Menlu RI dan Menlu Persatuan Emirat Arab Bahas Pembangunan IKN

Pertemuan bilateral tersebut membahas berbagai isu bilateral tak terkecuali membahas tindak lanjut hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi pada 1 Juli 2022 lalu.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 07 Juli 2022 | 08:02 WIB
Menlu RI dan Menlu Persatuan Emirat Arab Bahas Pembangunan IKN
suara.com

Metro, Suara.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Persatuan Emirat Arab Shaikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan di Bali, Rabu (6/7/2022).Kedatangan Shaikh Abdullah ke Bali untuk menghadiri G20 Foreign Ministers Meeting tanggal 7-9 Juli 2022.

Berdasarkan keterangan dari laman kemlu.go.id, dalam pembukaan pertemuan, Shaikh Abdullah menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu prioritas negara mitra bagi PEA.

"Menlu PEA (Shaikh Abdullah) juga mencatat berbagai peran penting Indonesia di kawasan dan dunia, termasuk kunjungan terakhir Presiden ke Ukraina dan Rusia," tulis laman kemlu.go id.

Pertemuan bilateral tersebut membahas berbagai isu bilateral tak terkecuali membahas tindak lanjut hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi pada 1 Juli 2022 lalu.

Pertemuan Retno dan Shaikh Abdullah juga membahas kerja sama pembangunan Ibu Kota Baru  dan kerjasama-kerjasama lain, antara lain di bidang kesehatan, penerbangan, dan pengembangan mangrove.

"Selain isu bilateral, kedua Menlu juga membahas berbagai isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, antara lain perkembangan situasi di Ukraina, dan upaya pemulihan rantai pasok pangan," tulis kemlu.

Kedua, Retno juga membahas berbagai isu yang sedang menjadi perhatian Dewan Keamanan PBB, mengingat PEA saat ini menjadi salah satu negara anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

"Menlu RI (Retno) menyampaikan apresiasi atas dukungan PEA terhadap presidensi Indonesia di G20," katanya.

News

Terkini

Dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia, Jawa Timur menyumbangkan empat perwakilan yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowo

Sejarah & Budaya | 08:01 WIB

Social Campaign Challenge dilakukan dalam empat batch yang akan berlangsung hingga bulan September mendatang sebagai salah satu rangkaian kegiatan sebelum keberangkatan peraih IISMA ke Perguruan Tinggi Luar Negeri selama satu semester.

Komunitas | 00:03 WIB

Penghargaan kategori kebijakan sosial diterima Kemendikbudristek melalui program Revitalisasi Bahasa Daerah yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek),

Pendidikan | 00:02 WIB

Pemulangan petugas Daker Makkah dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama tiba 6 Agustus 2022 dengan 237 petugas. Gelombang kedua, mendarat 7 Agustus 2022 dengan 271 petugas

News | 18:06 WIB

Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang telah tiba di tanah air sebanyak 74.380 orang

News | 18:02 WIB

GFNY adalah seri maraton olahraga sepeda berskala internasional yang diadakan di 19 negara dengan total 30 ribu peserta per tahun

Komunitas | 17:00 WIB

Pelaksanaan famtrip untuk menggarap pasar India kali ini merupakan bentuk kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai mitra termasuk mitra co-branding Wonderful Indonesia, antara lain AirAsia, Desa Potato Head, Plataran Borobudur, Caspla Cruise, Secret Garden, dan Finns.

News | 17:00 WIB

Jamu sebagai ramuan tradisional yang hadir secara turun-temurun telah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai ramuan untuk kesehatan. Istilah jamu sendiri berasal dari bahasa Jawa kuno yakni jampi yang berarti mantra atau doa dan oesodo yang berarti kesehatan.

Sejarah & Budaya | 16:01 WIB

Sua perwakilan kurator event dari Kemenparekraf berhasil mempekerjakan hampir 5.000 pelaku ekonomi kreatif dalam acara pembukaan dan penutupan Asean Para Games

News | 14:59 WIB

Kemendikbudristek juga berharap dapat melakukan penyesuaian (onboarding) para pelaku UMKM dalam katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP).

Pendidikan | 14:35 WIB

Dengan menjadi enterpreneur, santri bisa menjadi pembuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Pendidikan | 14:30 WIB

Saat ini di mana pandemi mengubah tren pariwisata yang lebih personalize, customize, localize and smaller in size.

Komunitas | 14:25 WIB

Wellness Village merefleksikan kekayaan produk wellness Indonesia yang sangat berpotensi dalam peningkatan well-being serta pemulihan ekonomi pascapandemi.

Komunitas | 10:27 WIB

Para delegasi akan diajak untuk bertemu dengan para seniman lokal, healthy food artisan, hingga melakukan beragam aktivitas menarik seperti bersepeda mengitari desa, mengunjungi museum, melakukan spa, aromatic wellness retreat, meditasi, membuat jamu, dan lainnya.

Sejarah & Budaya | 10:08 WIB

International Olympiad in Informatics (IOI) merupakan ajang kompetisi internasional paling bergengsi di bidang informatika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pendidikan | 08:21 WIB
Tampilkan lebih banyak