Generasi Muda Unggul yang Bahagia Adalah Kunci Sukses Kemajuan Bangsa

Peringatan HAN 2022 merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 07 Juli 2022 | 08:00 WIB
Generasi Muda Unggul yang Bahagia Adalah Kunci Sukses Kemajuan Bangsa
Kemendikbudristek

Metro, Suara.com- Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 menjadi salah satu agenda dalam acara Festival Generasi Pancasila. Generasi penerus yang sehat, cerdas, ceria merupakan modal bagi pembangunan SDM unggul. Untuk itu, anak-anak yang kompeten dan bahagia wajib dimiliki suatu bangsa dan harus terus diupayakan oleh negara.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan enam profil Pelajar Pancasila merupakan bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan, sesuai dengan minat dan potensi adik-adik.

“Sesuai dengan semangat Merdeka Belajar, sekarang tidak ada batasan lagi untuk bermimpi. Tapi adik-adik juga harus terus semangat untuk belajar dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Mendikbudristek dalam sambutannya pada acara Festival Generasi Pancasila secara daring, pada Selasa (5/7).
 
Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti mengatakan bahwa belajar itu harus memerdekakan manusia.

“Memerdekakan yang dimaksud adalah belajar dengan raga yang bebas dan jiwa yang bahagia. Artinya, ketika adik-adik belajar seharusnya merasa bahagia, nyaman, aman, dan antusias,” jelasnya.

Baca Juga:Atlaz Tawarkan Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Paling Efektif

Suharti mengingatkan generasi muda untuk rajin memotivasi diri dengan hal-hal yang baik. Kemudian, gali bakat dan minat masing-masing. “Di masa depan, adik-adik juga harus bisa bekerja dalam kelompok, berinteraksi dengan banyak orang dengan latar belakang yang beragam.

Pada kesempatan ini, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemendikbudristek Franka Makarim merasa sangat senang melihat anak-anak Indonesia pada Hari Anak Indonesia memimiliki semangat yang luar biasa.

“Semoga semangat ini akan terus terjaga sehingga adik-adik terus berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selalu ingat bahwa tidak ada mimpi yang tidak mungkin selama kita menjadi Pelajar Pancasila,” ujar Franka Makarim.

Melalui Hari Anak Nasional di tahun ini, psikolog anak dan keluarga, Ayoe Sutomo berharap agar setiap anak-anak dapat memiliki kesempatan yang luas dalam menunjukkan kepedulian antar sesama, dan agar tetap dapat merasakan kegembiraan di rumah.

“Lewat pesan tersebut, diharapkan agar orang tua selalu melindungi anak dan selalu mengajarkan anak tentang kepedulian terhadap sesama,”tuturnya.

Baca Juga:Chusnunia : Desa Wisata Berikan Efek Domino Bagi Masyarakat

Puncak acara Festival Generasi Pancasila yang merupakan bagian dari peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, dimeriahkan dengan lantunan lagu oleh pelajar berbakat dari PKBM Tunas Harapan Salatiga sebagai Juara I Kreasi Lagu Pelajar Pancasila, Shelomita Gasya Amory serta dipandu oleh Nala Kania bersama ayahnya, Indra Brasco sebagai perwujudan dari pencapaian tujuan khusus peringatan HAN yaitu meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan positif.

Peringatan HAN 2022 merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Pendidikan

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Komunitas | 18:19 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Komunitas | 16:17 WIB

Pemerintah hadir dalam memberikan pelindungan ketenagakerjaan kepada atlet baik itu seperti pelindungan Jaminan Sosial, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maupun pelindungan pengupahannya.

Komunitas | 15:51 WIB

Pemenuhan hak-hak lansia menjadi tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam panti milik Pemprov Lampung.

Komunitas | 15:00 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN)

Komunitas | 12:01 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak