Menteri BUMN Sampaikan Komitmen Dukung Program MBKM

Berbagai program turunan dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) diluncurkan Kemendikbudristek guna membekali mahasiswa menghadapi tantangan yang begitu dinamis di masa depan.

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 06 Juli 2022 | 00:01 WIB
Menteri BUMN Sampaikan Komitmen Dukung Program MBKM
suara.com

Metro, Suara.com-Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, menyatakan komitmen Kementerian BUMN untuk mendukung berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM)

“Kementerian BUMN berkomitmen untuk mendukung program MBKM, salah satunya dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Kami berharap program ini bisa menjadi link and match antara dunia pendidikan dan lapangan pekerjaan,” ucapnya. Hal ini disampaikan Menteri BUMN pada Road to Festival Kampus Merdeka yang ditayangkan di kanal Youtube Kemendikbud RI, Senin (4/7).

Guna menyambut Festival Kampus Merdeka (FKM) pada Agustus mendatang, program MSIB juga diharapkan dapat memberikan pengalaman dan bekal yang baik bagi mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi diri sebagai sumber daya manusia unggul di masa depan demi mewujudkan Indonesia maju, makmur, dan mendunia.

Erick menyampaikan, Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam saja. Pola pikir SDM Indonesia juga harus dibangun dengan konsep knowledge-based economic melalui pengembangan sumber daya manusia. Menurut Menteri Erick, Kemendikbudristek memiliki tanggung jawab untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Namun, upaya ini memerlukan partisipasi dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kementerian BUMN.

“Indonesia harus meningkatkan keunggulan dan daya saing sumber daya manusia, dan hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama-sama,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengimbau agar para alumni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi contoh sukses dan garda terdepan yang menjaga keberlanjutan program MBKM.

Menurut Nadiem, para mahasiswa yang telah merasakan sendiri manfaat dari program ini dapat mendorong kampusnya untuk menciptakan program yang serupa atau program orisinil lainnya di dalam kampusn. Selain itu, para alumni juga harus mendorong mahasiswa lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti berbagai program MBKM.

Lebih lanjut tentang program MSIB, CEO Zurich Syariah, Hilman Simanjuntak menyampaikan bahwa mahasiswa yang pernah mengikuti program magang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan lulusan yang belum pernah mengikuti program. Melalui program magang, mahasiswa mendapatkan sarana untuk melakukan pengecekan kondisi di lapangan (reality check), dan mengetahui bagaimana teori yang mereka pelajari di kampus dapat diterapkan dalam kegiatan perusahaan sehari-hari.

“Mahasiswa juga bisa memiliki daya (sense) yang semakin baik akan dunia pekerjaan sehingga pada saat mereka nantinya akan mulai memasuki dunia pekerjaan bisa beradaptasi dengan sangat cepat. Selain itu, mahasiswa yang telah mengikuti program magang akan merasa lebih yakin dalam memilih perusahaan yang cocok dengan minat dan budaya mereka. Selain itu, karena pengalaman yang mereka memiliki, kemungkinannya lebih besar bagi mereka untuk diajak bergabung dalam suatu perusahaan,” jelas Hilman.

“Apabila seorang manajer memiliki kebutuhan untuk anggota tim baru dan memiliki dua kandidat yang baru lulus dari perguruan tinggi (fresh graduate), dia akan memilih kandidat yang sudah pernah mengikuti program magang,” kata Hilman.

Kemendikbudristek saat ini tengah membuka pendaftaran untuk program MSIB angkatan 3 bagi 40 ribu peserta yang akan ditempatkan di ratusan mitra yang telah lolos proses seleksi. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana minimal semester lima serta mahasiswa vokasi yang minimal berada di semester 3 untuk program D2, semester empat untuk program D3, dan semester lima untuk program D4.

Menyambut angkatan ketiga ini, MSIB akan menggelar MSIB Fair, pameran yang mempertemukan mahasiswa dengan mitra-mitra MSIB. Pameran ini akan digelar pada 5 - 6 Juli 2022 di gedung Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pendidikan

Terkini

Talent Talks ini merupakan bentuk kehadiran Kementerian Ketenagakerjaan untuk talenta muda di Indonesia yang harus terus didukung perkembangannya saat menghadapi Bonus Demografi yang puncaknya pada 2030, serta sebagai upaya mewujudkan Generasi Emas 2045.

News | 08:08 WIB

Dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia, Jawa Timur menyumbangkan empat perwakilan yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowo

Sejarah & Budaya | 08:01 WIB

Social Campaign Challenge dilakukan dalam empat batch yang akan berlangsung hingga bulan September mendatang sebagai salah satu rangkaian kegiatan sebelum keberangkatan peraih IISMA ke Perguruan Tinggi Luar Negeri selama satu semester.

Komunitas | 00:03 WIB

Forum YCC sangat baik dimanfaatkan para pemuda untuk mengembangkan keterampilan agar dapat adaptif dan responsif terhadap dinamika nasional dan global.

News | 00:01 WIB

Majalah Puspita merupakan majalah yang diterbitkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Lampung Timur. Lewat adanya majalah Puspita para guru yang ada di Lamtim khususnya dapat menuangkan ide dan gagasan sekaligus menuliskan idenya

News | 19:28 WIB

UMKM menjadi salah satu indikator penting dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya terhadap sektor esensial.

News | 19:11 WIB

Pengelolaan sampah yang kolaboratif dan partisipatif mampu mendorong ekonomi sirkular di Masyarakat.

News | 18:58 WIB

Pemulangan petugas Daker Makkah dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama tiba 6 Agustus 2022 dengan 237 petugas. Gelombang kedua, mendarat 7 Agustus 2022 dengan 271 petugas

News | 18:06 WIB

Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang telah tiba di tanah air sebanyak 74.380 orang

News | 18:02 WIB

GFNY adalah seri maraton olahraga sepeda berskala internasional yang diadakan di 19 negara dengan total 30 ribu peserta per tahun

Komunitas | 17:00 WIB

Pelaksanaan famtrip untuk menggarap pasar India kali ini merupakan bentuk kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai mitra termasuk mitra co-branding Wonderful Indonesia, antara lain AirAsia, Desa Potato Head, Plataran Borobudur, Caspla Cruise, Secret Garden, dan Finns.

News | 17:00 WIB

Jamu sebagai ramuan tradisional yang hadir secara turun-temurun telah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai ramuan untuk kesehatan. Istilah jamu sendiri berasal dari bahasa Jawa kuno yakni jampi yang berarti mantra atau doa dan oesodo yang berarti kesehatan.

Sejarah & Budaya | 16:01 WIB

Sua perwakilan kurator event dari Kemenparekraf berhasil mempekerjakan hampir 5.000 pelaku ekonomi kreatif dalam acara pembukaan dan penutupan Asean Para Games

News | 14:59 WIB

Saat ini di mana pandemi mengubah tren pariwisata yang lebih personalize, customize, localize and smaller in size.

Komunitas | 14:25 WIB

Wellness Village merefleksikan kekayaan produk wellness Indonesia yang sangat berpotensi dalam peningkatan well-being serta pemulihan ekonomi pascapandemi.

Komunitas | 10:27 WIB
Tampilkan lebih banyak