Menteri BUMN Sampaikan Komitmen Dukung Program MBKM

Berbagai program turunan dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) diluncurkan Kemendikbudristek guna membekali mahasiswa menghadapi tantangan yang begitu dinamis di masa depan.

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 06 Juli 2022 | 00:01 WIB
Menteri BUMN Sampaikan Komitmen Dukung Program MBKM
suara.com

Metro, Suara.com-Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, menyatakan komitmen Kementerian BUMN untuk mendukung berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM)

“Kementerian BUMN berkomitmen untuk mendukung program MBKM, salah satunya dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Kami berharap program ini bisa menjadi link and match antara dunia pendidikan dan lapangan pekerjaan,” ucapnya. Hal ini disampaikan Menteri BUMN pada Road to Festival Kampus Merdeka yang ditayangkan di kanal Youtube Kemendikbud RI, Senin (4/7).

Guna menyambut Festival Kampus Merdeka (FKM) pada Agustus mendatang, program MSIB juga diharapkan dapat memberikan pengalaman dan bekal yang baik bagi mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi diri sebagai sumber daya manusia unggul di masa depan demi mewujudkan Indonesia maju, makmur, dan mendunia.

Erick menyampaikan, Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam saja. Pola pikir SDM Indonesia juga harus dibangun dengan konsep knowledge-based economic melalui pengembangan sumber daya manusia. Menurut Menteri Erick, Kemendikbudristek memiliki tanggung jawab untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Namun, upaya ini memerlukan partisipasi dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kementerian BUMN.

Baca Juga:Buka Tabungan BNI Kini Tak Perlu Ke Bank, Cukup Ke RIS Metro

“Indonesia harus meningkatkan keunggulan dan daya saing sumber daya manusia, dan hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama-sama,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengimbau agar para alumni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi contoh sukses dan garda terdepan yang menjaga keberlanjutan program MBKM.

Menurut Nadiem, para mahasiswa yang telah merasakan sendiri manfaat dari program ini dapat mendorong kampusnya untuk menciptakan program yang serupa atau program orisinil lainnya di dalam kampusn. Selain itu, para alumni juga harus mendorong mahasiswa lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti berbagai program MBKM.

Lebih lanjut tentang program MSIB, CEO Zurich Syariah, Hilman Simanjuntak menyampaikan bahwa mahasiswa yang pernah mengikuti program magang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan lulusan yang belum pernah mengikuti program. Melalui program magang, mahasiswa mendapatkan sarana untuk melakukan pengecekan kondisi di lapangan (reality check), dan mengetahui bagaimana teori yang mereka pelajari di kampus dapat diterapkan dalam kegiatan perusahaan sehari-hari.

“Mahasiswa juga bisa memiliki daya (sense) yang semakin baik akan dunia pekerjaan sehingga pada saat mereka nantinya akan mulai memasuki dunia pekerjaan bisa beradaptasi dengan sangat cepat. Selain itu, mahasiswa yang telah mengikuti program magang akan merasa lebih yakin dalam memilih perusahaan yang cocok dengan minat dan budaya mereka. Selain itu, karena pengalaman yang mereka memiliki, kemungkinannya lebih besar bagi mereka untuk diajak bergabung dalam suatu perusahaan,” jelas Hilman.

Baca Juga:Ikuti Rakor Gernas BBI, Pemprov Lampung Tempati Posisi 10 Penyelenggara Katalog Lokal

“Apabila seorang manajer memiliki kebutuhan untuk anggota tim baru dan memiliki dua kandidat yang baru lulus dari perguruan tinggi (fresh graduate), dia akan memilih kandidat yang sudah pernah mengikuti program magang,” kata Hilman.

Kemendikbudristek saat ini tengah membuka pendaftaran untuk program MSIB angkatan 3 bagi 40 ribu peserta yang akan ditempatkan di ratusan mitra yang telah lolos proses seleksi. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana minimal semester lima serta mahasiswa vokasi yang minimal berada di semester 3 untuk program D2, semester empat untuk program D3, dan semester lima untuk program D4.

Menyambut angkatan ketiga ini, MSIB akan menggelar MSIB Fair, pameran yang mempertemukan mahasiswa dengan mitra-mitra MSIB. Pameran ini akan digelar pada 5 - 6 Juli 2022 di gedung Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pendidikan

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Komunitas | 18:19 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Komunitas | 16:17 WIB

Pemerintah hadir dalam memberikan pelindungan ketenagakerjaan kepada atlet baik itu seperti pelindungan Jaminan Sosial, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maupun pelindungan pengupahannya.

Komunitas | 15:51 WIB

Pemenuhan hak-hak lansia menjadi tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam panti milik Pemprov Lampung.

Komunitas | 15:00 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN)

Komunitas | 12:01 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak