Kemendikbudristek Gelar Festival Generasi Pancasila

Puspeka sendiri terus mengembangkan wadah konten dalam kampanye penguatan karakter sebagai sarana informasi, penyadaran bagi masyarakat, penyebarluasan (imbauan), dan pembentukan budaya.

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 02 Juli 2022 | 10:49 WIB
Kemendikbudristek Gelar Festival Generasi Pancasila
Istimewa

Metro, Suara.com -Pusat Pendidikan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menggelar Festival Generasi Pancasila pada 5 Juli 2022 mendatang.

Ajang ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional, dan Hari Anak Nasional mengusung tema “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila” dan  akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI, jam 10.00 WIB.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka, Hendarman, menyampaikan apresiasi kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam kampanye digital sebelumnya.

“Semoga Sahabat Dikbud dapat menyampaikan berita baik apabila di lain kesempatan ada wadah dan acara yang memberi kita kesempatan untuk berkreasi,” tuturnya dalam acara Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila” yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Kamis (30/6).

Baca Juga:Tim Studi Banding STBM Kota Madiun Kunjungi RIS Metro

Praktisi komunikasi, Dian Aris Maulana mendorong para pelajar untuk menjadi ‘mentor’ yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. “Kita yang harus menguasai digital, bukan digital yang menguasai kita,” tekannya yang turut mendukung gerakan kampanye digital Puspeka dengan melibatkan generasi muda penyuka media digital.

“Kampanye media digital ini sangat bisa dihubungkan dengan orang tua karena ketersambungan tersebut akan lebih membuka peluang anak dalam mengekspresikan nilai-nilai Pancasila. Eksplorasikan bakat anak kita melalui kegiatan yang disukainya,” ujar Aris menggarisbawahi pentingnya peran orang tua dalam proses pembelajaran nilai-nilai positif kepada anak-anak seperti toleransi, keagamaan, interaksi sosial, dan lain-lain.

Puspeka sendiri terus mengembangkan wadah konten dalam kampanye penguatan karakter sebagai sarana informasi, penyadaran bagi masyarakat, penyebarluasan (imbauan), dan pembentukan budaya.

“Inilah yang perlu kita lakukan ke depan, sinergi antar semua ekosistem pendidikan adalah kuncinya,” pungkasnya.

Baca Juga:Menparekraf Dedikasikan Penghargaan di iNews Maker Awards 2022 untuk 34 Juta Pelaku Parekraf

Pendidikan

Terkini

Sanur Village Festival adalah acara musik tahunan yang sudah dilangsungkan sejak tahun 2006. Tahun ini, Sanur Village Festival berlangsung selama lima hari pada 17 - 21 Agustus 2022.

Sejarah & Budaya | 19:53 WIB

Indonesia Bertutur 2022 yang mengusung tema Mengalami Masa Lalu, Menumbuhkan Masa Depan hadir sebagai wadah untuk menjaga budaya secara berkelanjutan.

Sejarah & Budaya | 19:47 WIB

Penelitian McKinsey & Company tahun 2019, memperkirakan teknologi otomasi akan menghasilkan 4 hingga 23 juta pekerjaan di tahun 2030

News | 19:28 WIB

Zakat adalah potensi umat Islam yang cukup besar. Potensi tersebut apabila dikelola secara baik dan optimal akan dapat dimanfaatkan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat

News | 19:19 WIB

Tahun depan diharapkan kuota Indonesia kembali normal pada kisaran 204 ribu jemaah.

News | 14:03 WIB

Lewat kolaborasi yang kuat ia berharap target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024 dapat terwujud.

Komunitas | 12:15 WIB

Dunia tengah memasuki masa transisi yang didorong oleh revolusi industri 4.0 atau era digitalisasi. Era ini akan berdampak terhadap hilangnya sejumlah pekerjaan lama dan melahirkan sejumlah pekerjaan baru.

News | 12:08 WIB

Lewat katalog elektronik ini, dapat meningkatkan peran UKM dan koperasi serta mendorong pemanfaatan produk dalam negeri

Komunitas | 12:03 WIB

Ini selaras dengan program revitalisasi cagar budaya menuju cagar budaya yang edukatif, rekreatif dan berdampak ekonom

Komunitas | 10:15 WIB

PKB antara Manajemen dan SP Bank BTN sebagai bentuk dari perwujudan kesamaan pandang yang menjadi modal bertemunya kepentingan pekerja dengan kepentingan manajemen

News | 00:03 WIB

Sejak tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika menginisiasi kompetisi Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) sebagai bentuk apresiasi bagi para insan pers di seluruh tanah air.

Komunitas | 00:03 WIB

Agar konstitusi bisa menjadi landasan kebangkitan ekonomi pasca pandemi, maka regulasi yang dibentuk harus mengedepankan keadilan dan kemanusian, serta ditopang dengan fungsi penjaga ketertiban

News | 00:01 WIB

Seperti pada tahun sebelumnya, J&T Express memberikan program gratis ongkir yang serupa pada momen hari kemerdekaan Indonesia.

Komunitas | 20:33 WIB

QRIS memang mempermudah pembayaran yang dilakukan masyarakat. Oleh karena itu, penggunaan QRIS pun seharusnya sudah dilakukan juga oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Komunitas | 20:28 WIB

Suhartono mengungkapkan saat ini jumlah Pengantar Kerja Nasional mencapai 1.051 orang.

Komunitas | 20:21 WIB
Tampilkan lebih banyak