Pemerintah Dukung Kabupaten Tanah Datar Tergabung di UNESCO Creative Cities Network Tahun 2023

Saat ini Indonesia sudah memiliki 4 Kabupaten/Kota yang masuk dalam jaringan UCCN yaitu Ambon, Bandung, Pekalongan, Jakarta.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 07 Juli 2022 | 08:09 WIB
Pemerintah Dukung Kabupaten Tanah Datar Tergabung di UNESCO Creative Cities Network Tahun 2023
Kemenparekraf

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, untuk  bergabung dalam jaringan kota kreatif atau  UNESCO Creative Cities Network (UCCN).

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Batusangkar, Rabu (6/7/2022).

Sandiaga menjelaskan, bahwa saat ini Indonesia sudah memiliki 4 Kabupaten/Kota yang masuk dalam jaringan UCCN yaitu Ambon, Bandung, Pekalongan, Jakarta.

“Saya ingin mendorong dengan ekosistem ini. Suatu saat nanti, kalau tahun ini (usulan nominasi tahun 2023) Ponorogo dan Bitung yang mengajukan atau Solo. Mungkin Tanah Datar bisa mengajukan setelahnya,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga:Indonesia Dorong ASEAN Plus Three Tingkatkan Kolaborasi Bangkitkan Sektor Pariwisata Pascapandemi

Hal tersebut, lanjut Sandiaga, melengkapi apa yang sudah dimiliki Kabupaten Tanah Datar, yang sebelumnya terkenal di mancanegara dengan pesona alam di Nagari Pariangan. Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi besar ekonomi kreatif yaitu subsektor seni pertunjukan. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf.

“Ini semangat yang saya ingin sampaikan kepada para pelaku ekonomi kreatif untuk bersiap-siap. Karena Nagari terindah dunia ada di Pariangan, kenapa tidak dilengkapi dengan Kabupaten Kreatif yang mendapat pengakuan dari UNESCO,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan, semua pihak memiliki tanggung jawab untuk merealisasikan itu semua. Bukan hanya pemerintah yang berperan.

Pada subsektor seni pertunjukan, Kabupaten Tanah Datar memiliki ragam kesenian yaitu Randai, Saluang, Tari Piring, Talempong, Alu Katentong dan Salawat Dulang, serta Tari Pasambahan, dan Tari Satampang Baniah. 

“Ragam tari daerah dan seni pertunjukan ini dapat menjadi lokomotif pengembangan pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik,” kata Sandiaga.

Baca Juga:Aplikasi New BIMMA untuk Para Pencari Kerja di Bandung

Komunitas

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia.

Pendidikan | 18:22 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan Mereka Belajar Kampus Merdeka.

Pendidikan | 15:46 WIB

Pesona I di Bandung melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya T

Pendidikan | 13:49 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Data per 3 Agustus 2022, EMIS mencatat ada 55.365 santri PKPPS (Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah), 8.470 santri Satuan Pendidikan Muadalah, dan 7.423 santri Pendidikan Diniyah Formal.

Pendidikan | 08:00 WIB

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa International Olympiad in Informatics (IOI) adalah salah satu dari 14 Olimpiade Sains Internasional yang dilaksanakan setiap tahun

Pendidikan | 00:05 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak