahabat Difabel ini dapat membantu siswa/i mempersiapkan diri setelah lulus nanti. 

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian Pertamina dalam pengembangan keterampilan siswa-siswi kami," lanjutnya. 

Leli menyampaikan keterbatasan anak-anak SLB dalam mendengar dan berbicara tidak menghalangi mereka untuk menghasilkan karya kreatif dan bernilai jual tinggi. 

Program Pertamina Sahabat Difabel selaras dengan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan oleh Pertamina sebagai upaya mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. 

Komunitas

Terkini

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Rey Mbayang mengklarifikasi isu tentang istrinya, Dinda Hauw, melakukan operasi hidung.

Gosip | 10:19 WIB

Kondisi Lesti Kejora ini diungkap langsung oleh King Nassar.

Gosip | 10:15 WIB

Perselingkuhan mengakibatkan perceraian dalam sebuah rumah tangga.

Gosip | 10:14 WIB

Mereka pun ramai didoakan balikan.

Gosip | 10:03 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB
Tampilkan lebih banyak