Balai Litbang Keagamaan Semarang Luncurkan Repositori Warisan Naskah Nusantara

Substansi dalam manuskrip ulama Nusantara bisa dijadikan acuan untuk membuat konsep besar mengenai Islam moderat dan menciptakan suasana kondusif bagi pembangunan Indonesia saat ini dan masa yang akan datang,

Oki Hajiansyah Wahab
Selasa, 20 September 2022 | 16:00 WIB
Balai Litbang Keagamaan Semarang Luncurkan  Repositori Warisan Naskah Nusantara
Litbang Keagamaan Semarang Luncurkan Warisan Naskah Nusantara (Kemenag)

Metro, Suara.com- Balai Ltbang Keagamaan Semarang merilis Repositori Naskah Keagamaan “Wanantara” (Warisan Naskah Nusantara). Repositori Wanantara yag diluncurkan berisi lebih dari 900 naskah maupun manuskrip keagamaan warisan para ulama nusantara yang telah berhasil dihimpun dan didigitalisasi.

Sekjen Kemenag Nizar  mengapresiasi inovasi yang dilakukan Balai Litbang Keagamaan dalam pelestarian manuskrip dan naskah melalui proses digitalisasi.

Menurutnya transformasi digital, kata Nizar, merupakan keniscayaan di era Industri 4.0. Sebab, seluruh lini kehidupan saat ini ditopang oleh teknologi informasi.

“Transformasi digital menjadi satu hal penting yang masuk ke dalam salah satu dari tujuh program prioritas di Kementerian Agama selain penguatan Moderasi Beragama, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, International Islamic Cyber University, Religiousity Index, dan Tahun Toleransi 2022," terang Nizar,Senin (19/9/2022).

Baca Juga:Pameran Kampung Purba Ajak Pengunjung Jelajahi Kekayaan Sejarah Nusantara

Nizar menjelaskan bahwa salah satu aspek utama di Kementerian Agama yang mengharuskan transformasi digital sesegera mungkin adalah pentingnya memberikan pelayanan holistik bagi umat beragama. Kementerian Agama juga dituntut disiplin, serta lebih progresif dan responsif dalam melayani,

Menurutnya, penguatan moderasi beragama melalui manuskrip menjadi relevan dengan situasi perkembangan kehidupan beragama di Indonesia saat ini. Dengan semangat melestarikan, meneliti dan menghidupkan kembali khazanah manuskrip warisan ulama nusantara yang wasathiyyah/moderat, hal itu diharapkan akan mampu menangkal konflik ideologi dan radikalisme beragama.

"Substansi dalam manuskrip ulama Nusantara bisa dijadikan acuan untuk membuat konsep besar mengenai Islam moderat dan menciptakan suasana kondusif bagi pembangunan Indonesia saat ini dan masa yang akan datang," papar Nizar.

Nizar berharap Wanantara semakin dikembangkan dan dikelola secara baik, agar semangat melestarikan naskah warisan para ulama nusantara ini menjadi ruhul jihad fi intisyari ilmi al Ulama’ dan tidak hanya sebatas kegiatan seremonial belaka.

Sejarah & Budaya

Terkini

Pahlawan Digital UMKM tahun ini didukung penuh oleh GoTo, BRI, Telkomsel, Grab, dan VIDA.

Komunitas | 08:00 WIB

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Kesepuluh merk tersebut nantinya akan diikutsertakan dan diperkenalkan pada Main Event Kopi Lampung Begawi 2022, 8-9 Oktober mendatang di Jakarta

Komunitas | 00:05 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Kemnaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017.

Komunitas | 18:02 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi diri orang tua atau pengasuh, bagi anak penyandang disabilitas, lingkungan pendidikan luar biasa, lingkungan masyarakat, serta bagi pemerintah daerah.

Komunitas | 17:52 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Eunchae LE SSERAFIM langsung menjalani isolasi mandiri.

Gosip | 08:58 WIB

Pemecatan terhadap Rizky Billar itu disiarkan secara langsung di stasiun televisi yang membesarkan namanya

Gosip | 08:53 WIB

Ariel Tatum tampil menawan di acara Paris Fashion Week.

Gosip | 08:45 WIB

Go Woori eks Rainbow menikah dengan pengusaha tajir.

Gosip | 08:44 WIB

Happy Asmara ogah manggung setelah mengalami pelecehan seksual.

Gosip | 08:30 WIB
Tampilkan lebih banyak