Pemprov Lampung Persiapkan UMKM Center

Lewat dibangunnya UMKM Center ini diharapkan akan meningkatkan kuantitas dan kualitas kinerja pengelolaan UMKM sehingga akan tercipta UMKM yang tangguh, mandiri dan berdaya saing

Oki Hajiansyah Wahab
Senin, 04 Juli 2022 | 14:39 WIB
Pemprov Lampung Persiapkan UMKM Center
Diskominfo Lampung

Metro, Suara.com- Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi, Memimpin Rapat Koordinasi terkait UMKM Center Lampung, Jumat (1/07/2022).

Hadir dalam Rapat Tim dari Kementrian BUMN Pusat, Kepala  BPKAD, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Plt. Karo Perekonomian, Sekdis Pariwisata dan Ekraf, Kabid Bappeda, Kabid Dinas Pemuda dan Olahraga.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi menjelaskan bahwa surat Gubernur Lampung Nomor 5181/0424/04/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Dukungan Pembangunan UMKM Center melalui Skema CSR, telah diajukan ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Hal ini dilakukan guna mendorong tumbuhnya pusat hilirisasi dari produk-produk UMKM yang berbasis komoditas unggulan Lampung.

Baca Juga:Pelaku IKM Peserta #Lagawifest 2022 Gelar Silaturahmi

"UMKM Center yang akan menjadi pusat promosi, edukasi dan pemasaran bagi produk-produk UMKM unggulan dari 15 Kab/Kota se-Provinsi Lampung di kota Bandar Lampung,"jelasnya.

Kusnardi tujuan berdirinya UMKM Center ini sendiri untuk mempermudah customer mencari pusat oleh-oleh khas Lampung, pusat informasi dan promosi produk-produk unggulan UMKM yang ada di Provinsi Lampung, membangkitkan usaha produk UMKM sekaligus pemasaran produknya, meningkatkan perekonomian daerah melalui peran UMKM sebagai salah satu pelaku ekonomi masyarakat, untuk meningkatkan pendapatan usaha UMKM, tersentralisasinya pemasaran produk UMKM se Provinsi Lampung, adanya persaingan produk secara kompetitif dan peningkatan daya saing bagi pelaku UMKM.

Manfaat  UMKM Center adalah, agar produk UMKM dapat dikenal masyarakat luas baik domestik, regional dan internasional, UMKM Center akan memfasilitasi sebanyak lebih kurang 60 UMKM yang akan dikurasi dan memenuhi standar yang dibagi dalam beberapa kluster sesuai dengan jenis produk UMKM dari 15 Kabupaten/Kota se Provinsi.

Lewat dibangunnya UMKM Center ini diharapkan akan meningkatkan kuantitas dan kualitas kinerja pengelolaan UMKM sehingga akan tercipta UMKM yang tangguh, mandiri dan berdaya saing serta dapat meningkatkan kualitas produk UMKM yang dibutuhkan oleh pasar dan akan dapat memberikan kontribusi lebih optimal terhadap penyerapan tenaga kerja, serta kontribusi terhadap peningkatan perekonomian Lampung.

Lokasi pembangunan UMKM Center direncanakan di bangun di tanah milik pemerintah provinsi lampung di lingkungan Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim. Kota Bandar Lampung yang sangat strategis bersebelahan dengan Jalan Soekarno Hatta dan terkoneksi dengan Pintu Tol Kota Baru. Waktu pelaksanaan pembangunan UMKM Center direncanakan selama delapan bulan pada Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga:250 PMI Sektor Perkebunan Dilepas Kemnaker ke United Kingdom

Usai menggelar rapat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi dan Tim dari Kementrian BUMN Pusat melakukan peninjauan langsung ke lokasi rencana dibangunnya UMKM Center di PKOR Way Halim Bandar Lampung. 

News

Terkini

Pantun telah dikenal lebih dari 500 tahun yang lalu sebagai tradisi lisan masyarakat Melayu di wilayah kepulauan di Asia Tenggara.

Sejarah & Budaya | 12:03 WIB

Angklung merupakan warisan budaya milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2010

Pendidikan | 12:01 WIB

Kelembagaan koperasi dibutuhkan nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan menjamin kepastian akses terhadap pembiayaan, pemasaran, dan nilai tambah produk.

Komunitas | 10:13 WIB

Meccaya Group mendukung upaya untuk menjaga perdamaian dan kesejahteraan dunia, serta mengangkat kekayaan budaya Kabupaten Magelang ke panggung nasional maupun internasional.

Sejarah & Budaya | 10:05 WIB

Pertumbuhan game di tahun 2020 sebesar 4,47 persen, tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio. Sumbangan industri game terhadap devisa negara sebesar Rp24,88 triliun.

Komunitas | 10:00 WIB

Sepanjang periode pendaftaran, program ini telah menerima lebih dari 100 pendaftaran melalui platform UpLink

Komunitas | 08:00 WIB

Pada kegiatan Parade Nusantara ini para anggota DWP akan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah

Komunitas | 08:00 WIB

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi nasional di kuartal II tahun 2022 tumbuh positif 5,4 persen. Jumlah tersebut salah satunya ditopang dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komunitas | 00:03 WIB

Inti dari film ini adalah bagaimana seorang hakim bertugas dan bagaimana ia menjaga integritasnya sebagai hakim.

Sejarah & Budaya | 00:03 WIB

Angka partisipasi mencapai 96% hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme siswa madrasah mengikuti kompetisi.

Pendidikan | 00:01 WIB

KitKat Brekreasi Design Challenge 2022 merupakan hasil kemitraan Kemenparekraf dengan Nestle Indonesia untuk mempromosikan lima destinasi super prioritas Indonesia beserta Bali melalui kemasan makanan yang unik dan menarik.

Komunitas | 20:36 WIB

KAI selalu berkomitmen hanya memberangkatkan pelanggan KA yang telah sesuai dengan persyaratan. Pelanggan yang tidak sesuai syarat tidak perkenankan untuk naik KA dan dipersilakan untuk melakukan pembatalan tiket.

News | 18:09 WIB

Telkom akan mengembangkan infrastruktur dan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Pemerintah beserta sistem pendukung sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2022 untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

News | 18:04 WIB

Generasi muda memiliki peran besar dalam mendorong praktik gaya hidup yang berkelanjutan.

Sejarah & Budaya | 15:20 WIB

Johnny menyatakan dengan ketersediaan infrastruktur digital memungkinkan pelaku UMKM memanfaatkan platform digital di marketplace.

Komunitas | 15:09 WIB
Tampilkan lebih banyak