Indonesia Dorong ASEAN Plus Three Tingkatkan Kolaborasi Bangkitkan Sektor Pariwisata Pascapandemi

Sesmenparekraf juga turut bertukar informasi mengenai langkah-langkah dan praktik terbaik untuk mengurangi dampak COVID-19 di negara anggota ASEAN Plus Three, termasuk persyaratan perjalanan.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 07 Juli 2022 | 00:08 WIB
Indonesia Dorong ASEAN Plus Three Tingkatkan Kolaborasi Bangkitkan Sektor Pariwisata Pascapandemi
Kemenparekraf

Metro, Suara.com-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong negara-negara anggota ASEAN Plus Three (APT) untuk bekerja sama dalam membangkitkan sektor pariwisata pascapandemi.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sestama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani saat memimpin kegiatan The 41st ASEAN Plus Three National Tourism Organizations (NTOs) Meeting yang digelar secara virtual, Rabu (06/07/2022), menyampaikan pentingnya untuk melanjutkan kerja sama yang selama ini terjalin dalam kerangka ASEAN Plus Three, dan hal itu termasuk kerja sama di sektor pariwisata.

“Kami berharap bisa melakukan kolaboraksi yang lebih kooperatif yang akan bermanfaat bagi masyarakat ASEAN serta Jepang, China, dan Korea,” kata Sesmenparekraf.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan asal dari China, Jepang, dan Korea ke Indonesia cukup signifikan, seperti kunjungan dari China selama periode Januari hingga April 2022 berjumlah 15.202 kunjungan. Kemenparekraf pun akan terus menggali potensi kerja sama dengan China.

Baca Juga:PPATK Catat Selama 2014-2022 ACT Terima Dana Asing Senilai Rp64 Miliar

"Kami terus memperkuat kerja sama pariwisata, saat ini kami melaksanakan kegiatan kolaborasi dengan Online Travel Agent (OTA) seperti Trip.com dan Tuniu. Kami juga memiliki rencana untuk melakukan Familiarization Trip dengan media dari China pada September 2022 di Labuan Bajo dan Bali," kata Sesmenparekraf.

Selain itu, Kemenparekraf juga mempertahankan rute penerbangan China-Indonesia, melalui maskapai Garuda yakni dengan rute dari Hong Kong-Jakarta dengan jadwal 1 kali per minggu, dan rute Guangzhou-Jakarta dengan jadwal setiap hari.

Sedangkan melalui China Selatan dengan rute Shenzhen-Jakarta dengan jadwal penerbangan setiap hari, dan melalui Cathay Pasifik dengan rute Hong Kong-Jakarta dengan jadwal 1 kali per minggu.

"Pada kesempatan ini, Indonesia menantikan kerja sama yang lebih produktif dan bermanfaat dengan China termasuk untuk memperkenalkan beberapa produk pariwisata baru dan memiliki beberapa kegiatan bersama di masa depan," ujar Sesmenparekraf.

Lebih lanjut, Sesmenparekraf menyampaikan bahwa Indonesia juga telah bekerja sama dengan Jepang dalam menyelenggarakan Familiarization Trip dengan media dari Jepang pada Februari 2022 di Bali.

Baca Juga:Aplikasi New BIMMA untuk Para Pencari Kerja di Bandung

"Dalam waktu dekat kami juga memiliki rencana untuk berpartisipasi dalam Tourism Expo Japan pada September 2022 di Tokyo," ujarnya.

Indonesia bersama ASEAN-Japan Centre (AJC) juga menjalin kerja sama dalam meningkatkan kapasitas pengembang game melalui seminar dan Showcasing: the Rise of the Video Game Industry yang diselenggarakan di Bandung pada 22 Februari 2022 secara hybrid.

"Diselenggarakannya seminar ini juga untuk memperbesar bisnis mereka dan memberikan bimbingan dan dukungan  sesuai dengan standar internasional. Kami mencatat lebih dari 200 peserta offline dan online bergabung dengan kami dalam seminar," kata Sesmenparekraf.

Sedangkan, kerja sama antara Indonesia dengan Korea, berdasarkan data statistik Indonesia tercatat pengungjung Republik Korea sekitar 6.887 pada periode Januari hingga April 2022. Sesmenparekraf berharap dengan adanya forum ini, Indonesia-Korea bisa terus meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

Pada kesempatan ini, Sesmenparekraf juga turut bertukar informasi mengenai langkah-langkah dan praktik terbaik untuk mengurangi dampak COVID-19 di negara anggota ASEAN Plus Three, termasuk persyaratan perjalanan.

“Indonesia dengan senang hati menginformasikan pada pertemuan ini bahwa informasi mengenai kebijakan relaksasi, protokol kesehatan, serta persyaratan visa kami dapat dengan mudah,” katanya.

News

Terkini

Kompetisi yang digelar 21-30 Juli 2022 ini diikuti oleh lebih dari 30 negara termasuk tim Indonesia yang menyertakan sebanyak 15 peserta termasuk Arsy Hermansyah, anak pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty sebagai peserta termuda

Komunitas | 15:15 WIB

Pantun telah dikenal lebih dari 500 tahun yang lalu sebagai tradisi lisan masyarakat Melayu di wilayah kepulauan di Asia Tenggara.

Sejarah & Budaya | 12:03 WIB

Angklung merupakan warisan budaya milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2010

Pendidikan | 12:01 WIB

Kelembagaan koperasi dibutuhkan nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan menjamin kepastian akses terhadap pembiayaan, pemasaran, dan nilai tambah produk.

Komunitas | 10:13 WIB

Meccaya Group mendukung upaya untuk menjaga perdamaian dan kesejahteraan dunia, serta mengangkat kekayaan budaya Kabupaten Magelang ke panggung nasional maupun internasional.

Sejarah & Budaya | 10:05 WIB

Kementerian Ketenagakerjaan siap untuk bekerja sama dalam menciptakan kondisi terbaik bagi pekerja dan pengusaha di dunia.

News | 10:02 WIB

Pertumbuhan game di tahun 2020 sebesar 4,47 persen, tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio. Sumbangan industri game terhadap devisa negara sebesar Rp24,88 triliun.

Komunitas | 10:00 WIB

Ke depan media tidak hanya memberikan informasi kepada UMKM, tetapi juga bisa membantu transformasi UMKM untuk bisa go digital.

News | 08:04 WIB

Sepanjang periode pendaftaran, program ini telah menerima lebih dari 100 pendaftaran melalui platform UpLink

Komunitas | 08:00 WIB

Pada kegiatan Parade Nusantara ini para anggota DWP akan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah

Komunitas | 08:00 WIB

Pandemi COVID-19 semakin menekankan pentingnya perusahaan untuk mendukung pemulihan pasar tenaga kerja dan percepatan penyerapan tenaga kerja.

News | 03:04 WIB

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi nasional di kuartal II tahun 2022 tumbuh positif 5,4 persen. Jumlah tersebut salah satunya ditopang dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komunitas | 00:03 WIB

Inti dari film ini adalah bagaimana seorang hakim bertugas dan bagaimana ia menjaga integritasnya sebagai hakim.

Sejarah & Budaya | 00:03 WIB

Angka partisipasi mencapai 96% hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme siswa madrasah mengikuti kompetisi.

Pendidikan | 00:01 WIB

KitKat Brekreasi Design Challenge 2022 merupakan hasil kemitraan Kemenparekraf dengan Nestle Indonesia untuk mempromosikan lima destinasi super prioritas Indonesia beserta Bali melalui kemasan makanan yang unik dan menarik.

Komunitas | 20:36 WIB
Tampilkan lebih banyak