Peruri Pamerkan Prangko Hybrid di World Stamp Championship Indonesia 2022

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dan diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

Oki Hajiansyah Wahab
Selasa, 09 Agustus 2022 | 08:02 WIB
Peruri Pamerkan Prangko Hybrid di World Stamp Championship Indonesia 2022
Peruri memamerkan prangko hybrid di World Stamp Championship Indonesia 2022. (Dok: Peruri) ((Dok: Peruri))

Metro, Suara.com - Kompetisi dan Pameran Filateli Dunia (World Stamp Championship) Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI)  resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di JIEXPO Hall C, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Perhelatan internasional ini sendiri didukung oleh berbagai pihak, antara lain DPR RI, Kementerian Kominfo, Kementerian Parekraf, Pemprov DKI Jakarta, Peruri, Pos Indonesia.

Kegiatan yang digelar hingga 9 Agustus 2022 ini terbuka untuk masyarakat umum guna memberikan edukasi sejarah filateli, khususnya kepada generasi muda mengenai barang filateli yang memiliki nilai-nilai penting seperti peristiwa sejarah, pembangunan dan budaya.

Pameran yang diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

Baca Juga:Berikut Jadwal Kepulangan 3.233 Jemaah Haji Indonesia Hari ini

Peruri sebagai BUMN pencetak prangko turut berpartisipasi dalam event ini. Hingga saat ini, Peruri telah mencetak berbagai jenis seri prangko yang memiliki fungsi sebagai bukti pelunasan biaya pengiriman dokumen maupun sebagai sarana promosi.

Beberapa jenis seri prangko telah dicetak Peruri pada momen-momen tertentu, misalnya Prangko Seri Sirkuit Mandalika maupun Prangko Istimewa 50 Tahun Peruri.

Pada World Stamp Championship Indonesia 2022, Peruri menampilkan prangko yang unik yaitu menggunakan teknik pencetakan multicolor, berbeda dengan prangko pada umumnya yang menggunakan teknik pencetakan separasi, Prangko Istimewa dengan tema 50 Tahun Peruri menggunakan teknologi Augmented Reality (AR), yang dapat menampilkan gambar 3D jika dipindai menggunakan aplikasi khusus yaitu

“AR Prangko 50th Peruri”. Selain menampilkan objek 3D, juga terdapat cerita tentang sejarah, permesinan dan produk-produk Peruri yang sangat menarik untuk disimak.

Pada bagian sampul juga terdapat QR Code, yang merupakan bagian dari produk Peruri Tera. Peruri Tera adalah stempel digital Peruri yang terdiri dari QR Code, yang dapat menampung data hingga 4000 karakter, di mana logo Perusahaan dapat dikustomisasi dengan hingga 70% dari area QR Code. Teknologi-teknologi digital seperti ini merupakan salah satu bentuk dari pengembangan produk hybrid yang dimiliki Peruri.

Baca Juga:Lantik Ratusan Pejabat Fungsional,Sekjen Kemnaker Harap Akan Lahir Banyak Inovasi

Tidak hanya prangko, dalam pameran filateli kali ini Peruri juga menampilkan produk logam non uang berupa commemorative coin. Commemorative coin dicetak oleh Peruri untuk menampilkan sisi eksklusivitas dari produk logam non uang yang memiliki tema tertentu yang disesuaikan dengan fungsi karakter dan pesan yang ingin disampaikan oleh pemesan.

“Saya merasa antusias Peruri dapat berpartisipasi dalam acara internasional ini dan bisa menampilkan salah satu produk kebanggaan yang memiliki nilai historikal bangsa, yaitu prangko. Sebagai perusahaan pencetak dokumen sekuriti salah satunya prangko, Peruri selalu meng-improve kualitas prangko baik dari teknik pencetakan yang dilakukan, fitur-fitur sekuriti yang disematkan maupun pemanfaatan teknologi digital,” ujar Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri.

Perhelatan internasional ini didukung oleh berbagai pihak, antara lain DPR RI, Kementerian Kominfo, Kementerian Parekraf, Pemprov DKI Jakarta, Peruri, Pos Indonesia.

Sejarah & Budaya

Terkini

Pahlawan Digital UMKM tahun ini didukung penuh oleh GoTo, BRI, Telkomsel, Grab, dan VIDA.

Komunitas | 08:00 WIB

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Kesepuluh merk tersebut nantinya akan diikutsertakan dan diperkenalkan pada Main Event Kopi Lampung Begawi 2022, 8-9 Oktober mendatang di Jakarta

Komunitas | 00:05 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Kemnaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017.

Komunitas | 18:02 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi diri orang tua atau pengasuh, bagi anak penyandang disabilitas, lingkungan pendidikan luar biasa, lingkungan masyarakat, serta bagi pemerintah daerah.

Komunitas | 17:52 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Seperti Aremania lain, bocah itu juga menikmati jalannya pertandingan. Namun senyumnya berganti dengan ketakutan ketika polisi mulai menembakkan gas air mata.

Metropolitan | 14:00 WIB

Netizen pertanyaan keberadaan orangtua Atta Halilintar ketika Krisdayanti dan Ashanty kompak momong Ameena yang sakit.

Gosip | 08:05 WIB

Berkaca dari kasus KDRT Lesti Kejora, Dewi Perssik menyarankan semua wanita belajar ilmu bela diri.

Gosip | 07:55 WIB

Psikolog Lita Gading mendesak Inul Daratista memberikan klarifikasi.

Gosip | 07:35 WIB

Ada yang disiram air panas oleh sang kekasih

Gosip | 07:15 WIB

Sebelumnya KPI juga meminta kepada seluruh televisi dan radio untuk memboikot Rizky Billar, karena kasus KDRT yang tengah menjeratnya.

Gosip | 07:10 WIB
Tampilkan lebih banyak