Menparekraf Inisiasi Deklarasi Bersama Pengelola Taman Rekreasi Ciptakan Destinasi Aman

Sandiaga juga meminta agar seluruh pihak yang terlibat dalam penandatanganan komitmen ini untuk segera mengeksekusi kesepakatan melalui tindakan-tindakan nyata di lapangan.

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 00:26 WIB
Menparekraf Inisiasi Deklarasi Bersama Pengelola Taman Rekreasi Ciptakan Destinasi Aman
Deklarasi Bersama Pengelola Taman Rekreasi Ciptakan Destinasi Aman (Kemenparekraf)

Metro, Suara.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Pemerintah Daerah seluruh Indonesia dan asosiasi pariwisata beserta pihak-pihak terkait lainnya mendeklarasikan Taman Rekreasi Aman, Nyaman, dan Menyenangkan untuk memastikan keamanan dan keselamatan wisatawan.

Penandatanganan ini juga dihadiri oleh  Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Kemenparekraf/Baparekraf, Oni Yulfian; Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Aryo Widyandoko; serta Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY,  Aman Santosa; serta perwakilan pemerintah daerah seluruh Indonesia yang hadir secara daring.

Acara Penandatanganan Komitmen Bersama dalam Rangka Mendukung Terciptanya Taman Rekreasi Aman, Nyaman, dan Menyenangkan" di Hotel Alana Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022), Sandiaga mengatakan deklarasi ini merupakan respons untuk mencegah terjadinya kecelakaan-kecelakaan yang membahayakan wisatawan di taman rekreasi. 

"Ini adalah kebersamaan kita dalam mewujudkan tempat wisata aman, nyaman, dan menyenangkan untuk memastikan kebangkitan sektor pariwisata dan terjaganya momentum pemulihan (ekonomi). Karena kita ingin memastikan terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru berkualitas tahun ini, dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024," kata Sandiaga.

Baca Juga:12 Startup Unggulan EFF 2022 Dipamerkan Pada Ajang B20 Di Bali

Deklarasi ini, kata Sandiaga, juga bertujuan untuk mengingatkan para pelaku pariwisata yang bergerak dalam bidang pengelolaan taman rekreasi untuk selalu menjaga aturan-aturan keselamatan demi menjaga keamanan dalam berwisata. 

Ia juga meminta agar seluruh pihak yang terlibat dalam penandatanganan komitmen ini untuk segera mengeksekusi kesepakatan melalui tindakan-tindakan nyata di lapangan.

Pada kesempatan ini, Sandiaga juga mengapresiasi kolaborasi antara Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi (PUTRI), Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia (ARKI), PT Privy Identitas Digital, dan Konsorsium Jagawisata yang menyelenggarakan program asuransi kecelakaan secara gratis berbasis digital bagi pengunjung di tempat wisata. Menurutnya, digitalisasi merupakan suatu keniscayaan dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Digitalisasi menjadi keniscayaan dan ini akan kami kolaborasikan dengan seluruh pemangku kepentingan demi mewujudkan destinasi aman, nyaman, dan menyenangkan," kata Sandiaga.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung menambahkan penandatanganan ini juga bertujuan untuk mengingatkan kembali pihak pentahelix terkait pentingnya menciptakan tempat wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan demi menjaga kepercayaan wisatawan.

Baca Juga:Isu Akselerasi Adaptasi UMKM Era Digital Diangkat Indonesia di Forum G20

"Tentunya suasana ini dapat dicapai dengan menerapkan standar baik standar usaha maupun CHSE (kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan) agar insiden yang tidak diinginkan tidak terjadi lagi di kemudian hari," pungkas Henky.

Sejarah & Budaya

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia.

Pendidikan | 18:22 WIB

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Komunitas | 18:19 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Komunitas | 16:17 WIB

Pemerintah hadir dalam memberikan pelindungan ketenagakerjaan kepada atlet baik itu seperti pelindungan Jaminan Sosial, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maupun pelindungan pengupahannya.

Komunitas | 15:51 WIB

Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan Mereka Belajar Kampus Merdeka.

Pendidikan | 15:46 WIB

Pemenuhan hak-hak lansia menjadi tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam panti milik Pemprov Lampung.

Komunitas | 15:00 WIB

Pesona I di Bandung melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya T

Pendidikan | 13:49 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN)

Komunitas | 12:01 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB
Tampilkan lebih banyak