Menag Buka Pesona I Mahasiswa PTKN 2022

Pesona I di Bandung melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya T

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:49 WIB
Menag Buka Pesona I Mahasiswa PTKN 2022
Menag Buka Pesona I Mahasiswa PTKN 2022 (Kemenag)

Metro, Suara.com- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membuka gelaran Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung,Selasa (9/8/2022) malam.

Menag Yaqut berpesan kepada seluruh peserta dan kontingen Pesona I agar selalu menjaga sportivitas. Olahraga itu adalah perhelatan prestasi. Siapa yang paling ulet dan menguasai permainan dipastikan akan melahirkan sang pemenang.

"Jaga sportivitas! Olahraga dan agama adalah tarikan nafas yang tidak dapat dipisahkan. Olahraga itu mencari prestasi, siapa yang ulet dia yang menang," kata Yaqut, Selasa (9/8/2022).

“Pesona ini jangan sampai terputus, apalagi sudah ada piala bergilir. Ini penting dan harus dilanjutkan,” tandas Menag Yaqut.

Baca Juga:Di Depan Bupati dan Kades Se-Rokan Hilir Gus Halim Ungkap Kunci Pengentasan Kemiskinan

Rektor UIN SGD Bandung, Mahmud menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen Pesona I di Kota Bumi Pasundan, tanah Priangan, Kota Kembang, Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Saya berharap seluruh agenda Pesona I ini dapat berjalan dengan lancar. PESONA PTKN mampu tampil mempesona dalam konteks menjaga NKRI," tegas Mahmud.

Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa event Pesona I yang diselenggarakan di Kota Parahyangan ini  melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya Tangerang.

“Jumlah peserta sebanyak 3.455 orang dengan rincian 1.313 Cabang Seni dan 2.142 cabang olahraga, serta 912 official. Kami juga melibatkan para wasit dan juri ternama, diantaranya bapak Acep Setia (Wasit Taekwondo Nasional), penyanyi gaek fenomenal Inka Cristie sebagai Juri Pop Solo Islami,” kata Muhammad Ali Ramdhani.

Muhammad Ali Ramdhani berharap Pesona I ini dapat memesona  dalam semua aspeknya. Memesona dari kegiatan pembukaannya, memesona pada berbagai pertandingan dan perlombaannya. Hal yang paling penting adalah memesona dari aspek akhlak karimah para penyelenggara dan peserta Pesona ke-1 ini.

Baca Juga:Meriahkan HUT RI, 16.335 Peserta Daftar Tes IVA dan Sadanis DWP Kemenag

“Mari kita tunjukan bahwa nilai-nalai keagamaan dan lokal wisdom kita mampu menjadi asas fundamental untuk moralitas, kejujuraran, dan sportivitas,” kata M Ali Ramdhani.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan agar seluruh peserta Pesona I tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Karena, bagi Kang Emil sapaan akrabnya, Covid-19 masih terus ada di tengah masyarakat, untuk itu seluruh masyarakat, utamanya dengan berkumpulnya peserta Pesona I.

“Saya harap, kita semua dapat menjaga protokol kesehatan. Semoga kita semua senantiasa dalam kesehatan. Selamat datang di Bandung dan Selamat bertanding,” tutup Kang Emil.

Pendidikan

Terkini

Pahlawan Digital UMKM tahun ini didukung penuh oleh GoTo, BRI, Telkomsel, Grab, dan VIDA.

Komunitas | 08:00 WIB

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Kesepuluh merk tersebut nantinya akan diikutsertakan dan diperkenalkan pada Main Event Kopi Lampung Begawi 2022, 8-9 Oktober mendatang di Jakarta

Komunitas | 00:05 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Kemnaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017.

Komunitas | 18:02 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi diri orang tua atau pengasuh, bagi anak penyandang disabilitas, lingkungan pendidikan luar biasa, lingkungan masyarakat, serta bagi pemerintah daerah.

Komunitas | 17:52 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Mereka pun ramai didoakan balikan.

Gosip | 10:03 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB

Kabar Ayu Dewi hamil lagi ini diungkap oleh Thariq Halilintar.

Gosip | 09:39 WIB

"Saya cuma kenal Lesti," kata Bang Haji Rhoma Irama.

Gosip | 09:30 WIB

"Ya untungnya lebih cepat ketahuannya, jadi ya lebih baik," ujar Hetty Koes Endang.

Gosip | 09:26 WIB
Tampilkan lebih banyak