UPSK Dinsos Lampung Terus Upayakan Pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan alat bantu untuk penyandang disabilitas, penandatanganan MoU Dinas Sosial Provinsi Lampung dengan UIN Raden Intan

Oki Hajiansyah Wahab
Selasa, 05 Juli 2022 | 18:21 WIB
UPSK Dinsos Lampung Terus Upayakan Pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas
Diskomifotik Lampung

Metro, Suara.com-Dinas Sosial Provinsi Lampung terus berupaya memberikan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Tahun 2022, yang digelar di Desa Branti Raya, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, 28-30 Juni 2022.

Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) adalah salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang cacat atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan alat bantu untuk penyandang disabilitas, penandatanganan MoU Dinas Sosial Provinsi Lampung dengan UIN Raden Intan, serta dihadirkannya potensi keterampilan, usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh Penyandang Disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi, pada kesempatan itu menyampaikan, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka pemenuhan hak-hak disabilitas yang tertuang dalam tugas pokok dan fungsi Dinas sosial Provinsi Lampung yakni dalam bentuk Standar Pelayanan Minimal.

Baca Juga:Migrant Care Usulkan TPPO Masuk Kurikulum Sekolah

"Marilah kita semua untuk terus bersama-sama menguatkan tekad, optimis, bersinergi dalam memberi penghormatan, pelayanan dan pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas guna mewujudkan Visi Rakyat Lampung Berjaya," ujar kadis saat menutup pelaksanaan kegiatan UPSK Tahun 2022.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung Ratna Fitriani menjelaskan, tim UPSK terdiri dari : Dokter, Perawat, Pekerja Sosial, Psikolog, Konsultan Disabilitas.

Kader Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Berbasis Masyrakat (RSPD BM) yang terdiri atas unsur-unsur : Kecamatan, Desa, PKK Desa, Karang Taruna, TKSK, PSM dan Lembaga Kesejahteraan Sosial. Pelayanan yang dilaksanakan dititik lokasi penyelenggaraan UPSK (Balai Desa Branti Raya) sebanyak 100 orang Penyandang Disabilitas (PD).

Pelayanan yang dilaksanakan melalui penjangkauan langsung (home visit) berhasil terjangkau sebanyak 30 orang Penyandang Disabilitas.

Baca Juga:Insentif bagi Rumah Produksi untuk Syuting di Destinasi Tanah Air Dikaji Kemenparekraf

Komunitas

Terkini

Kuota beasiswa kuliah Al-Azhar sangat terbatas. Karenanya, Kemenag juga memberikan kesempatan kepada lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar melalui jalur non beasiswa.

Pendidikan | 00:05 WIB

Setibanya di desa, wisatawan disuguhi panorama alam perbukitan yang indah serta beningnya air yang mengalir di sekitar persawahan.

Sejarah & Budaya | 00:01 WIB

Sebelumnya sayap organisasi PKB dan Gerindra sudah melakukan 'Pacaran' dan Gowes Bareng ini adalah kegiatan pertama setelah koalisi PKB dan Gerindra dideklarasikan

News | 23:56 WIB

Festival Adat dan Budaya Nusantara yang pertama kali diadakan ini adalah upaya memperkuat silaturahmi kerajaan dan lembaga adat sekaligus menggali potensi ekonomi serta menunjukkan kepedulian pada ketahanan adat dan budaya nusantara.

Sejarah & Budaya | 23:31 WIB

Sanur Village Festival adalah acara musik tahunan yang sudah dilangsungkan sejak tahun 2006. Tahun ini, Sanur Village Festival berlangsung selama lima hari pada 17 - 21 Agustus 2022.

Sejarah & Budaya | 19:53 WIB

Indonesia Bertutur 2022 yang mengusung tema Mengalami Masa Lalu, Menumbuhkan Masa Depan hadir sebagai wadah untuk menjaga budaya secara berkelanjutan.

Sejarah & Budaya | 19:47 WIB

Lewat penerapan aplikasi Srikandi ini, maka proses administrasi tidak terbatas jarak dan waktu. Artinya, di mana pun dan kapan pun, proses administrasi dapat dilakukan

Pendidikan | 19:42 WIB

Penelitian McKinsey & Company tahun 2019, memperkirakan teknologi otomasi akan menghasilkan 4 hingga 23 juta pekerjaan di tahun 2030

News | 19:28 WIB

Zakat adalah potensi umat Islam yang cukup besar. Potensi tersebut apabila dikelola secara baik dan optimal akan dapat dimanfaatkan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat

News | 19:19 WIB

Sistem penjenjangan LPQ ini bisa mengadopsi dari pendidikan Al-Quran di Mesir dimana pendidikan Al-Quran sudah memiliki jenjang resmi.

Pendidikan | 15:01 WIB

Tahun depan diharapkan kuota Indonesia kembali normal pada kisaran 204 ribu jemaah.

News | 14:03 WIB

Ikhtiar meningkatkan mutu madrasah terus dilakukan secara komprehensif. Selain mutu pembelajaran, peningkatan juga perlu dilakukan pada tata kelola data dan perencanaan.

Pendidikan | 14:00 WIB

Dunia tengah memasuki masa transisi yang didorong oleh revolusi industri 4.0 atau era digitalisasi. Era ini akan berdampak terhadap hilangnya sejumlah pekerjaan lama dan melahirkan sejumlah pekerjaan baru.

News | 12:08 WIB

Acara ini merupakan wujud komitmen Badan Bahasa dalam memberikan layanan kebahasaan dan kesastraan yang makin berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

Pendidikan | 01:01 WIB

PKB antara Manajemen dan SP Bank BTN sebagai bentuk dari perwujudan kesamaan pandang yang menjadi modal bertemunya kepentingan pekerja dengan kepentingan manajemen

News | 00:03 WIB
Tampilkan lebih banyak