Pemerintah Dukung Kabupaten Tanah Datar Tergabung di UNESCO Creative Cities Network Tahun 2023

Saat ini Indonesia sudah memiliki 4 Kabupaten/Kota yang masuk dalam jaringan UCCN yaitu Ambon, Bandung, Pekalongan, Jakarta.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 07 Juli 2022 | 08:09 WIB
Pemerintah Dukung Kabupaten Tanah Datar Tergabung di UNESCO Creative Cities Network Tahun 2023
Kemenparekraf

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, untuk  bergabung dalam jaringan kota kreatif atau  UNESCO Creative Cities Network (UCCN).

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Batusangkar, Rabu (6/7/2022).

Sandiaga menjelaskan, bahwa saat ini Indonesia sudah memiliki 4 Kabupaten/Kota yang masuk dalam jaringan UCCN yaitu Ambon, Bandung, Pekalongan, Jakarta.

“Saya ingin mendorong dengan ekosistem ini. Suatu saat nanti, kalau tahun ini (usulan nominasi tahun 2023) Ponorogo dan Bitung yang mengajukan atau Solo. Mungkin Tanah Datar bisa mengajukan setelahnya,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga:Indonesia Dorong ASEAN Plus Three Tingkatkan Kolaborasi Bangkitkan Sektor Pariwisata Pascapandemi

Hal tersebut, lanjut Sandiaga, melengkapi apa yang sudah dimiliki Kabupaten Tanah Datar, yang sebelumnya terkenal di mancanegara dengan pesona alam di Nagari Pariangan. Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi besar ekonomi kreatif yaitu subsektor seni pertunjukan. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf.

“Ini semangat yang saya ingin sampaikan kepada para pelaku ekonomi kreatif untuk bersiap-siap. Karena Nagari terindah dunia ada di Pariangan, kenapa tidak dilengkapi dengan Kabupaten Kreatif yang mendapat pengakuan dari UNESCO,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan, semua pihak memiliki tanggung jawab untuk merealisasikan itu semua. Bukan hanya pemerintah yang berperan.

Pada subsektor seni pertunjukan, Kabupaten Tanah Datar memiliki ragam kesenian yaitu Randai, Saluang, Tari Piring, Talempong, Alu Katentong dan Salawat Dulang, serta Tari Pasambahan, dan Tari Satampang Baniah. 

“Ragam tari daerah dan seni pertunjukan ini dapat menjadi lokomotif pengembangan pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik,” kata Sandiaga.

Komunitas

Terkini

Kemenparekraf sedang menyusun Rencana Aksi Nasional 2022-2026 yang akan menjadi acuan dan pedoman dalam mencapai pembangunan dan target ke depan dalam hal wellness tourism.

Sejarah & Budaya | 15:16 WIB

Nurkadhatyan sendiri merupakan rumah dari tradisi spa ritual Jawa yang otentik.

Sejarah & Budaya | 15:00 WIB

Seminar ini juga turut menghadirkan 7 Direktur Utama BUMN yakni Direktur Utama PT Telkom Indonesia, PT RNI, PT Asuransi Jasindo, PT PLN, PT PTPN 7, PT Bank Mandiri, dan PT PUSRI

News | 13:00 WIB

Pemberdayaan BUMdes tersebut diusulkan Gubernur Arinal terkait dengan program unggulan Pemprov Lampung Kartu Petani Berjaya (KPB)

News | 12:28 WIB

Selama ini jika menyebut Pariwisata targetnya adalah wisatawan asing. Padahal berdasarkan data, 78% wisatawan Industri Pariwisata adalah wisatawan lokal.

News | 12:23 WIB

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kemenag dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan

Pendidikan | 12:05 WIB

Penguatan moderasi beragama adalah salah satu program prioritas Kemenag dan masuk dalam RPJMN Pemerintah Pusat

News | 12:01 WIB

Pembangunan berbasis teknologi menargetkan terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan target di tahun 2024 sebesar 4,4 juta lapangan kerja baru

Pendidikan | 10:03 WIB

Tari Angguk juga dimaknai sebagai ajakan kepada masyarakat untuk selalu berbuat kebaikan dan juga menghindari perilaku yang buruk.

Sejarah & Budaya | 09:59 WIB

Talent Talks ini merupakan bentuk kehadiran Kementerian Ketenagakerjaan untuk talenta muda di Indonesia yang harus terus didukung perkembangannya saat menghadapi Bonus Demografi yang puncaknya pada 2030, serta sebagai upaya mewujudkan Generasi Emas 2045.

News | 08:08 WIB

Dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia, Jawa Timur menyumbangkan empat perwakilan yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowo

Sejarah & Budaya | 08:01 WIB

Social Campaign Challenge dilakukan dalam empat batch yang akan berlangsung hingga bulan September mendatang sebagai salah satu rangkaian kegiatan sebelum keberangkatan peraih IISMA ke Perguruan Tinggi Luar Negeri selama satu semester.

Komunitas | 00:03 WIB

Penghargaan kategori kebijakan sosial diterima Kemendikbudristek melalui program Revitalisasi Bahasa Daerah yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek),

Pendidikan | 00:02 WIB

Forum YCC sangat baik dimanfaatkan para pemuda untuk mengembangkan keterampilan agar dapat adaptif dan responsif terhadap dinamika nasional dan global.

News | 00:01 WIB

Majalah Puspita merupakan majalah yang diterbitkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Lampung Timur. Lewat adanya majalah Puspita para guru yang ada di Lamtim khususnya dapat menuangkan ide dan gagasan sekaligus menuliskan idenya

News | 19:28 WIB
Tampilkan lebih banyak