Menag Resmikan Rumah Toleransi Ansor Jabar

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:19 WIB
Menag Resmikan Rumah Toleransi Ansor Jabar
Resmikan Rumah Toleransi Ansor Jabar, Menag (Kemenag)

Metro, Suara.com- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan rumah toleransi Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Jabar, Rabu (10/8/2022)

Kepada pada pengurus wilayah, Gus Men, panggilan akrabnya, mengingatkan bahwa GP Ansor saat ini tidak hanya di Indonesia namun juga sudah ada di berbagai negara di dunia. Ansor saat ini setidaknya memiliki 7 juta Banser (Barisan Serbaguna). 

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

"Sahabat Ansor itu menyikapi persoalan dengan santai namun tetap terselesaikan. Ngapain serius jikalau santai saja bisa terselesaikan," kata Gus Yaqut, di Bandung, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga:Kabar Gembira, Upah PMI Sektor Domestik di Taiwan

"Indonesia ada karena keragaman, baik agama, budaya, ras dan suku. Menjaga tempat ibadah semua agama, bagian cinta kita kepada Indonesia," sambung Gus Yaqut.

Gus Yaqut menyampaikan bahwa berdirinya rumah toleransi karena ditopang bersama-sama. Peresmian gedung ini membuktikan keuletan kader Ansor di Jawa Barat.

"Semoga apa yang diberikan, menjadi jariyah sahabat-sahabat semua. Semoga kita terus berkhidmat bagi agama bangsa dan negara. Kita adalah pelayan masyarakat, sekaligus pelayan ulama," kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengingatkan bahwa adanya sahabat-sahabat Ansor karena Ulama. Karenanya, menjadi tugas Ansor untuk terus menjaga dan melayani pada ulama. Sebab, ulama sejak dulu turut berjuang mempertahankan dan mengisi kemerdekaan bangsa dan negara.

"Siapapun yang menggangu para ulama, maka mengganggu Banser. Sebab, Indonesia didirikan juga oleh perjuangan kyai," tandas Gus Yaqut.

Baca Juga:Gandeng Berbagai Kalangan, Revitalisasi RIS Metro Hadir dengan Wajah Baru

Gubernur Jabar Ridwan Kami lmenyampaikan terimakasih kepada semua sahabat Ansor yang telah membantu pemerintah dalam membangun kehidupan keagamaan di Jawa Barat.

"Ansor dicintai oleh banyak elemen-elemen Ormas dan gerakan politik di Jabar. Buktinya hari ini dapat hadir dan berkumpul di sini," kata Ridwan Kamil.

Kang Emil, begitu ia disapa, mengaku  selama ini banyak dibantu oleh sahabat Ansor, termasuk dalam kerja sama membentuk program penghafal Al-Quran dan membangun pesantren.

"Membangun harus dengan obat, baik manis maupun pahit. Itu semua agar Jawa Barat semakin baik," tandas Kang Emil.

Ketua PW GP Ansor Jawab Barat, Deni Ahmad Haidar menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua sahabat-sahabat GP Ansor.

"Semoga gedung toleransi ini dapat kita manfaatkan untuk berkumpul dan bediskusi membincangkan Jawa Barat secara umum. Dan ini merupakan hasil urunan bersama. Ini menjadi tempat kita bersama, kita hidupkan bersama, dan manfaatkan bersama," tegas Deni.

Ketua PWNU Jabar, KH Juhadi Muhammad menyampaikan terimakasih kepada GP Ansor dan Banser yang selalu mengawal kyai untuk terus eksis dalam melaksanakan dakwah Islam wasathiyah di Indonesia. "Semangat memperjuangkan Islam akan terus dirajut bersama. Ini kebanggaan bagi kita semua, bagian dari tugas semua kader Ansor," kata Juhadi.

Komunitas

Terkini

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Eunchae LE SSERAFIM langsung menjalani isolasi mandiri.

Gosip | 08:58 WIB

Pemecatan terhadap Rizky Billar itu disiarkan secara langsung di stasiun televisi yang membesarkan namanya

Gosip | 08:53 WIB

Ariel Tatum tampil menawan di acara Paris Fashion Week.

Gosip | 08:45 WIB

Go Woori eks Rainbow menikah dengan pengusaha tajir.

Gosip | 08:44 WIB

Happy Asmara ogah manggung setelah mengalami pelecehan seksual.

Gosip | 08:30 WIB
Tampilkan lebih banyak