Pertamina Luncurkan Bengkel Sahabat Difabel di Yogyakarta

Pertamina Sahabat Difabel sendiri merupakan program yang merangkul teman difabel dengan memberikan pembinaan melalui pelatihan-pelatihan untuk mengembangan potensi diri dalam usaha perbengkelan.

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 21 September 2022 | 15:35 WIB
Pertamina Luncurkan Bengkel Sahabat Difabel di Yogyakarta
Pertamina Luncurkan Bengkel Sahabat Difabel di Yogyakarta (Pertamina)

Metro, Suara.com- Sebagai upaya mendorong pengembangan kualitas serta keterampilan komunitas Difabel PT Pertamina Lubricants (PTPL) dan PT Pertamina Retail (PTPR), anak usaha Subholding Commercial & Trading (C&T) PT Pertamina Patra Niaga meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Difabel yang akan dikelola oleh Forum Peduli Difabel Bantul (FPDB) di Bantul, Yogyakarta,(15/9/2022) lalu. 

Pertamina Sahabat Difabel sendiri merupakan program yang merangkul teman difabel dengan memberikan pembinaan melalui pelatihan-pelatihan untuk mengembangan potensi diri dalam usaha perbengkelan.

Peluncuran ini ditandai dengan serah terima bantuan modal kerja bengkel, sarana prasarana bengkel, program pelatihan dan paket pelumas Pertamina.

Turut hadir Corporate Secretary PTPL, Rifqi Budi Prasetyo dan Corporate Secretary & Legal PTPR, Achmad Wahyudi serta didampingi oleh Manager CSR & SMEPP C&T PT Pertamina Patra Niaga, Sri Nur Hidayati kepada anggota FPDB. Hadir juga Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bantul, Tatik Windari.

Baca Juga:Perdana Lolos ke Piala Dunia , Timnas Sepak Bola Amputasi Bertemu Presiden Jokowi

Sebelum bengkel diluncurkan, FPDB telah dibekali dengan berbagai rangkaian pelatihan sejak tahun 2019, seperti materi teknik dasar pengelasan dengan busur manual, pengenalan alat-alat yang dipergunakan, berlatih hitung cepat bahan kerja produk, pelatihan pembuatan produk, teknik finishing, dan servis sepeda motor roda dua dan roda tiga. Selain pelatihan teknis, forum ini juga dibekali pelatihan kewirausahaan, penjualan dan pemasaran.

Forum Peduli Difabel Bantul (FPDB) sendiri merupakan organisasi yang menaungi masyarakat difabel khususnya di daerah Bantul. Bengkel FPDB yang berlokasi di Jl. Parangtritis no 18 RT 10 Ngaglik, Jetus Bantul ini berawal dari bengkel reparasi kursi roda tiga dan modifikasi kendaraan roda tiga.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bantul mengatakan bahwa komitmen Bantul terhadap disabilitas tidak perlu dipertanyakan. Bantul ingin mewujudkan wilayah yang ramah perempuan, anak, dan disabilitas. Program Pertamina ini merupakan penguatan bagi teman-teman disabilitas.

Sementara itu Manager CSR & SMEPP C&T PT Pertamina Patra Niaga Sri Nur Hidayati juga menuturkan bahwa Pertamina selalu berkomitmen untuk terbuka dalam mendengarkan berbagai aspirasi dari komunitas mitra binaan termasuk teman difabel. 

"Pertamina Sahabat Difabel menjadi program yang berkelanjutan dan melibatkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk semakin menguatkan program-program Pertamina khususnya dalam bidang kemandirian dan pemberdayaan masyarakat," lanjutnya.

Corporate Secretary & Legal PTPR, Achmad Wahyudi menceritakan awal mula kolaborasi ini dan berharap Program Pertamina Sahabat Difabel menjadi awal yang baik dan mampu meningkatkan kualitas pemberdayaan penyandang disabilitas di Indonesia. 

"Dengan sinergi maka program akan semakin memberikan manfaat yang lebih luas dan besar. PTPL telah memiliki program pemberdayaan difabel di Jakarta, Bantul, Cilacap dan PTPR memiliki rencana program yang berkaitan dengan difabel di mana pelaksanaanya didukung oleh Stafsus Kepresidenan Bidang sosial kemudian memulai diskusi bersama terkait perencanaan dan implementasi program secara kolaboratif," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Basuki dari FPDB menyampaikan,apresiasi atas  perhatian besar terhadap teman difabel.

"Baru kali ini kami diberikan bantuan oleh BUMN seperti Pertamina. Pelatihan dan hadirnya bengkel ini sangat bermanfaat bagi kami untuk terus produktif, berkreasi, berinovasi dan tentunya memberikan manfaat bagi orang banyak," pungkasnya.

Komunitas

Terkini

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Mereka pun ramai didoakan balikan.

Gosip | 10:03 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB

Kabar Ayu Dewi hamil lagi ini diungkap oleh Thariq Halilintar.

Gosip | 09:39 WIB

"Saya cuma kenal Lesti," kata Bang Haji Rhoma Irama.

Gosip | 09:30 WIB

"Ya untungnya lebih cepat ketahuannya, jadi ya lebih baik," ujar Hetty Koes Endang.

Gosip | 09:26 WIB
Tampilkan lebih banyak