Kolaborasi Pelaku UMKM Ponorogo Dukung Kebangkitan Ekonomi

Masalah ekonomi saat ini semakin berat karena harga bahan pokok meningkat, untuk itu masyarakat harus bisa mengatasinya dengan penghasilan yang lebih baik, dengan produk-produk yang lebih terjangkau

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 02 Juli 2022 | 11:11 WIB
Kolaborasi Pelaku UMKM Ponorogo Dukung Kebangkitan Ekonomi
Kemenparekraf

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) di Ponorogo terus melakukan kolaborasi dan inovasi sehingga dapat membangkitkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja. 

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat meninjau pelaku UMKM di Kabupaten Ponorogo, Kamis (30/6/2022), mendengarkan keluh-kesah serta permasalahan yang kerap dirasakan para pelaku UMKM. Seperti akses pembiayaan, sertifikasi halal, pemasaran, hingga digitalisasi. 

“Tadi saya sudah mendengar keluhan dari para pelaku UMKM, di mana banyak yang mengeluh soal pemasarannya hingga sertifikasi halal. Ini semua kita akan carikan solusi. Seperti sertifikasi halal ini memang mahal dan lama saya akui. Saya akan solusikan bersama Pak Bupati untuk memfasilitasi sertifikasi halalnya,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Menurut Sandiaga produk-produk ekonomi kreatif yang ada di Ponorogo sangat berkualitas dan memiliki potensi untuk semakin dikenal pasar. Seperti rengginang, kripik sale pisang, madu, dan sebagainya. 

Baca Juga:JWG RI-Prancis Perluas Kerja Sama Bidang Dikti, Riset, Inovasi dan Kewirausahaan

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan berbagai program Kemenparekraf/Baparekraf dalam upaya mengembangkan produk. Salah satunya BEDA'KAN (Bedah Desain Kemasan) sehingga produk UMKM ini memiliki kemasan yang lebih menarik, profesional, higienis, dan ramah lingkungan.

"Jadi ada program dari Kemenparekraf yaitu BEDA'KAN, ini bisa kita sinergikan agar UKM segera naik kelas. Masalah ekonomi saat ini semakin berat karena harga bahan pokok meningkat, untuk itu masyarakat harus bisa mengatasinya dengan penghasilan yang lebih baik, dengan produk-produk yang lebih terjangkau,” ujar  Sandiaga. 

Sandiaga juga mengungkapkan pihaknya akan membantu pemasaran produk-produk tersebut melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Komunitas

Terkini

Ide perdagangan antar provinsi penting guna menggenjot ekonomi dalam negeri. Kami apresiasi langkah kedua provinsi ini. Daerah memiliki peran menciptakan ekonomi yang sehat

News | 19:04 WIB

Momentum Harnas UMKM harus dimanfaatkan sebagai dukungan bagi para pelaku UMKM agar cepat pulih dan mampu bertahan di tengah ancaman resesi global.

News | 18:49 WIB

Felda Global Ventures (FGV) sebagai perusahaan perkebunan sawit terbesar di Malaysia yang mempekerjakan PMI sampai saat ini, telah melakukan kerja sama penempatan dengan beberapa P3MI.

News | 18:44 WIB

Pada momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-27, Kemendikbudristek mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dalam gerakan transformasi pendidikan nasional melalui Merdeka Belajar.

Pendidikan | 15:05 WIB

Pemerintah India memiliki program pelatihan dan beasiswa dalam bidang Iptek yang sudah berlangsung sejak 1994.

News | 15:04 WIB

Indonesia dianggap bisa bekerja sama dengan baik dengan sejumlah pihak terkait di bandara sehingga proses pergerakan jemaah tidak mengalami banyak kendala.

News | 15:00 WIB

PMM merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi asal mereka.

Pendidikan | 14:54 WIB

Langkah antisipasi dan penanganan Covid-19 Provinsi Lampung mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat sebagai Terbaik Penanganan Covid-19 pada Juni 2020

News | 14:04 WIB

Selain mendorong pertumbuhan industri pengolahan dan UMKM, Pemerintah Provinsi Lampung menangkap peluang membaiknya kondisi beberapa negara tujuan Ekspor Lampung.

News | 14:00 WIB

Tahun ini BPJPH memberikan fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) sebesar 25 ribu kuota.

News | 12:03 WIB

Layanan BNI Agen46, gerakan Laku Pandai dari Bank BNI mempercepat pemerataan layanan keuangan perbankan dan digital di seluruh wilayah di Indonesia serta membantu para pelaku UMKM

News | 10:18 WIB

Erigo dirintis di tahun 2011. Awalnya, Erigo bernama Selected & Co dan lebih fokus ke pakaian batik. Pendiri sekaligus CEO Erigo Muhammad Sadad menggeser fokus usahanya ke streetwear hingga sekarang.

News | 09:21 WIB

Wapres juga meminta agar para dosen pendidikan agama Islam untuk membangun karakter kemandirian belajar bagi mahasiswa.

Pendidikan | 09:16 WIB

Penggerebekan dilakukan dalam upaya menangkap Yenifer Paredes, adik ipar Presiden Pedro Castillo, karena dugaan korupsi dan pencucian uang.

News | 08:03 WIB

Tanggal 12 Agustus dipilih sebagai Hari UMKM Nasional karena bertepatan dengan hari lahirnya Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta, yang lahir pada tanggal serupa pada 1902.

Sejarah & Budaya | 08:01 WIB
Tampilkan lebih banyak