Kemenkumham Harapkan Presiden Jokowi Setujui Perpres Strategi Nasional Bisnis dan HAM

Di tengah majunya perkembangan teknologi, aktivitas bisnis sering mengesampingkan aspek HAM

Oki Hajiansyah Wahab
Selasa, 05 Juli 2022 | 20:54 WIB
Kemenkumham Harapkan Presiden Jokowi Setujui Perpres Strategi Nasional Bisnis dan HAM
suara.com

Metro, Suara.com - Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi berharap Presiden Joko Widodo segera menyetujui peraturan presiden tentang strategi nasional bisnis dan HAM sebagai acuan aktivitas bisnis.

Setelah terbit perpres itu, kata dia, akan ada kerja sama antara Kementerian Hukum dan HAM serta NGO untuk mengimplementasikan nilai-nilai bisnis dan HAM terhadap para pelaku bisnis.

Mualimin menyatakan di tengah majunya perkembangan teknologi, aktivitas bisnis sering mengesampingkan aspek HAM. Ia menyontohkan pelaku bisnis mempekerjakan orang dari pagi hingga malam tanpa memperhatikan hak dari para pekerja. Mualimin mengatakan masalah seperti itu harus menjadi perhatian.

"Agar apa yang jadi hak pekerja diperhatikan, karena kita tahu aktivitas bisnis pada umumnya adalah cuan. Maka mana kala berpikir cuan, maka sering kali melupakan aspek-aspek bisnis ham di dalam aktivitas bisnis itu sendiri," dia menambahkan.

Baca Juga:ACWG Usulkan G20 Dorong Peningkatan Peran Audit Pemberantasan Korupsi

Mualimin mengharapkan Presiden Joko Widodo segera menyetujui perpres sehingga menjadi pegangan semua dalam menjalankan aktivitas bisnis.

"Apabila dalam waktu dekat perpres stranas bisnis dan ham disetujui, maka ini jadi pegangan kita semua baik oleh pemerintah baik oleh kawan-kawan NGO, baik pelaku usaha. Agar tentunya sekali lagi di dalam aktivitas bisnisnya, menerapkan nilai-nilai HAM," katanya.

News

Terkini

Program ini juga memberi kesempatan kepada para talenta muda penuh potensi dari Indonesia untuk membangun jejaring dengan talenta-talenta digital potensial dari negara lain yang pastinya memiliki budaya dan latar belakang yang berbeda

Pendidikan | 00:04 WIB

Sandiaga berharap platform WonderVerse Indonesia jadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depan.

Sejarah & Budaya | 00:02 WIB

Kegiatan bertema 'Share Your Street Style with Local Brands' ini bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi khususnya sektor ekonomi kreatif dengan memaksimalkan penggunaan produk kreatif buatan lokal.

Komunitas | 00:02 WIB

Selain BBM Siger Group, ikut menerima penghargaan yakni SMPN I Bangur Rejo, SMPN I Sendang Agung, SMPN I Kota Gajah, dan Perkumpulan Poktan Gapsera Sejahtera Mandiri.

Komunitas | 21:14 WIB

Septemberboard adalah even tahunan komunitas skateboard se Lampung yang digelar oleh Metro Skatebaording.

Komunitas | 20:25 WIB

Upacara Bendera HUT RI di wilayah perbatasan ini, sebagai penanda jika nikmat kemerdekaan ini harus disyukuri oleh rakyat Indonesia di seluruh pelosok tanah air. Termasuk di desa-desa di wilayah perbatasan

Sejarah & Budaya | 17:32 WIB

Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar

Pendidikan | 17:24 WIB

Penerapan Kurikulum Merdeka pada madrasah masih berupa piloting dan belum semua menerapkan kurikulum, target tahun depan akan diimplementasikan di seluruh madrasah

Pendidikan | 13:48 WIB

Lomba-lomba seperti ini dapat memupuk semangat nasionalisme dan rasa sportifitas anak dalam persaingan sehingga dapat bermanfaat untuk perkembangan anak yang mengikuti lomba

Komunitas | 13:42 WIB

Berbudaya adalah salah satu visi Kota Metro dan lewat kegiatan di cagar budaya ini diharapkan akan memicu even-even budaya lainnya,sebelumnya even serupa digelar bersama anak-anak muda di Taman Merdeka

Sejarah & Budaya | 11:03 WIB

Biden mengatakan visi yang mirip di antara kedua negara, yaitu Bhinneka Tunggal Ika dan E Pluribus Unum

News | 08:01 WIB

Penyelenggara Acara Pasar Kopi, mengusung tema Indonesian Coffee Market; Coffee Revolution.

News | 08:00 WIB

Perjanjian dengan Kanada ini termasuk perundingan perjanjian dagang bilateral komprehensif yang dilakukan Indonesia dengan negara mitra selain dengan Uni Eropa.

News | 00:05 WIB

pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk dapat memaknai HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan dari berbagai kemajuan teknologi.

Komunitas | 00:02 WIB

Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn terus kita dorong untuk membantu pemberdayaan UMKM

News | 00:01 WIB
Tampilkan lebih banyak