Kelompok Ecobrick Kabarti latih Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II A Palembang dan Warga Desa Semambu

Pengolahan sampah lewat ecobrick merupakan salah satu formula pengolahan sampah yang harapannya selain membantu mengatasi permasalahan lingkungan serta menghadirkan nilai ekonomis lewat produk yang dihasilkan

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 22 September 2022 | 07:45 WIB
Kelompok Ecobrick Kabarti latih Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II A Palembang dan Warga Desa Semambu
Kelompok Ecobrick Kabarti latih Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II A Palembang dan Warga Desa Semambu (Pertamina)

Metro, Suara.com- Kelompok Ecobrick Kabarti binaan Pertamina Integrated Terminal Panjang beri pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick kepada mitra binaan Pertamina Integrated Terminal Palembang di Lapas Perempuan Kelas II A Kota Palembang dan Desa Semambu.

Ecobrick sendiri merupakan teknik mengolah sampah plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat. Ecobricks merupakan solusi praktis dan murah untuk mengurangi limbah plastik dengan cara memasukkan sampah plastik ke botol plastik kemudian dipadatkan.

Pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick di Lapas Perempuan Kelas II A Kota Palembang ditujukan bagi warga binaan perempuan yang juga turut dihadiri oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Kota Palembang.

Sementara di Desa Semambu, pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick ini ditujukan bagi Kelompok PKK dan Kelompok Bank Sampah yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah desa dan kecamatan.

Baca Juga:Pameran Kriyanusa 2022, Dekranasda Metro Libatkan 11 UMKM ke JCC

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan pelatihan ini sebagai wujud transfer knowledge antar mitra binaan daerah operasional Sumbagsel. Diharapkan lewat pelatihan ini selain mampu membantu dalam mengatasi permasalahan lingkungan,juga dapat menghasilkan keuntungan bagi para mitra binaan.

“Harapannya sampah yang selama ini menjadi masalah bagi kita dapat dimanfaatkan kehadirannya, salah satunya lewat ecobrick, yang dapat mengurangi dampak buruk dari sampah itu sendiri dan meningkatkan ekonomi bagi yang memanfaatkannya,” Kata Nikho.

Pada pelatihan tersebut, Nurachmad dari Kelompok Bengkel Ecobrick menjelaskan awal mula bagaimana ecobrick digunakan sebagai media pengolahan sampah di sekitar lingkungan Kampung Baru Tiga, Kecamatan Panjang Utara, Kota Bandar Lampung.

Ecobrick kemudian dapat diolah sebagai fondasi pembuatan barang serba guna seperti meja, kursi, tong sampah, pot bunga dan barang-barang kesenian lainnya. Pelatihan juga diisi dengan praktik pembuatan ecobrick sederhana dari sampah plastik.

Nurachmad menyampaikan kegiatan ini merupakan sarana untuk saling belajar dalam pengolahan sampah. 

“Semoga dengan adanya pelatihan ini ke depannya kita dapat bersinergi dalam mengolah sampah plastik menjadi produk yang memiliki nilai guna dan nilai jual," ungkap Nurachmad.

Pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick disambut baik oleh mitra binaan Pertamina Integrated Terminal Palembang yang hadir. Salah satunya Ketua PKK Desa Semambu, Ibu Painun. 

“Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi kita serta meningkatkan kreativitas dalam mengolah sampah khususnya bagi PKK Desa Semambu dan Kelompok Bank Sampah,” ujar Painun.

Sampah sejatinya memang masih menjadi salah satu permasalahan lingkungan terbesar khususnya di Indonesia. Berbagai usaha dicoba untuk memformulasikan bagaimana cara pengelolaan sampah yang efektif sehingga tidak mencemari lingkungan. 

Pengolahan sampah lewat ecobrick merupakan salah satu formula pengolahan sampah yang harapannya selain membantu mengatasi permasalahan lingkungan, dapat menghadirkan nilai ekonomis lewat produk turunan ecobrick yang dihasilkan.

Komunitas

Terkini

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB

Kabar Ayu Dewi hamil lagi ini diungkap oleh Thariq Halilintar.

Gosip | 09:39 WIB

"Saya cuma kenal Lesti," kata Bang Haji Rhoma Irama.

Gosip | 09:30 WIB

"Ya untungnya lebih cepat ketahuannya, jadi ya lebih baik," ujar Hetty Koes Endang.

Gosip | 09:26 WIB

Rhoma Irama mengaku cuma mengenal sosok Lesti Kejora.

Gosip | 09:22 WIB
Tampilkan lebih banyak