Ini Tantangan UKM Indonesia Agar Bisa Bersaing di Tingkat Global

Tantangan krusial yang menjadi hambatan UKM Indonesia mendunia adalah urusan pembiayaan.

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 02 Juli 2022 | 00:02 WIB
Ini Tantangan UKM  Indonesia Agar Bisa Bersaing di Tingkat Global
suara.com

Metro,Suara.com - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu bentuk usaha yang cukup bertahan selama pandemi Covid-19. Seiring dengan semakin membaiknya situasi pandemi, UKM juga mulai bangkit.

Menurut Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM bidang Produktivitas dan Daya Saing, Yulius, UKM di Indonesia sebenarnya punya daya saing di tingkat internasional. Meski demikian, masih ada sejumlah tantangan yang kerap dihadapi.

Tantangan pertama yaitu persoalan Logistics Performance Index (LPI) Indonesia tergolong rendah, yaitu senilai 3,15. Sementara LPI negara lain seperti Jerman (4,2), Swedia (4,05), Belgia (4,04), Singapura (4,0), dan Jepang (4,03). Namun jika dibandingkan dengan lower-middle income group seperti India, atau emerging economies seperti Vietnam dan Cote d’Ivoire, LPI Indonesia tidak tertinggal terlalu jauh.

"Hal ini mengindikasikan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk bisa memperbaiki indeks tersebut," kata Yulius dalam keterangannya, Senin, (28/6/2022). 

Baca Juga:Pencairan Gaji ke-13 ASN Picu Pertumbuhan Ekonomi

Di sisi lain, biaya logistik yang tinggi di Indonesia yaitu mencapai 24 persen dari PDB nasional menjadi tantangan berikutnya. Menurut Yulius, biaya logistik di negara lain seperti Malaysia hanya 13 persen, India 14 persen, dan China 14 persen dan Vietnam 20 persen.

Padahal, logistik menjadi salah satu tulang punggung dari perdagangan lintas negara. Dia menegaskan, manajemen logistik yang bagus mampu mengurangi trade cost dan membantu negara bersaing di kancah global.

Lalu, proses border compliance di Indonesia membutuhkan waktu 56 jam, sedangkan pada proses documentary compliance membutuhkan waktu 61 jam. Berbeda dengan China yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.

Tantangan UKM untuk mendunia selanjutnya adalah pandemi covid-19. Masa pandemi mengakibatkan kelangkaan yang menyebabkan semakin tingginya biaya ekspor. Terjadi kenaikan harga sewa rata-rata 152 persen. Tujuan Asia naik 110 persen, Eropa 199 persen, Amerika 126 persen, Australia 155 persen, dan Afrika 173 persen.

Tantangan krusial yang menjadi hambatan UKM Indonesia mendunia adalah urusan pembiayaan. Kata Yulius, banyak UKM-UKM di Indonesia justru tidak sanggup melakukan ekspor ketika permintaannya banyak. Masalah utamanya adalah kesulitan pendanaan.

Baca Juga:Kemnaker Tegaskan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Adalah Hak Dasar Buruh

"Kita tahu bahwa sumber pendanaan dari perbankan itu hanya 20 persen untuk UMKM. Bank belum bisa memberikan lebih daripada itu," pungkasnua.

Komunitas

Terkini

Inti dari film ini adalah bagaimana seorang hakim bertugas dan bagaimana ia menjaga integritasnya sebagai hakim.

Sejarah & Budaya | 00:03 WIB

Angka partisipasi mencapai 96% hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme siswa madrasah mengikuti kompetisi.

Pendidikan | 00:01 WIB

KAI selalu berkomitmen hanya memberangkatkan pelanggan KA yang telah sesuai dengan persyaratan. Pelanggan yang tidak sesuai syarat tidak perkenankan untuk naik KA dan dipersilakan untuk melakukan pembatalan tiket.

News | 18:09 WIB

Telkom akan mengembangkan infrastruktur dan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Pemerintah beserta sistem pendukung sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2022 untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

News | 18:04 WIB

Generasi muda memiliki peran besar dalam mendorong praktik gaya hidup yang berkelanjutan.

Sejarah & Budaya | 15:20 WIB

Pengembangan UMKM telah menjadi fokus utama Presiden Joko Widodo dan dalam RPJMN 2020-2024 telah mengamanatkan penguatan kewirausahaan, UMKM, dan Koperasi dengan strategi di antaranya transformasi usaha informal menjadi formal dan transformasi digital.

News | 15:01 WIB

Indonesia jelas menjadi contoh karena telah menunjukkan bahwa selama pandemi yang sangat mempengaruhi berbagai negara, Indonesia telah berhasil meningkatkan tingkat produktivitas produksi dan mencapai tingkat swasembada yang tinggi.

News | 14:56 WIB

Pertunjukan budaya dalam sajian tari kolosal yang dipadukan dengan rangkaian video mapping tentang perkembangan teknologi dari masa prasejarah sampai hari ini dikemas dengan apik.

Sejarah & Budaya | 13:50 WIB

Penyerahan estafet penyelenggaran IOI ditandai dengan memberikan bendera IOI dari pemerintah Indonesia yang diwakili Menko PMK kepada perwakilan pemerintah Hungaria yang diwakili oleh Duta Besar Hungaria, Lilla Karsay.

Pendidikan | 13:46 WIB

Pameran sejarah ini semakin menguatkan branding Sarinah sebagai etalase tak hanya produk UMKM lokal tapi juga sejarah Indonesia

Sejarah & Budaya | 13:07 WIB

Festival ini adalah bagian untuk menjadikan budaya sebagai kekayaan lokal serta kekuatan warga dalam membangun desa, dan membangun Kampar yang lebih baik.

Sejarah & Budaya | 12:07 WIB

Kementerian BUMN bersama BUMN berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan terus mengimplementasi berbagai program

Komunitas | 12:02 WIB

Kirab diikuti oleh Alumni Paskibraka 8 orang, 1 regu Marching Band dari Gita Praja Saburai, 8 regu Drum Band dan 19 pleton Pramuka dari berbagai SMA dari Bandar Lampung dan Pesawaran, Muli-Mekhanai 30 orang, dan dua buah mobil hias.

Komunitas | 11:49 WIB

Program ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2022. Tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi

News | 11:43 WIB

Kegiatan Jambore Nasional ke- XI Tahun 2022 dilakukan dari tanggal 14 Agustus 2022 hingga 21 Agustus 2022 diikuti oleh 240 Peserta dan 30 bina damping 8 orang Pinkonda dari kontingen Daerah Lampung.

News | 11:34 WIB
Tampilkan lebih banyak