Lewat Pameran Kriya Nusa Tahun 2022, Riana Sari Arinal Dorong Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Produk IKM Lampung

Saya juga sangat terharu dan bersyukur ibu negara, Ibu Iriana, Ibu Ketua, dan para menteri mau memakai kain khas Lampung

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 21 September 2022 | 19:27 WIB
Lewat Pameran Kriya Nusa Tahun 2022, Riana Sari Arinal Dorong Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Produk IKM Lampung
Lewat Pameran Kriya Nusa Tahun 2022, Riana Sari Arinal Dorong Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Produk IKM Lampung (Diskominfotik lampung)

Metro, Suara.com-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyatakan bahwa Dekranasda  berkomitmen dalam menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya melalui produk-produk kerajinan Provinsi Lampung.

Hal tersebut disampaikan Riana dalam Talk Show Perjalanan Wastra Lampung Menuju Kejayaan pada gelaran Kriyanusa, di Hall A Balai Sidang Jakarta, Rabu (21/09/2022).

"Hal tersebut kami lakukan melalui pembinaan dan monitoring kepada seluruh IKM atau pengrajin dalam upaya meningkatkan kualitas dan daya saing produk," ujarnya.

Riana juga menjelaskan bahwa Dekranasda membantu para UMKM dengan memberikan akses pemasaran dengan mengikutsertakan dalam pameran-pameran yang diselenggarakan baik ditingkat daerah maupun nasional.

Baca Juga:Sejumlah Istri Pejabat Kunjungi Stand Kota Metro di Pameran Kriya Nusa, Produk UMKM Metro Laris Dibeli

Pada Talkshow yang dimoderatori oleh Soraya Haque tersebut, Budayawan Lampung Ansori Djausal mengatakan bahwa Provinsi Lampung memiliki wastra yang berbeda dan tidak dimiliki oleh Provinsi Lain di Indonesia.

"Ada dua wastra Lampung yang unik dan tidak dimiliki Provinsi Lain, Yang pertama adalah kain kapal, kain yang ditenun dengan motif kapal yang sangat indah. Yang terbesar adalah yang dipajang di panggung dengan panjang mencapai 3 meter dengan motif kapal yang sangat kaya akan motif yang indah, yang disebut PELEPAI," ungkap Ansori.

Motif kapal Lampung juga diartikan merupakan sebuah lambang perjalanan hidup manusia sejak dari lahir sampai saat menutup mata selama - lamanya. Kapal juga diartikan sebagai perlambang kehidupan manusia yang senantiasa bergerak dari satu titik ke titik tujuan.

Kemudian yang kedua adalah kain tapis. Kain berbentuk sarung dengan tenunan kain yang memunculkan berbagai warna kain yang kemudian disulamkan benang emas sebagai benang ketiga dengan motif geometris maupun floral pada bidang kain dengan sangat indah.

Pada pameran Kriyanusa 2022 yang dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo,  Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian dan sejumlah Isteri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang kesemuanya menggunakan pakaian dengan kain wasta Lampung seperti Tapis, Maduaro, Sulam Usus dan lain sebagainya.

"Saya juga sangat terharu dan bersyukur ibu negara, Ibu Iriana, Ibu Ketua, dan para menteri mau memakai kain khas Lampung, dan saya juga dapat informasi tadi katanya kain sudah banyak yang habis terjual, dan banyak yang memesan Maduaro, ini tentu sangat membantu para perajin kami," ucapnya.

Lampung  bersyukur, karena pada kegiatan Kriyanusa 2022 dinobatkan sebagai ikon kegiatan tersebut.

Selain Talk Show, pada kegiatan tersebut juga digelar Fashion Show Wastra Lampung oleh designer Oscar Lawalata, dan upacara Mosok atau Gelaran adat menyuap pengantin dan pemberian gelar adat.

Suapan atau mosok itu sendiri memiliki pengertian sebagai pemberian gelar kepada mempelai pria maupun wanita dalam adat istiadat Lampung khususnya Lampung Pepadun. Pemberian gelar ini disesuaikan dengan posisi si mempelai pria dalam silsilah keluarga atau dalam bahasa lampungnya "Enai Adek".

Harapan dari pemberian gelar ini adalah agar pasangan pengantin memiliki pemikiran yang bulat tidak memihak, mendapat keturunan yang banyak serta rumah tangga yang rukun dan sejahtera.

Kriya Nusa merupakan Pameran Kerajinan Nusantara yang digelar setiap tahunnya oleh Dekranas Pusat. Kriyanusa Tahun 2022 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21-25 September 2022. tahun ini Provinsi Lampung terpilih sebagai ikon kegiatan.

Kriyanusa 2022 diikuti seluruh Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan mengambil tema "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" dengan Tagline "Cinta Kriya dan Bangga Buatan Indonesia".

Acara ini juga turut dihadiri langsung oleh Gubernur Arinal Djunaidi, Wakil Gubernur Chusnunia, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung. 

News

Terkini

Pahlawan Digital UMKM tahun ini didukung penuh oleh GoTo, BRI, Telkomsel, Grab, dan VIDA.

Komunitas | 08:00 WIB

Kesepuluh merk tersebut nantinya akan diikutsertakan dan diperkenalkan pada Main Event Kopi Lampung Begawi 2022, 8-9 Oktober mendatang di Jakarta

Komunitas | 00:05 WIB

Kemnaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017.

Komunitas | 18:02 WIB

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi diri orang tua atau pengasuh, bagi anak penyandang disabilitas, lingkungan pendidikan luar biasa, lingkungan masyarakat, serta bagi pemerintah daerah.

Komunitas | 17:52 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Indonesia tidak kekurangan talenta kreatif tapi insan kreatif-lah yang belum menemukan ruang untuk memaksimalkan potensi diri yang ada

Komunitas | 14:22 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Rey Mbayang mengklarifikasi isu tentang istrinya, Dinda Hauw, melakukan operasi hidung.

Gosip | 10:19 WIB

Kondisi Lesti Kejora ini diungkap langsung oleh King Nassar.

Gosip | 10:15 WIB

Perselingkuhan mengakibatkan perceraian dalam sebuah rumah tangga.

Gosip | 10:14 WIB

Mereka pun ramai didoakan balikan.

Gosip | 10:03 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB
Tampilkan lebih banyak