Pelaku IKM Peserta #Lagawifest 2022 Gelar Silaturahmi

Para pelaku IKM menyampaikan pengalamannya dalam mengikuti kegiatan Gernas BBI yang digelar oleh Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

Oki Hajiansyah Wahab
Senin, 04 Juli 2022 | 14:19 WIB
Pelaku IKM Peserta  #Lagawifest 2022 Gelar Silaturahmi
Dinas Kominfotik Provinsi Lampung

Metro, Suara.com- Sejumlah Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM)  peserta Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) #Lagawifest 2022 mengadakan acara silaturahmi  bersama di Wakobe Jl. ZA. Pagar Alam gg.PU no 73 Bandar Lampung, Minggu (03/07/2022).

Para pelaku IKM tampak berbincang dengan hangat, ditempat tersebut juga tampak produk makanan yang di pamerkan dalam gelaran Gernas BBI Lagawifest 2022 di Tegal Mas, beberapa waktu lalu. Para pelaku IKM ini menyampaikan pengalamannya dalam mengikuti kegiatan  Gernas BBI yang digelar oleh Kementerian Perindustrian  bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

Susi Balga pemilik Mutiara Sikep, menuturkan, awal mula dirinya mengetahui  kegiatan Gernas BBI ini setelah sosialisasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan,  karena  IKM miliknya adalah binaan dari Dinas tersebut.

Susi mengaku mendapat pengalaman yang berharga dan  sangat luar biasa, mulai dari produksi hingga bagaimana cara memasarkan produk yang baik secara online.

Baca Juga:250 PMI Sektor Perkebunan Dilepas Kemnaker ke United Kingdom

"Semoga untuk kedepannya acara ini dapat terus berlangsung, karna support kepada umkm yang diberikan sangat luar biasa." harapnya.

Ibu Eva, pemilik Bunqee Craft, juga menuturkan hal serupa, menurutnya awalnya hanya bisa foto produk seadanya, tetapi  dengan adanya pembinaan dari Gernas BBI ini berubah. Sekarang bisa menampilkan foto produk yang bisa menarik perhatian pembeli dan selain itu omset penjualan juga meningkat.

"Saya sangat menantikan event pameran Gernas BBI selanjutnya." ungkapnya.

Pemilik IKM Keripik Asya juga mengungkapkan bahwa Kegiatan Gernas BBI ini sangat membantu dirinya  sebagai pelaku usaha.

"Dengan dorongan pemerintah memasukkan UMKM kedalam e-katalog, sangat membantu pelaku usaha untuk  berubah kearah yang lebih baik lagi. Selama pelaksanaan kegiatan ini juga berlangsung dengan baik dan tidak ada hambatan yang berarti,"ujarnya.

Baca Juga:Kemnaker Siap Kembangkan BLK Lampung untuk Hasilkan SDM yang Berkualitas

Senada, pemilik Dapur Way Kanan Ibu Diah,  juga mengaku terbantu dengan kegiatan Gernas BBI dalam menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengelola IKMnya.

"Gernas BBI ini sangat membantu kami menemukan distributor dalam pengoptimalan pemasaran produk kami di wilayah Bandar Lampung ini. Gernas BBI juga membantu kami memenuhi kebutuhan dari umkm itu sendiri, contohnya dari yang dibutuhkan UMKM saya itu desain untuk produk, jadi saya mendapatkan bantuan desain untuk produk baru saya",ungkap Diah.

Pembinaan masih akan berlangsung hingga Desember 2022, dan  dari 30 IKM yang telah terpilih,  seluruhnya mendapatkan kesempatan yang sama hingga tercapai IKM yang mandiri. 

Komunitas

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia.

Pendidikan | 18:22 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan Mereka Belajar Kampus Merdeka.

Pendidikan | 15:46 WIB

Pesona I di Bandung melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya T

Pendidikan | 13:49 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Data per 3 Agustus 2022, EMIS mencatat ada 55.365 santri PKPPS (Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah), 8.470 santri Satuan Pendidikan Muadalah, dan 7.423 santri Pendidikan Diniyah Formal.

Pendidikan | 08:00 WIB

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa International Olympiad in Informatics (IOI) adalah salah satu dari 14 Olimpiade Sains Internasional yang dilaksanakan setiap tahun

Pendidikan | 00:05 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak