AJI Buka Usulan Penerima Penghargaan Jurnalisme Warga 2022

Aliansi Jurnalis Independen memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok/komunitas yang aktif mengembangkan jurnalisme warga.

Oki Hajiansyah Wahab
Senin, 04 Juli 2022 | 10:56 WIB
AJI Buka Usulan Penerima Penghargaan Jurnalisme Warga 2022
AJI

Metro, Suara.com- AJI Indonesia akan menganugerahkan Penghargaan Jurnalisme Warga dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-28 AJI pada 7 Agustus 2022. Penghargaan diberikan pertama kalinya pada tahun ini.

Munculnya banyak media arus utama, seiring perkembangan internet, ternyata belum bisa memenuhi hak masyarakat untuk menyampaikan suara mereka. Terutama masyarakat di daerah pelosok dan yang termarginalkan. Ini terjadi karena sebagian media arus utama juga punya kepentingan bisnis, jangkauan yang terbatas, lebih kota sentris, dan minat yang kurang untuk mengangkat isu-isu di kalangan akar rumput.

Sehingga sering kita lihat dan dengar upaya perlawanan rakyat terhadap korporat yang tidak terekspos secara luas, minimnya fasilitas transportasi, komunikasi bahkan pendidikan dan kesehatan di daerah terpencil, tidak terberitakan.

Kondisi tersebut berbeda dengan pemberitaan tentang Jakarta atau kota-kota besar lain, politik tanah air, dan berita selebritas yang masif menghiasi sebagian besar media arus utama kita. 

Baca Juga:8 Juli, Jumat Gembira di RIS Metro

Menyadari minimnya pemberitaan tentang mereka atau masyarakat akar rumput, individu maupun kelompok masyarakat, akhirnya berupaya untuk membuat berita sendiri tentang kehidupan mereka, persoalan mereka dan perjuangan mereka. Selain itu, ada juga individu lain di luar jurnalis mainstream yang tergerak untuk ikut menyuarakan hal tersebut, melalui cara mereka sendiri.

Publikasi biasanya dilakukan dengan kanal sendiri, baik melalui media sosial, maupun membuat website sendiri yang mandiri. Itulah yang kemudian disebut dengan jurnalisme warga, atau produk jurnalistik yang dibuat sendiri oleh masyarakat atau non media. 

Kehadiran jurnalisme warga ini, tidak saja bisa membantu media mainstream tentang banyak persoalan, tapi juga membuka mata banyak pihak termasuk pemerintah, tentang persoalan-persoalan di masyarakat yang belum tuntas. Bahkan, ada juga liputan jurnalis warga yang “mengalahkan” kedalaman jurnalis dan media mainstream. 

Untuk menghargai dan semakin mengembangkan jurnalisme warga itulah, Aliansi Jurnalis Independen, akan memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok/komunitas yang aktif mengembangkan jurnalisme warga.

Jurnalisme Warga 2022 dengan mengisi formulir: bit.ly/Usul_JurnalismeWarga2022

Baca Juga:Wisata Religi Masjid Al Manshur Wonosobo Terus Dikembangkan

Nama penerima Penghargaan Jurnalisme Warga akan diputuskan oleh Dewan Juri yang terdiri atas Harry Suryadi, Luh De Suriyani dan, Syofiardi Bachyul.

Adapun kriteria penerima sebagai berikut:

Kriteria Umum
1. Kelompok : Kelompok/lembaga yang aktif mengorganisasi dan mendidik warga untuk mengembangkan jurnalisme warga.  
2. Individu : Individu yang aktif sebagai jurnalis warga yang ditunjukkan dengan konsistensinya memproduksi karya jurnalistik minimal selama satu tahun.  

Kriteria Khusus
Kategori Individu
1. Warga Indonesia berusia di atas 18 tahun;
2. Secara reguler memproduksi karya jurnalistik minimal selama satu tahun;
3. Karya yang ditulis mengangkat isu-isu hak asasi manusia;
4. Bukan anggota partai politik, atau individu yang kerjanya dibiayai oleh institusi pemerintah, lembaga pelanggar hak asasi manusia, lembaga yang terkait dengan korupsi, atau kejahatan lingkungan.

Kriteria kelompok/komunitas
1. Komunitas swadaya yang berusia minimal satu tahun yang mengembangkan jurnalisme warga baik radio, online, cetak, televisi, atau podcast.
2. Mengangkat isu hak asasi manusia;
3. Tidak terkait dengan partai politik, atau aktivitasnya dibiayai oleh institusi pemerintah, lembaga pelanggar hak asasi manusia, lembaga yang terkait dengan korupsi, atau kejahatan lingkungan.  

Usulan kandidat penerima Penghargaan Jurnalisme Warga 2022 kami terima hingga paling lambat 20 Juli 2022.

Komunitas

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia.

Pendidikan | 18:22 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan Mereka Belajar Kampus Merdeka.

Pendidikan | 15:46 WIB

Pesona I di Bandung melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya T

Pendidikan | 13:49 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Data per 3 Agustus 2022, EMIS mencatat ada 55.365 santri PKPPS (Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah), 8.470 santri Satuan Pendidikan Muadalah, dan 7.423 santri Pendidikan Diniyah Formal.

Pendidikan | 08:00 WIB

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa International Olympiad in Informatics (IOI) adalah salah satu dari 14 Olimpiade Sains Internasional yang dilaksanakan setiap tahun

Pendidikan | 00:05 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak