Pentingnya Perempuan Kuasai Teknologi Digital untuk Kembangkan Bisnis

Tenaga kerja Indonesia di sektor ekonomi kreatif sebanyak 56 persen adalah perempuan, di mana industri kreatif menyerap 17-18 juta pekerja. Lalu data menunjukkan hampir setengah populasi Indonesia adalah perempuan

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 30 Juni 2022 | 00:02 WIB
Pentingnya Perempuan Kuasai Teknologi Digital untuk Kembangkan Bisnis
Kemenparekraf

Metro,Suara.com-Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menekankan pentingnya peran aktif perempuan dalam mendigitalisasi ekonomi agar pulih dan bangkit khususnya melalui UMKM yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wamenparekraf Angela dalam webinar  "Indonesian Womenpreneurs Rising Through Business Digitalization in the Post-Pandemic Era”, yang diinisiasi HerStory Indonesia, Selasa (28/6/2022), mengatakan, penggunaan teknologi kian terakselerasi di tengah masyarakat, akibat pandemi. Seperti aktivitas belanja melalui platform e-commerce yang menjadi pilihan terbaik.

"Dua tahun kemudian, habit menggunakan platform digital ini tidak hilang. Walaupun masyarakat kembali beraktivitas secara fisik, namun ada hal-hal yang sudah disubstitusi oleh teknologi, dan adapula hal-hal yang sudah terkomplementer oleh teknologi, sehingga para womenpreneur di luar sana atau yang hadir pada siang hari ini, kita harus sadar bahwa pengaruh digitalisasi ini tidak bisa kita abaikan," kata Wamenparekraf Angela.

Data Bank Indonesia menunjukkan transaksi nilai dagang elektronik pada 2021 meningkat 50,8 persen, mencapai Rp401 triliun dibandingkan tahun 2020 dan diperkirakan akan meningkat 31,2 persen tahun ini. 

Baca Juga:Perkuat Diplomasi, KBRI Beijing Fasilitasi Pendirian Pusat Bahasa dan Inovasi di Enam Perguruan Tinggi Indonesia

Data untuk digital banking dan transaksi uang elektronik juga meningkat. Pada tahun 2021, durasi pengguna aplikasi online makanan dan minuman meningkat hampir 480 persen year on year (YoY). Survei salah satu dari e-commerce terbesar di Indonesia, sepanjang pandemi di tahun 2020, produk fesyen dan aksesoris menjadi primadona diikuti produk-produk furniture dan kriya. 

"Jadi, melihat potensi digitalisasi membantu para pelaku UMKM untuk bertahan di masa pandemi, dan bahkan untuk berkembang di pascapandemi, maka sejak tahun 2020 pemerintah meluncurkan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang membantu UMKM on boarding masuk ke platform digital, dan sampai hari ini sudah ada 18,5 juta UMKM yang masuk ke dalam platform digital ini", kata Angela.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga meminta agar kementerian/lembaga berbelanja produk dalam negeri. Kemenparekaf ditargetkan lebih dari 70 persen anggaran belanjanya untuk dibelanjakan produk dalam negeri. 


Kemenparekraf saat ini sedang mengembangkan e-catalog sektor parekraf, di mana usaha para peserta webinar nantinya bisa masuk dalam e-catalog aagar bisa menjadi opsi dalam pembelanjaan pemerintah.


"Kembali ke topik awal, womenpreneur, peran perempuan, sangatlah dominan dalam perekonomian Indonesia. Jika kita melihat data, di atas 64 persen UMKM itu dimiliki oleh perempuan, dan kita ketahui bersama UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia", kata Angela.

Baca Juga:Komitmen Implementasikan P4GN, Kemendikbudristek Terima Penghargaan Dari BNN

Tenaga kerja Indonesia di sektor ekonomi kreatif sebanyak 56 persen adalah perempuan, di mana industri kreatif menyerap 17-18 juta pekerja. Lalu data menunjukkan hampir setengah populasi Indonesia adalah perempuan. 

"Jadi bisa kita simpulkan bersama bahwa perempuan memang berperan penting. Tidak hanya dari sisi konsumen, sisi pekerja, dan dari sisi pemilik usaha. Oleh karenanya secara langsung perempuan berperan penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia,” pungkas Angela.

Komunitas

Terkini

PKB antara Manajemen dan SP Bank BTN sebagai bentuk dari perwujudan kesamaan pandang yang menjadi modal bertemunya kepentingan pekerja dengan kepentingan manajemen

News | 00:03 WIB

Agar konstitusi bisa menjadi landasan kebangkitan ekonomi pasca pandemi, maka regulasi yang dibentuk harus mengedepankan keadilan dan kemanusian, serta ditopang dengan fungsi penjaga ketertiban

News | 00:01 WIB

Data menunjukkan bahwa persentase perempuan yang bekerja di sektor informal khususnya pada UMKM sangatlah besar

News | 20:17 WIB

Kemendikbudristek sendiri telah meluncurkan 21 episode Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar merupakan Mereka Belajar episode ke-15.

Pendidikan | 20:09 WIB

Upaya penerbitan sertifikat tanah Candi Borobudur telah dilakukan Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan sejak tahun 2015.

Sejarah & Budaya | 20:05 WIB

Revolusi Putih adalah gerakan meningkatkan konsumsi susu terutama bagi anak dan remaja agar terjadi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Komunitas | 19:13 WIB

Digitalisasi perdagangan yang dilakukan di pasar rakyat dan pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian di daerah dan meningkatkan omzet pedagang pasar.

News | 16:27 WIB

Literasi keuangan adalah salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi dengan lebih cerdas dan berkesinambungan.

Komunitas | 16:18 WIB

Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Juli 2022 juga terindikasi tumbuh positif meski melambat dari bulan sebelumnya, tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 54,6%.

News | 16:13 WIB

Presiden Jokowi juga meminta agar para pejabat pemerintah tidak bisa bekerja dengan hanya melihat angka makro saja, namun juga harus dilihat detail mikronya.

News | 15:53 WIB

Tema uang kertas rupiah tahun emisi 2022 yaitu keragaman budaya dan kekayaan bangsa yang menyatu dalam simbol satu kedaulatan makna bagi persatuan Indonesia dan bentuk sepahamnya seluruh nusantara

News | 13:22 WIB

Rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di perbatasan RI - Papua New Guinea ini juga dimeriahkan dengan acara jalan santai dan senam bersama, serta berbagai lomba olahraga dan permainan rakyat.

News | 13:13 WIB

Para Pendamping PPH tersebut bertugas membantu proses sertifikasi halal pelaku UMK melalui mekanisme pernyataan pelaku usaha atau sering disebut self declare.

News | 13:07 WIB

Pemerintah Provinsi mendukung Program Asuransi Pertanian melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB) dengan bantuan premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 20% untuk 30.000 Ha sawah dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) 20% untuk 2.500 ekor sapi/kerbau.

News | 13:03 WIB

Selain diskon besar-besaran, mengutip siaran tertulisnya, ada juga penawaran lain yang tak kalah menarik yaitu perlindungan asuransi dan program OYO Wizard bagi pelanggan setia OYO.

Komunitas | 08:06 WIB
Tampilkan lebih banyak