Keren, Tim Mahasiswa ITS Raih Juara Umum IRC 2022 di AS

Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya terdiri dari 5 orang mahasiswa sukses menyabet Juara Umum ajang International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Amerika Serikat

Oki Hajiansyah Wahab
Minggu, 03 Juli 2022 | 15:30 WIB
Keren, Tim Mahasiswa ITS Raih Juara Umum IRC 2022 di AS
Kemendikbudristek

Metro, Suara.com- Tim Barunastra ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya yang terdiri dari 5 orang mahasiswa sukses menyabet Juara Umum dalam ajang International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Amerika Serikat, tiba di Indonesia, Minggu (29/6).

“Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan apresiasi kepada Tim Barunastra ITS yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia,” urai Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/7).

Suharti berharap penghargaan yang telah diraih dapat memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang sains dan teknologi.

“Tetaplah menghasilkan karya bidang sains dan teknologi serta mendorong motivasi generasi muda lainnya untuk memiliki prestasi serupa,” tekan Suharti.

Baca Juga:Putin Minta Indonesia Ingat Jasa Rusia Terhadap Indonesia

Tim Barunastra ITS yang didampingi oleh Rudy Dikairono selaku pembimbing terdiri dari Nawab Aditya, Dion Andreas Solang, Zulieta Krisna D, Azayaka Emeraldi Indaryo, dan Halen Dinata Atmaja sukses meraih First Place Design Documentation dan First Place Autonomy Challenge dalam ajang kompetisi IRC 2022 yang diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat pada tanggal 19 - 25 Juni 2022.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih. “Sebagai negara maritim terbesar di dunia, kita bangga putra putri terbaik yang mengikuti kompetisi IRC 2022 ini memiliki kemampuan teknologi dan kreatifitas bidang perkapalan yg sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia,” ujar Asep Sabtu (2/7).

“Talenta-talenta terbaik yang telah dikurasi oleh Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mampu menunjukkan prestasinya di tingkat dunia. Selamat dan terimakasih atas prestasinya dan terus menjadi inspirasi generasi emas bangsa,” pesan Asep

Pada ajang kompetisi IRC 2022, Tim Barunastra ITS membuat inovasi Kapal Nala Thesus. Kapal Nala Theseus merupakan kapal yang dibuat khusus untuk IRC 2022 oleh tim Barunastra ITS. Kapal dengan dengan panjang total kapal 0,88 meter dan lebar total kapal 0,72 meter ini sukses melakukan semua misi yang ada. Untuk menjadi juara, ada tujuh misi yang harus berhasil dilakukan oleh Nala Theseus.

Selain itu, salah satu inovasi yang menjadi nilai tambah untuk kapal mereka karena menggunakan desain modularity. Desain modularity dibuat untuk menampung banyak muatan di atas kapal. Konsep ini mempunyai prinsip desain yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil dengan sebutan modul. Modul dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya.

Baca Juga:Pencairan Gaji ke-13 ASN Picu Pertumbuhan Ekonomi

Selain Tim Barunastra ITS, perwakilan Indonesia yang meraih penghargaan yaitu Tim Bengawan UV dari Universitas Sebelas Maret yang meraih Second Place Design Documentation, Sponsorship dari Blue Robotics Award, dan Best Team for Testing and Innovation, serta Tim Aterkia dari Universitas Diponegoro meraih Sixth Place Design Documentation.

Pendidikan

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Komunitas | 18:19 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Komunitas | 16:17 WIB

Pemerintah hadir dalam memberikan pelindungan ketenagakerjaan kepada atlet baik itu seperti pelindungan Jaminan Sosial, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maupun pelindungan pengupahannya.

Komunitas | 15:51 WIB

Pemenuhan hak-hak lansia menjadi tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam panti milik Pemprov Lampung.

Komunitas | 15:00 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN)

Komunitas | 12:01 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB

Perubahan menjadi keniscayaan dan merupakan sunnatullah yang harus dilakukan oleh setiap individu, terutama seorang pimpinan tinggi pratama.

News | 08:03 WIB

Pemerintah akan menggunakan instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional.

News | 08:01 WIB

Para mahasiswa akan mengisi kegiatan keagamaan di beberapa masjid di Jepang, mempelajari budaya Jepang dan menjalin persahabatan dengan mahasiswa Jepang

Pendidikan | 00:04 WIB
Tampilkan lebih banyak