PPATK Catat Selama 2014-2022 ACT Terima Dana Asing Senilai Rp64 Miliar

Dana yang berasal dari aliran 10 negara tersebut mencapai lebih dari Rp 64 miliar.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 07 Juli 2022 | 00:01 WIB
PPATK Catat Selama 2014-2022 ACT Terima Dana Asing Senilai Rp64 Miliar
suara.com

Metro, Suara.com - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap selama periode 2014-2022 menemukan 2.000 transaksi dana masuk ke Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dari 10 negara. Dana yang berasal dari aliran 10 negara tersebut mencapai lebih dari Rp 64 miliar.

"Ada lebih dari 2.000 kali pemasukan dari entitas asing kepada yayasan ini (ACT). Itu angkanya di atas Rp 64 miliar," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat konferensi pers di Kantor PPATK, Jakarta Pusat pada Rabu (6/7/2022).

Sementara untuk aliran dana ke luar negeri, tercatat 450 kali transaksi dengan nilai Rp52 miliar.

"Dari entitas yayasan ini ada terkait dengan aktivitas bantuan di luar negeri, karena bisa di manapun juga, tidak hanya di dalam negeri. Tetapi juga membantu saudara-saudara kita yang kesulitan yang ada di luar negeri," kata Ivan.

Baca Juga:Chusnunia : Desa Wisata Berikan Efek Domino Bagi Masyarakat

Ivan mengungkap, 10 negara yang menyalurkan dana ke ACT di antaranya Turki, Inggris, Amerika Serikat hingga Belanda.

"Angkanya sekitar paling tinggi itu adalah Rp20 miliar lebih ya, hampir Rp21 miliar," katanya.

Sementara itu, terhitung sejak hari ini Rabu (6/7/2022), PPATK te;ah memblokir 60 rekening milik ACT di 33 jasa penyedia keuangan untuk sementara. Pemblokiran dilakukan bersamaan dengan keputusan Kementerian Sosial (Kemensos) yang mencabut sementara perizinan ACT.

Akibat pemblokiran ini, ACT tidak dapat melakukan transaksi baik debit ataupun kredit. Kemudian dalam waktu 20 hari ke depan, PPATK akan bekerja memeriksa secara detail puluhan ribu transaksi yang dilakukan ACT. Harapannya, temuan yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

Baca Juga:Lewat Buku, Fizul Bangun Diskursus Pengelolaan Sampah dan Ekonomi Sirkular di Metro

News

Terkini

Sejak tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika menginisiasi kompetisi Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) sebagai bentuk apresiasi bagi para insan pers di seluruh tanah air.

Komunitas | 00:03 WIB

Seperti pada tahun sebelumnya, J&T Express memberikan program gratis ongkir yang serupa pada momen hari kemerdekaan Indonesia.

Komunitas | 20:33 WIB

QRIS memang mempermudah pembayaran yang dilakukan masyarakat. Oleh karena itu, penggunaan QRIS pun seharusnya sudah dilakukan juga oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Komunitas | 20:28 WIB

Suhartono mengungkapkan saat ini jumlah Pengantar Kerja Nasional mencapai 1.051 orang.

Komunitas | 20:21 WIB

Kemendikbudristek sendiri telah meluncurkan 21 episode Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar merupakan Mereka Belajar episode ke-15.

Pendidikan | 20:09 WIB

Upaya penerbitan sertifikat tanah Candi Borobudur telah dilakukan Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan sejak tahun 2015.

Sejarah & Budaya | 20:05 WIB

Revolusi Putih adalah gerakan meningkatkan konsumsi susu terutama bagi anak dan remaja agar terjadi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Komunitas | 19:13 WIB

Literasi keuangan adalah salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi dengan lebih cerdas dan berkesinambungan.

Komunitas | 16:18 WIB

Presiden Jokowi juga meminta agar para pejabat pemerintah tidak bisa bekerja dengan hanya melihat angka makro saja, namun juga harus dilihat detail mikronya.

News | 15:53 WIB

Tema uang kertas rupiah tahun emisi 2022 yaitu keragaman budaya dan kekayaan bangsa yang menyatu dalam simbol satu kedaulatan makna bagi persatuan Indonesia dan bentuk sepahamnya seluruh nusantara

News | 13:22 WIB

Rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di perbatasan RI - Papua New Guinea ini juga dimeriahkan dengan acara jalan santai dan senam bersama, serta berbagai lomba olahraga dan permainan rakyat.

News | 13:13 WIB

Para Pendamping PPH tersebut bertugas membantu proses sertifikasi halal pelaku UMK melalui mekanisme pernyataan pelaku usaha atau sering disebut self declare.

News | 13:07 WIB

Pemerintah Provinsi mendukung Program Asuransi Pertanian melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB) dengan bantuan premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 20% untuk 30.000 Ha sawah dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) 20% untuk 2.500 ekor sapi/kerbau.

News | 13:03 WIB

Selain diskon besar-besaran, mengutip siaran tertulisnya, ada juga penawaran lain yang tak kalah menarik yaitu perlindungan asuransi dan program OYO Wizard bagi pelanggan setia OYO.

Komunitas | 08:06 WIB

KCON merupakan Festival K-Culture No.1 Dunia yang diadakan oleh perusahaan hiburan terkemuka CJ ENM dan telah mendorong penyebaran K-pop maupun K-culture di seluruh dunia sejak 2012

Sejarah & Budaya | 08:05 WIB
Tampilkan lebih banyak