Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo Gandeng UGM

Sebanyak 6.247 mahasiswa yang akan diterjunkan dalam KKN-PPM Periode 2 Tahun 2022 telah diberikan pembekalan khusus mengenai empat pilar utama literasi digital.

Oki Hajiansyah Wahab
Selasa, 28 Juni 2022 | 08:14 WIB
Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo Gandeng UGM
suara.com

Metro, Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) terkait literasi digital.

"Tujuan dari kolaborasi antara Kemenkominfo dan UGM adalah untuk mengedukasi masyarakat desa mengenai teknologi digital melalui KKN-PPM mahasiswa UGM dalam rangka mendukung program literasi digital oleh Kemenkominfo," ujar Rektor UGM, Prof Ova Emilia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Ova menambahkan terdapat empat pilar utama literasi digital yang meliputi kecakapan digital (digital skill), etika digital (digital ethics), budaya digital (digital culture), dan keamanan digital (digital safety) sebagai salah satu materi penyuluhan untuk masyarakat desa dalam aktivitas KKN-PPM periode 2 Tahun 2022.

Di hadapan ribuan mahasiswa, Ova juga menegaskan bahwa pelaksanaan KKN-PPM merupakan salah satu wujud komitmen UGM dalam mengimplementasikan Education for Sustainable Development (ESD), yaitu pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap untuk memungkinkan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan adil bagi semua.

Baca Juga:Dana Abadi Perguruan Tinggi untuk Peningkatan Daya Saing Indonesia di Kancah Global

Hal itu dilakukan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030, yaitu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

“Untuk periode kedua tahun 2022 ini, tema kita memperkokoh jaringan persatuan dan kesatuan bangsa dengan berkolaborasi dengan banyak pihak. Kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemenkominfo RI melalui program literasi digital untuk KKN-PPM periode ini,” kata dia.

Sebanyak 6.247 mahasiswa yang akan diterjunkan dalam KKN-PPM Periode 2 Tahun 2022 telah diberikan pembekalan khusus mengenai empat pilar utama literasi digital.

Pendidikan

Terkini

Kolaborasi tersebut dilakukan Kemenparekraf/Baparekraf dengan Pertamina, Telkom, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dalam hal komitmen kerja sama rantai pasok UMKM dan Hotel.

Sejarah & Budaya | 00:05 WIB

Bangka Belitung memiliki potensi wisata yang sangat kaya dan harus dikembangkan untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Komunitas | 00:03 WIB

Ide perdagangan antar provinsi penting guna menggenjot ekonomi dalam negeri. Kami apresiasi langkah kedua provinsi ini. Daerah memiliki peran menciptakan ekonomi yang sehat

News | 19:04 WIB

Momentum Harnas UMKM harus dimanfaatkan sebagai dukungan bagi para pelaku UMKM agar cepat pulih dan mampu bertahan di tengah ancaman resesi global.

News | 18:49 WIB

Felda Global Ventures (FGV) sebagai perusahaan perkebunan sawit terbesar di Malaysia yang mempekerjakan PMI sampai saat ini, telah melakukan kerja sama penempatan dengan beberapa P3MI.

News | 18:44 WIB

Pemerintah India memiliki program pelatihan dan beasiswa dalam bidang Iptek yang sudah berlangsung sejak 1994.

News | 15:04 WIB

Indonesia dianggap bisa bekerja sama dengan baik dengan sejumlah pihak terkait di bandara sehingga proses pergerakan jemaah tidak mengalami banyak kendala.

News | 15:00 WIB

Langkah antisipasi dan penanganan Covid-19 Provinsi Lampung mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat sebagai Terbaik Penanganan Covid-19 pada Juni 2020

News | 14:04 WIB

Selain mendorong pertumbuhan industri pengolahan dan UMKM, Pemerintah Provinsi Lampung menangkap peluang membaiknya kondisi beberapa negara tujuan Ekspor Lampung.

News | 14:00 WIB

Tahun ini BPJPH memberikan fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) sebesar 25 ribu kuota.

News | 12:03 WIB

Pemajuan UMKM berbasis kebijakan, data serta mengoptimalkan teknologi dan pasar digital harus segera dimulai agar Metro Bangga Beli tak berhenti sekedar menjadi slogan pemanis.Atau memang sejak awal diniatkan sebatas pemanis?

Komunitas | 12:02 WIB

Isu peningkatan kompetensi tenaga kerja menjadi agenda kerja dalam mendorong peningkatan pertumbuhan sektor industri prioritas, termasuk industri dan produk tekstil.

Komunitas | 12:01 WIB

Layanan BNI Agen46, gerakan Laku Pandai dari Bank BNI mempercepat pemerataan layanan keuangan perbankan dan digital di seluruh wilayah di Indonesia serta membantu para pelaku UMKM

News | 10:18 WIB

Erigo dirintis di tahun 2011. Awalnya, Erigo bernama Selected & Co dan lebih fokus ke pakaian batik. Pendiri sekaligus CEO Erigo Muhammad Sadad menggeser fokus usahanya ke streetwear hingga sekarang.

News | 09:21 WIB

BNI menyasar target market diluar ekosistem diaspora yakni masyarakat lokal Hong Kong untuk lebih mengenal rempah dan makanan khas Indonesia

Komunitas | 08:05 WIB
Tampilkan lebih banyak