Bertemu Jaringan Wisata Muhammadiyah di Yogyakarta Sandiaga Bahas Peluang Kerja Sama

Potensi kerja sama tersebut meliputi pengembangan wisata halal atau muslim friendly, pengembangan pendidikan pariwisata dan wisata kesehatan, kesempatan bagi JWM dalam berbagai pameran pariwisata dan sales mission baik di dalam negeri maupun di luar negeri

Oki Hajiansyah Wahab
Minggu, 03 Juli 2022 | 18:00 WIB
Bertemu Jaringan Wisata Muhammadiyah di Yogyakarta Sandiaga Bahas Peluang Kerja Sama
Kemenparekraf

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menemui perwakilan Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) di Muhammadiyah Central Board, Yogyakarta, Jumat (1/6/2022). 

Kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno untuk menjajaki peluang kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan, sehingga geliat sektor parekraf bisa memberikan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat. 

Potensi kerja sama tersebut meliputi pengembangan wisata halal atau muslim friendly, pengembangan pendidikan pariwisata dan wisata kesehatan, kesempatan bagi JWM dalam berbagai pameran pariwisata dan sales mission baik di dalam negeri maupun di luar negeri, hingga pengembangan sektor ekonomi kreatif.

Sandiaga mengatakan pembahasan kerja sama ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024. Karena ada 34 juta masyarakat Indonesia yang membutuhkan uluran tangan pemerintah.

Baca Juga:Perlu Kolaborasi Kembangkan Subsektor Film, Animasi, dan Video di Sleman

"Kerja sama kita harapkan bisa difinalkan oleh JWN dan tim teknis di Kemenparekraf. Kita harapkan bisa langsung diwujudkan dengan konkrit, nyata dalam bentuk investasi maupun kegiatan yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat," ujar Menparekraf.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir menambahkan  wisata halal ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja, melainkan seluruh masyarakat dari berbagai kalangan juga bisa mengkonsumsi produk wisata halal.

"Kami Muhammadiyah dengan program wisata halal itu memang ingin menjadikan program ekonomi itu betul-betul membumi. Dimana wisata halal itu bukan hanya menyangkut umat Islam saja tapi menjadi kegiatan wisata dan ekonomi yang menyangkut hajat hidup umum. Supaya tidak ada pandangan bahwa wisata halal itu hanya untuk orang Islam," pungkasnya.

Komunitas

Terkini

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dan diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

Sejarah & Budaya | 08:02 WIB

UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini memiliki dua jurnal internasional bereputasi, yakni Jurnal Samarah dan Jurnal Ilmiah Islam Futura. Selain itu, ada 27 jurnal lain yang terakreditasi nasional.

Pendidikan | 08:00 WIB

Pada Juni 2022, KemenKopUKM mencatat sudah ada sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4 persen dari total UMKM telah masuk pada platform e-commerce.

News | 00:02 WIB

Sandiaga mengatakan penundaan ini sesuai dengan aspirasi publik yang telah ditampung oleh pemerintah

News | 00:01 WIB

Sejak 15 Juli 2022, total sudah ada 74.380 jemaah yang sudah tiba di tanah air.

News | 18:07 WIB

Dengan dilantiknya Pejabat Fungsional ini akan semakin banyak inovasi dan program kegiatan untuk mendukung produktivitas dan kinerja pegawai Kementerian Ketenagakerjaan.

News | 17:00 WIB

Kemenparekraf sedang menyusun Rencana Aksi Nasional 2022-2026 yang akan menjadi acuan dan pedoman dalam mencapai pembangunan dan target ke depan dalam hal wellness tourism.

Sejarah & Budaya | 15:16 WIB

Nurkadhatyan sendiri merupakan rumah dari tradisi spa ritual Jawa yang otentik.

Sejarah & Budaya | 15:00 WIB

Seminar ini juga turut menghadirkan 7 Direktur Utama BUMN yakni Direktur Utama PT Telkom Indonesia, PT RNI, PT Asuransi Jasindo, PT PLN, PT PTPN 7, PT Bank Mandiri, dan PT PUSRI

News | 13:00 WIB

Pemberdayaan BUMdes tersebut diusulkan Gubernur Arinal terkait dengan program unggulan Pemprov Lampung Kartu Petani Berjaya (KPB)

News | 12:28 WIB

Selama ini jika menyebut Pariwisata targetnya adalah wisatawan asing. Padahal berdasarkan data, 78% wisatawan Industri Pariwisata adalah wisatawan lokal.

News | 12:23 WIB

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kemenag dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan

Pendidikan | 12:05 WIB

Penguatan moderasi beragama adalah salah satu program prioritas Kemenag dan masuk dalam RPJMN Pemerintah Pusat

News | 12:01 WIB

Gita Bahana Nusantara terdiri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat untuk dapat bergabung dalam tim paduan suara dan orkestra

Komunitas | 10:05 WIB

Pembangunan berbasis teknologi menargetkan terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan target di tahun 2024 sebesar 4,4 juta lapangan kerja baru

Pendidikan | 10:03 WIB
Tampilkan lebih banyak