Kemnaker Tegaskan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Adalah Hak Dasar Buruh

Lewat jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja/buruh, maka ketika pekerja/buruh tersebut mengalami kecelakaan atau sakit dalam bekerja dapat terjamin

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 02 Juli 2022 | 18:00 WIB
Kemnaker Tegaskan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Adalah Hak Dasar Buruh
Kemnaker

Metro, Suara.com-Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang, menyatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan hak mendasar bagi pekerja/buruh yang wajib dipenuhi oleh negara.

"Dengan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja/buruh, maka ketika pekerja/buruh tersebut mengalami kecelakaan atau sakit dalam bekerja dapat terjamin," ucap Dirjen Haiyani Rumondang ketika memberikan sambutan pada Focus Group Discussion (FGD), bertajuk Upaya dan Strategi Perlindungan Terhadap Pekerja/Buruh Melalui Jamsostek Sesuai SJSN, secara virtual, Kamis (30/6/2022).

Haiyani mengatakan, saat ini kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan belum dirasakan secara menyeluruh oleh pekerja/buruh, ini menjadi tugas besar dari pemerintah untuk memberikan perlindungan berupa jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pekerja/buruh.

"Kami mendorong seluruh perusahaan, pengawas ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk bersama-sama meningkatkan perluasan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja/buruh,"katanya.

Baca Juga:Kabupaten Natuna Terbitkan Perda Program Sekolah Penggerak

Dari FGD ini, kata Haiyani, ada suatu komunikasi yang dilakukan secara timbal balik antara pemerintah dengan pengusaha untuk bersama-sama meningkatkan perlindungan kepada pekerja/buruh.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan perlindungan bagi seluruh pekerja/buruh,"ujarnya.

News

Terkini

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dan diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

Sejarah & Budaya | 08:02 WIB

Indonesia dikatakan Sandiaga sedang menjadi spotlight. ekonomi kreatif dunia menyusul akan digelarnya World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di Bali bulan Oktober mendatang

Komunitas | 08:01 WIB

UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini memiliki dua jurnal internasional bereputasi, yakni Jurnal Samarah dan Jurnal Ilmiah Islam Futura. Selain itu, ada 27 jurnal lain yang terakreditasi nasional.

Pendidikan | 08:00 WIB

Sebanyak 126 penyandang disabilitas dari Jakarta dan Bandung dilatih untuk dapat menghasilkan beragam produk di bidang kuliner, tata rias, melukis, membatik dan membuat kreamik.

Komunitas | 00:03 WIB

Kemenparekraf sedang menyusun Rencana Aksi Nasional 2022-2026 yang akan menjadi acuan dan pedoman dalam mencapai pembangunan dan target ke depan dalam hal wellness tourism.

Sejarah & Budaya | 15:16 WIB

JFC 2022 juga mengirimkan pesan kepada dunia akan kuatnya kreativitas, imajinasi, adaptasi, dan kolaborasi Indonesia.

Komunitas | 15:12 WIB

Nurkadhatyan sendiri merupakan rumah dari tradisi spa ritual Jawa yang otentik.

Sejarah & Budaya | 15:00 WIB

Pencapaian gemilang ini berkat program unggulan BNI Xpora yang memberikan pendampingan berkelanjutan agar para pelaku UMKM terbiasa melakukan ekspor.

Komunitas | 13:27 WIB

Pemberdayaan BUMdes tersebut diusulkan Gubernur Arinal terkait dengan program unggulan Pemprov Lampung Kartu Petani Berjaya (KPB)

News | 12:28 WIB

Selama ini jika menyebut Pariwisata targetnya adalah wisatawan asing. Padahal berdasarkan data, 78% wisatawan Industri Pariwisata adalah wisatawan lokal.

News | 12:23 WIB

AKI adalah salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menyasar 16 kabupaten atau kota di Indonesia

Komunitas | 12:09 WIB

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kemenag dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan

Pendidikan | 12:05 WIB

Penguatan moderasi beragama adalah salah satu program prioritas Kemenag dan masuk dalam RPJMN Pemerintah Pusat

News | 12:01 WIB

Gita Bahana Nusantara terdiri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat untuk dapat bergabung dalam tim paduan suara dan orkestra

Komunitas | 10:05 WIB

Pembangunan berbasis teknologi menargetkan terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan target di tahun 2024 sebesar 4,4 juta lapangan kerja baru

Pendidikan | 10:03 WIB
Tampilkan lebih banyak