Jatim Sumbang Desa Wisata Terbanyak dalam 50 Besar ADWI 2022

Dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia, Jawa Timur menyumbangkan empat perwakilan yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowo

Oki Hajiansyah Wahab
Senin, 08 Agustus 2022 | 08:01 WIB
Jatim Sumbang Desa Wisata Terbanyak dalam 50 Besar ADWI 2022
Jatim Sumbang Desa Wisata Terbanyak dalam 50 Besar ADWI 2022 (Kemenparekraf)

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang aktif memajukan desa-desa wisata di daerahnya.

Tercatat, dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia, Provinsi Jawa Timur menyumbangkan empat perwakilannya. Mulai dari Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan terakhir di Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Sandiaga saat visitasi 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022 di Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso, Minggu (7/8/2022), menjelaskan, keberadaan desa wisata diharapkan bermanfaat bagi kesejahteraan warga. Hal itu sejalan dengan target pemerintah untuk membuka lapangan kerja baru sebanyak 1,1 juta pada tahun ini dan 4,4 juta pada tahun 2024.

“Saya apresiasi Provinsi Jawa timur, pengirim desa wisata terbanyak dan ini (Desa Wisata Tirta Agung) merupakan desa wisata ke empat. Sehingga Jatim menyumbang 10 persen dari 50 besar ADWI 2022. Kita harapkan ini mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno.  

Baca Juga:Senator Jihan Apresiasi Pelatihan Jurnalistik Majalah Puspita, Ruang Guru Curahkan Ide dan Gagasan

Sandiaga juga memastikan Kemenparekraf akan terus memberikan pendampingan dan fasilitasi bagi desa-desa wisata untuk terus berkembang. Termasuk melibatkan pihak swasta untuk memberikan pendampingan mulai dari pelatihan sadar wisata, peningkatan kapasitas SDM, juga peningkatan sarana dan prasarana serta pemasaran. 

Kemenparekraf terus memonitor dari tahun 2021 terkait program ADWI. Sehingga nantinya setelah diresmikan, desa-desa ini harus berkelanjutan dan tidak berhenti di tengah jalan.

“Diharapkan setelah diresmikan desa wisata mampu meningkatkan jumlah kunjungan sebanyak 30 persen. Kalau di Bondowoso tadi saya sangat terkesan adalah Kala Senja, tempatnya keren banget dan itu buat spot foto keren banget,” katanya.

Desa Wisata Tirta Agung merupakan objek wisata rekreasi berbasis masyarakat yang dikelola oleh BUMDES, yakni unit usaha yang menyuguhkan penawaran produk wisata buatan yang saat ini sudah berjalan di desa yang berada di bawah kaki Gunung Raung. Desa Wisata Tirta Agung itu merupakan destinasi yang mengawali pemanfaatan waduk, persawahan dan sumber mata air untuk menjad atraksi wisata. 

Beberapa atraksi wisata berupa gazebo apung, kolam renang alami, cafe kala senja, flying fox, dan berbagai jasa layanan pariwisata berupa persewaan tempat dan reservasi, event area, camping ground, produk kreatif dan kuliner serta terdapat homestay bagi pengunjung.

Baca Juga:Dorong UMKM Naik Kelas, Inilah Berbagai Bentuk Dukungan Pemerintah

Sejarah & Budaya

Terkini

Pahlawan Digital UMKM tahun ini didukung penuh oleh GoTo, BRI, Telkomsel, Grab, dan VIDA.

Komunitas | 08:00 WIB

Kementerian Tenaga Kerja harus memonitor dan mengaudit perusahaan rintisan lainnya dengan memastikan kondisi para pekerja dan masa depannya. Ini harus jadi perhatian khusus karena terjadinya PHK di perusahaan rintisan ini terjadi secara beruntun

News | 00:13 WIB

Lewat terjalinnya kerja sama bilateral Indonesia-Inggris selama 70 tahun itu, tuturnya, dengan hadirnya Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris untuk tahun 20222024 bisa membawa perubahan konkret bagi kedua negara

News | 00:10 WIB

Kesepuluh merk tersebut nantinya akan diikutsertakan dan diperkenalkan pada Main Event Kopi Lampung Begawi 2022, 8-9 Oktober mendatang di Jakarta

Komunitas | 00:05 WIB

Warga sempat membantu korban bernama Zulfakar (41), namun korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit.

News | 18:49 WIB

Kemnaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017.

Komunitas | 18:02 WIB

Puan berharap peristiwa ini tidak akan terulang lagi. Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepakbola beserta seluruh prosedur pengamanannya.

News | 17:57 WIB

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi diri orang tua atau pengasuh, bagi anak penyandang disabilitas, lingkungan pendidikan luar biasa, lingkungan masyarakat, serta bagi pemerintah daerah.

Komunitas | 17:52 WIB

Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung.

News | 14:43 WIB

Kesembilan nama Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 tersebut adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian dan Uli Parulian Sihombing

News | 14:37 WIB

Susi Pudjiastuti turut ikut bersuara soal konten Baim Wong yang prank polisi tentang KDRT.

Metropolitan | 08:20 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Kondisi Lesti Kejora ini diungkap langsung oleh King Nassar.

Gosip | 10:15 WIB

Perselingkuhan mengakibatkan perceraian dalam sebuah rumah tangga.

Gosip | 10:14 WIB

Mereka pun ramai didoakan balikan.

Gosip | 10:03 WIB

Ada chemistry kuat tapi mereka tak terlibat cinta lokasi.

Gosip | 09:50 WIB

Kabar Ayu Dewi hamil lagi ini diungkap oleh Thariq Halilintar.

Gosip | 09:39 WIB
Tampilkan lebih banyak