Lewat Buku, Fizul Bangun Diskursus Pengelolaan Sampah dan Ekonomi Sirkular di Metro

Transisi kepada circular economy merupakan salah satu upaya untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya mementingkan aspek Profit (ekonomi) semata tetapi juga mementingkan aspek People (sosial) dan Planet (lingkungan) secara simultan

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 06 Juli 2022 | 17:07 WIB
Lewat Buku, Fizul Bangun Diskursus Pengelolaan Sampah dan Ekonomi Sirkular di Metro
Pensil Bersejarah

Metro, Suara.com- Masalah pengelolaan sampah perkotaan adalah salah satu topik yang terus dibincangkan berbagai kalangan. Hal itulah yang mendorong Fizul Surya Pribadi menerjemahkan tesisnya yang terkait dengan pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular di Kota Metro dan 

Lulusan S2 dari Universitas Twente Belanda tersebut menggandeng penerbit lokal Pensil Bersejarah untuk memperluas diskursus terkait pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular.

"Transisi kepada circular economy merupakan salah satu upaya untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya mementingkan aspek Profit (ekonomi) semata tetapi juga mementingkan aspek People (sosial) dan Planet (lingkungan) secara simultan dimana yang ditekankan adalah prinsip untuk kembali kepada cara allam bekerja yaitu ketiadaan sampah,"jelas Fizul.

Menurutnya pengelolaan sampah di Kota Metro lewat integrasi circular economy mendorong untuk melakukan pendekatan-pendekatan baru sebagai upaya tambahan dari upaya yang selama ini sudah dilakukan. Upaya yang mengedepankan prinsip win-win solution untuk stakeholder pengelolaan sampah di Kota Metro.

Baca Juga:Kemnaker Dorong Perusahaan Terapkan Hubungan Industrial Pancasila untuk Pertumbuhan Ekonomi

"Untuk itu diperlukan kolaborasi yang sifatnya tidak konvensional terkait pengelolaan sampah di Kota Metro baik dengan melibatkan komunitas, swasta hingga sektor pebankan,"ujarnya.

Sebelumnya pada 7 Jui 2022 Pemerintah Kota Metro melakukan penandatanganan komitmen di Bumi Perkemahan Sumbersari Bantul, Metro Selatan sebagai bagian dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia serta perayaan HUT Kota Metro ke-85.

Terpisah, Adi Setyawan dari Pensil Bersejarah mengatakan buku karya Fizul tersebut akan didiskusikan pada Jum'at 8 Juli 2022 mendatang mulai Pukul 15.00.

"Buku ini merupakan bagian dari program kami 1 bulan 1 buku baru, sebelumnya pada Juni kami menerbitkan buku 85 Tahun Kota Metro bersama puluhan penulis Metro,"ungkapnya.

Adi menambahkan bahwa diskusi buku ini akan menghadirkan tiga narasumber yakni Fizul selaku penulis buku, Wayan Nata dari BNI dan Yerri Noer Kartiko dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro.

Baca Juga:Lewat KaTa Kreatif Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Bukittinggi Sumbar Perkuat Digitalisasi

"Peserta diskusi juga akan mendapatkan soft drink yang disediakan oleh Coca Cola,"tambahnya.

Sementara itu Yayan dari Coca Cola mengatakan pihaknya bersama  Pemerintah Kota Metro telah melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Pilot Project Bank Sampah.

"Bank Sampah tersebut merupakan bagian dari strategi untuk mengurangi beban sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan mengurangi risiko gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim, meningkatnya sumber emisi metana, serta pencemaran air dan tanah," pungkasnya.

News

Terkini

Sepanjang periode pendaftaran, program ini telah menerima lebih dari 100 pendaftaran melalui platform UpLink

Komunitas | 08:00 WIB

Pada kegiatan Parade Nusantara ini para anggota DWP akan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah

Komunitas | 08:00 WIB

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi nasional di kuartal II tahun 2022 tumbuh positif 5,4 persen. Jumlah tersebut salah satunya ditopang dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komunitas | 00:03 WIB

Inti dari film ini adalah bagaimana seorang hakim bertugas dan bagaimana ia menjaga integritasnya sebagai hakim.

Sejarah & Budaya | 00:03 WIB

Angka partisipasi mencapai 96% hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme siswa madrasah mengikuti kompetisi.

Pendidikan | 00:01 WIB

KitKat Brekreasi Design Challenge 2022 merupakan hasil kemitraan Kemenparekraf dengan Nestle Indonesia untuk mempromosikan lima destinasi super prioritas Indonesia beserta Bali melalui kemasan makanan yang unik dan menarik.

Komunitas | 20:36 WIB

Generasi muda memiliki peran besar dalam mendorong praktik gaya hidup yang berkelanjutan.

Sejarah & Budaya | 15:20 WIB

Johnny menyatakan dengan ketersediaan infrastruktur digital memungkinkan pelaku UMKM memanfaatkan platform digital di marketplace.

Komunitas | 15:09 WIB

Pertunjukan budaya dalam sajian tari kolosal yang dipadukan dengan rangkaian video mapping tentang perkembangan teknologi dari masa prasejarah sampai hari ini dikemas dengan apik.

Sejarah & Budaya | 13:50 WIB

Penyerahan estafet penyelenggaran IOI ditandai dengan memberikan bendera IOI dari pemerintah Indonesia yang diwakili Menko PMK kepada perwakilan pemerintah Hungaria yang diwakili oleh Duta Besar Hungaria, Lilla Karsay.

Pendidikan | 13:46 WIB

Pada perhelatan kali ini total medali yang diperebutkan sebanyak 30 medali emas, 59 medali perak, dan 91 medali perunggu.

Komunitas | 13:41 WIB

Pameran sejarah ini semakin menguatkan branding Sarinah sebagai etalase tak hanya produk UMKM lokal tapi juga sejarah Indonesia

Sejarah & Budaya | 13:07 WIB

Ajang Marathon ini diharapkan dapat mengangkat dan mempromosikan kekayaan budayanya di tingkat internasional sehingga bisa meningkatkan pariwisata di Yogyakarta

Komunitas | 12:18 WIB

Festival ini adalah bagian untuk menjadikan budaya sebagai kekayaan lokal serta kekuatan warga dalam membangun desa, dan membangun Kampar yang lebih baik.

Sejarah & Budaya | 12:07 WIB

Kementerian BUMN bersama BUMN berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan terus mengimplementasi berbagai program

Komunitas | 12:02 WIB
Tampilkan lebih banyak