TWG Bahas Penguatan Komunitas dan UMKM sebagai Agen Transformasi Pariwisata

Bersama negara-negara anggota G20, kita perlu merancang sebuah best practice bagaimana kita dapat memperkuat sektor parekraf dari sisi komunitas dan juga UMKM agar mampu menjadi agent of change atau local champion dalam mendorong pemulihan ekonomi

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 21 September 2022 | 14:24 WIB
TWG Bahas Penguatan Komunitas dan UMKM sebagai Agen Transformasi Pariwisata
Penguatan Komunitas dan UMKM sebagai Agen Transformasi Pariwisata jadi agenda TWG (Kemenparekraf)

Metro, Suara.com- Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menjadi focal point dalam 2nd Tourism Working Group (TWG)  di Nusa Dua, Bali pada 23 September 2022.

TWG sendiri merupakan salah satu working group dari Presidensi Indonesia pada KTT G20 2022 mengusung isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut yakni penguatan komunitas dan UMKM sebagai agen transformasi pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga pemulihan ekonomi harus berpusat pada masyarakat dan diharapkan mampu menyejahterakan masyarakat.

Hasil dari 2nd TWG berupa finalisasi penyusunan G20 Bali Guidline yang di dalamnya terdapat berbagai kebijakan strategis yang dikumpulkan dari negara anggota G20. Dan akan disepakati oleh para Menteri pada Tourism Ministerial Meeting (TMM) yang menjadi rangkaian akhir dari pelaksanaan Tourism Working Group. TMM sendiri dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 26 September 2022.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya, Selasa (20/9/2022) mengatakan pariwisata dan ekonomi kreatif adalah penggerak ekonomi dan pencipta lapangan kerja yang luas, tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. 

Baca Juga:Airlangga Hartarto Bertemu Prabowo Bahas Formulasi Kebijakan Peningkatan Ketahanan Bangsa

"Sebelum pandemi COVID-19, pariwisata menjadi salah satu sektor terpenting dalam ekonomi dunia. Menyumbang 10 persen dari PDB global dan menyerap lebih dari 320 juta lapangan kerja di seluruh dunia," kata Menparekraf.

Sandiaga juga  menyebutkan data dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) yang menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 telah menempatkan 100 juta pekerja parekraf dalam kondisi yang tidak baik. Bisnis UMKM pun lesu akibat adanya pembatasan mobilitas masyarakat.

"Untuk itu, bersama negara-negara anggota G20, kita perlu merancang sebuah best practice bagaimana kita dapat memperkuat sektor parekraf dari sisi komunitas dan juga UMKM agar mampu menjadi agent of change atau local champion dalam mendorong pemulihan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang lebih luas,” katanya.

Pada kegiatan TWG ini, Kemenparekraf memberikan dukungan suvenir berupa 50 scarf untuk para pendamping delegasi TWG KTT G20. Suvenir scarf tersebut adalah scarf batik tulis Lasem yang hasil garapan Asia Pasific Rayon (APR) bersama Universitas Maranatha Bandung dan para pembatik di Lasem, Jawa Tengah.

“Ini luar biasa dan merupakan langkah konkrit, karena sesuai dengan tema Tourism Working Group yaitu penguatan komunitas dan UMKM melalui pariwisata dan kebudayaan dengan penguatan ekonomi rakyat,” ujarnya.

Selain TWG dan TMM, ada pula World Tourism Day ke-42 yang akan berlangsung di Bali pada 27 September 2022. Karena tahun ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah perayaan Hari Pariwisata Dunia untuk pertama kalinya.

“Tentunya perayaan Hari Pariwisata Dunia ini adalah milik kita bersama, bangsa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia. Dan keberhasilan World Tourism Day 2022 akan menjadi keberhasilan kita semua serta seluruh insan pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Komunitas

Terkini

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Rey Mbayang mengklarifikasi isu tentang istrinya, Dinda Hauw, melakukan operasi hidung.

Gosip | 10:19 WIB

Kondisi Lesti Kejora ini diungkap langsung oleh King Nassar.

Gosip | 10:15 WIB

Perselingkuhan mengakibatkan perceraian dalam sebuah rumah tangga.

Gosip | 10:14 WIB

Mereka pun ramai didoakan balikan.

Gosip | 10:03 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB
Tampilkan lebih banyak