Gandeng Berbagai Kalangan, Revitalisasi RIS Metro Hadir dengan Wajah Baru

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:17 WIB
Gandeng Berbagai Kalangan, Revitalisasi RIS Metro Hadir dengan Wajah Baru
Revitalisasi RIS Metro (RIS)

Metro, Suara.com- Rumah Informasi Sejarah Metro terus melakukan berbagai upaya dalam rangka revitalisasi cagar budaya guna  mendorong lahirnya ruang publik yang edukatif, rekreatif dan berdampak ekonomi.

Iwan Juru Pelihara Rumah Informasi Sejarah Metro mengatakan selama dua bulan terakhir pihaknya terus melibatkan berbagai kalangan dalam upaya mendorong revitalisasi kawasan di sekitar cagar budaya.

"Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya,"jelasnya.

Ia menambahkan pengerasan lapangan dilakukan oleh BNI Metro, pemasangan ring basket oleh PT Sawido Permai yang merupakan anak perusahaan PT Bukit Asam, ruang belajar bersama dan Skate Park yang dibangun dari swadaya masyarakat.

Baca Juga:Jaminan Sosial Bagi Pesepak Bola Profesional Wujud Hadirnya Negara pada Aktivitas Olahraga

Sementara itu, Agustian dari Propan Lampung menjelaskan pihaknya tertarik mendukung pengembangan lapangan olahraga yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat lewat produk dari Propan.

"Produk yang digunakan di Lapangan Rumah Informasi Sejarah Metro adalah profuk TENNOKOTE TNK-1000 WA adalah cat lapangan olahraga, satu-satunya produk Indonesia yang telah bersertifikat International (ITF level 5),"ujarnya.

Ia menambahkan produk ini memiliki daya lekat baik pada lantai beton, aspal maupun pada paving. Sesudah kering TENNOKOTE TNK-1000 WA akan membentuk lapisan film yang fleksibel dan memiliki daya lekat yang kuat pada lapangan yang terbuat dari beton dan aspal,"jelasnya.

Propan Raya sendiri merupakan perusahaan cat 100% asli Indonesia yang didirikan pada 1979 oleh Dr. Hendra Adidarma seorang ahli kimia lulusan Jerman.

"Kami mengapresiasi kesediaan Propan untuk bersama-sama terlibat dalam proses revitalisasi dengan mendukung pengecatan lapangan di Rumah Informasi Sejarah,"jelasnya.

Baca Juga:Momen Harteknas, Nadiem Apresiasi Pengguna Platform Teknologi Kemendikbudristek

Iwan menjelaskan bahwa revitalisasi yang dilakukan selama dua bulan terakhir adalah dengan menambah ruang belajar bersama, shelter ojek online, fasilitas olahraga baik lapangan basket, badminton, skate park,akses perbankan hingga barbershop.

"Kehadiran cagar budaya kini tidak hanya sebagai tempat informasi sejarah melainkan juga sebagai ruang publik yang terbuka bagi semua kalangan dan membuka lapangan kerja serta potensi ekonomi masyarakat,"pungkasnya.

Komunitas

Terkini

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Pendidikan | 14:29 WIB

Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan

News | 14:13 WIB

Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal.

Pendidikan | 00:37 WIB

Indonesia sendiri mengirimkan empat peserta yang merupakan Guru Penggerak dari sekolah yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan | 00:10 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Ariel Tatum tampil menawan di acara Paris Fashion Week.

Gosip | 08:45 WIB

Go Woori eks Rainbow menikah dengan pengusaha tajir.

Gosip | 08:44 WIB

Happy Asmara ogah manggung setelah mengalami pelecehan seksual.

Gosip | 08:30 WIB

"Fokus ke Gilang, lah mukanya mimik wajahnya gimana gituh," tulis satu warganet.

Gosip | 08:20 WIB

Netizen pertanyaan keberadaan orangtua Atta Halilintar ketika Krisdayanti dan Ashanty kompak momong Ameena yang sakit.

Gosip | 08:05 WIB
Tampilkan lebih banyak