jelang Puncak Haji, Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan dan Istirahat Cukup

suhu tinggi dengan kelembaban yang sangat rendah ini merupakan kondisi ekstrem yang sering mengakibatkan orang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami kekurangan cairan.

Oki Hajiansyah Wahab
Minggu, 03 Juli 2022 | 18:12 WIB
jelang Puncak Haji, Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan dan Istirahat Cukup
suara.com

Metro, Suara.com - Kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas dan kelembaban udara juga sangat rendah menjelang puncak haji.Para jemaah haji sendiri mulai diberangkatkan dari hotel di Makkah menuju Arafah pada 7 Juli 2022 dan wukuf di Arafah akan berlangsung pada 8 Juli 2022.

Tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dr Edi Supriyatna meningatkan bahwa dalam suhu tinggi dengan kelembaban yang sangat rendah ini merupakan kondisi ekstrem yang sering mengakibatkan orang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami kekurangan cairan.

Ia mengimbau kepada semua jemaah haji untuk rutin meminum air dan jangan menunggu haus.

“Di Saudi, ekstremnya karena suhu tinggi dan kelembaban rendah sehingga tidak sadar kita sudah kekurangan cairan. Maka support kami kepada semua jemaah, minum air jangan tunggu haus,” pesan dr Edi saat di KKHI Makkah, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga:Bertemu Jaringan Wisata Muhammadiyah di Yogyakarta Sandiaga Bahas Peluang Kerja Sama

dr Edi lalu juga membagikan tips mengenai bagaimana agar jemaah haji tidak sering buang air kecil saat rutin minum air dan tidak dehidrasi. Ia menyarankan untuk mengukur proses minum, yakni minimal 200 ml per jam atau satu gelas belimbing per jam saat beraktivitas.

“Agar tidak dehidrasi dan tidak sering kencing, minum diatur 200 ml/jam dan dicampur dengan setengah sachet oralit. Diminum setiap satu jam sekali, saat beraktivitas. Minumnya pelan-pelan dan dinikmati,” ujarnya menjelaskan.

Selain itu, jemaah haji juga diimbau untuk tetap memakai masjer untuk menjaga kelembaban dan menghindari hidung mimisan karena terlalu panas dan kering. 

"Yang pasti, jangan terlalu capek dan cukup istirahat. Simpan energi, khususnya saat-saat ini yang sudah memasuki fase persiapan menuju pucak haji Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna),” pesannya.

Baca Juga:Meriah, Senam Bersama HLUN Ke-26 Diikuti Ribuan Peserta

News

Terkini

Pantun telah dikenal lebih dari 500 tahun yang lalu sebagai tradisi lisan masyarakat Melayu di wilayah kepulauan di Asia Tenggara.

Sejarah & Budaya | 12:03 WIB

Angklung merupakan warisan budaya milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2010

Pendidikan | 12:01 WIB

Kelembagaan koperasi dibutuhkan nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan menjamin kepastian akses terhadap pembiayaan, pemasaran, dan nilai tambah produk.

Komunitas | 10:13 WIB

Meccaya Group mendukung upaya untuk menjaga perdamaian dan kesejahteraan dunia, serta mengangkat kekayaan budaya Kabupaten Magelang ke panggung nasional maupun internasional.

Sejarah & Budaya | 10:05 WIB

Pertumbuhan game di tahun 2020 sebesar 4,47 persen, tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio. Sumbangan industri game terhadap devisa negara sebesar Rp24,88 triliun.

Komunitas | 10:00 WIB

Ke depan media tidak hanya memberikan informasi kepada UMKM, tetapi juga bisa membantu transformasi UMKM untuk bisa go digital.

News | 08:04 WIB

Sepanjang periode pendaftaran, program ini telah menerima lebih dari 100 pendaftaran melalui platform UpLink

Komunitas | 08:00 WIB

Pada kegiatan Parade Nusantara ini para anggota DWP akan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah

Komunitas | 08:00 WIB

Pandemi COVID-19 semakin menekankan pentingnya perusahaan untuk mendukung pemulihan pasar tenaga kerja dan percepatan penyerapan tenaga kerja.

News | 03:04 WIB

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi nasional di kuartal II tahun 2022 tumbuh positif 5,4 persen. Jumlah tersebut salah satunya ditopang dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komunitas | 00:03 WIB

Inti dari film ini adalah bagaimana seorang hakim bertugas dan bagaimana ia menjaga integritasnya sebagai hakim.

Sejarah & Budaya | 00:03 WIB

Angka partisipasi mencapai 96% hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme siswa madrasah mengikuti kompetisi.

Pendidikan | 00:01 WIB

KitKat Brekreasi Design Challenge 2022 merupakan hasil kemitraan Kemenparekraf dengan Nestle Indonesia untuk mempromosikan lima destinasi super prioritas Indonesia beserta Bali melalui kemasan makanan yang unik dan menarik.

Komunitas | 20:36 WIB

KAI selalu berkomitmen hanya memberangkatkan pelanggan KA yang telah sesuai dengan persyaratan. Pelanggan yang tidak sesuai syarat tidak perkenankan untuk naik KA dan dipersilakan untuk melakukan pembatalan tiket.

News | 18:09 WIB

Telkom akan mengembangkan infrastruktur dan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Pemerintah beserta sistem pendukung sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2022 untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

News | 18:04 WIB
Tampilkan lebih banyak