Lewat KaTa Kreatif Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Bukittinggi Sumbar Perkuat Digitalisasi

Lewat digitalisasi, para pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan omzet penjualan produk-produknya dan juga memperluas pasar

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 06 Juli 2022 | 16:42 WIB
Lewat KaTa Kreatif Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Bukittinggi Sumbar Perkuat Digitalisasi
Kemenparekraf

Metro, Suara.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Bukittinggi, Sumatera Barat untuk memperkuat kemampuan promosi dan pemasaran secara digital lewat program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam Workshop KaTa Kreatif di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Selasa (5/7/2022).Sandiaga mengatakan pada dasarnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bukittinggi sudah terbangun dengan sangat kuat. Hanya saja pascapandemi COVID-19 harus ada suatu terobosan agar semakin memperkuat ekosistem ekonomi kreatif yang telah ada melalui digitalisasi.

"Pembangunan ekonomi kreatif kita tidak bisa dibiarkan seperti sebelum pandemi. Harus ada inovasi dan adaptasi baru dengan digitalisasi," kata Sandiaga.

Menurutnya, melalui digitalisasi, para pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan omzet penjualan produk-produknya dan juga memperluas pasar. Sehingga, workshop ini diharapkan mampu memberikan pelatihan promosi dan pemasaran secara digital kepada pelaku UMKM subsektor kriya, fesyen, dan kuliner di Bukittinggi yang nantinya diharapkan dapat memicu kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca Juga:PPATK Blokir 60 Rekening Milik ACT

"Melalui workshop ini, pelaku ekonomi kreatif di Bukittinggi bisa belajar membuat konten dan membuat produk mereka agar tampil lebih menarik di media sosial," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menambahkan melalui digitalisasi ini diharapkan pasar dari produk-produk ekonomi kreatif asal Bukittinggi dapat semakin meluas.

"Kami yakini ini mampu memperluas jaringan market dari produk-produk yang diproduksi di Bukittinggi," kata Erman.

Pendidikan

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Komunitas | 18:19 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Komunitas | 16:17 WIB

Pemerintah hadir dalam memberikan pelindungan ketenagakerjaan kepada atlet baik itu seperti pelindungan Jaminan Sosial, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maupun pelindungan pengupahannya.

Komunitas | 15:51 WIB

Pemenuhan hak-hak lansia menjadi tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam panti milik Pemprov Lampung.

Komunitas | 15:00 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN)

Komunitas | 12:01 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak