Inilah Pemenang Lomba Desain Batik Save Biodiversity 2022

UNESCO mengakui batik sebagai warisan dunia karena memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol dan makna filosofi kehidupan rakyat Indonesia.

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 23 Juni 2022 | 08:00 WIB
Inilah Pemenang Lomba Desain Batik Save Biodiversity 2022
suara.com

Metro, Suara.com- Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP) menyelenggarakan Lomba Desain Batik dengan tema “Literasi Biodiversitas: Save Biodiversity”. Kompetisi batik ini bertujuan untuk mendapatkan desain batik yang sesuai dengan tagline “Save Biodiversity from Mountain to Ocean”.
 
“Batik merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mempromosikan tagline SEAMEO BIOTROP “Save Biodiversity from Mountain to Ocean”. Selain sebuah karya seni, motif batik yang didesain dengan tepat dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan suatu pesan,” disampaikan Direktur SEAMEO BIOTROP, Zulhamsyah Imran di Jakarta, pada Rabu (22/6).
 
Teknis lombanya, kata Zulhamsyah, panitia mengumpulkan desain batik dimulai pada tanggal 21 April hingga 23 Mei 2022. Desain yang diterima, tutur Zulhamsyah, harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya mendukung tagline “Save Biodiversity from Mountain to Ocean”; memuat satu atau lebih warna khas SEAMEO BIOTROP, yaitu warna hijau, oranye dan/atau kuning; melampirkan filosofi dan ide yang dituangkan sebagai karya batik. “Serta menuangkan desain batik berukuran A4 dengan resolusi tinggi serta dan memuat hasil karya desain batiknya di media sosial milik SEAMEO BIOTROP,” jelas Zulhamsyah.
 
Pada hari penutupan penyerahan desain batik, panitia memperoleh  67 karya dari peserta yang berasal dari SMP, SMA, perguruan tinggi dan masyarakat umum. Penyaringan hasil karya dilakukan secara internal pada tanggal 31 Mei 2022 untuk mendapatkan 10 besar hasil karya desain batik dari keseluruhan peserta dan penjurian untuk mendapatkan lima pemenang dilakukan pada 15 Juni 2022.

Tim juri pada kompetisi ini yaitu Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anang Ristanto; Direktur SEAMEO BIOTROP, Zulhamsyah Imran; Koordinator Layanan Kerja Sama, Hubungan Masyarakat dan Kearsipan, Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, Darmawati SS; Direktur CV Piarea, Ikrom Mustofa; dan Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda, Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kardono.
 
Anang menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan lomba ini. "Lomba ini merupakan sebuah bentuk integrasi antara pendidikan dan kebudayaan, sehingga tidak hanya mengedukasi tetapi juga memberikan inspirasi bagi juri dan peserta lomba," imbuhnya.
 
Selanjutnya, Kardono menyampaikan harapannya “semoga melalui lomba ini dapat meningkatkan visibilitas dari center dan juga pentingnya literasi mengenai kekayaan biodiversitas”.
 
Berdasarkan hasil penjurian tersebut, lima pemenang Kompetisi Desain Batik SEAMEO BIOTROP 2022 adalah Christina Atika Yulina dari Universitas Sanata Dharma sebagai pemenang pertama, Refanda Wahyu Hadiantoro dan Hendri Setiawan dari Universitas Sebelas Maret sebagai pemenang kedua, Amaliya Lailatur Rizkiya dari Universitas Negeri Surabaya sebagai pemenang ketiga, Umi Laila Fitri dari SMPN 14 Kota Malang sebagai juara harapan 1, dan Octo Reinaldy dari SEAMEO Qitep in Science sebagai juara harapan 2.
 
“Selamat kepada para pemenang. Semoga hasil karya desain batik tersebut dapat meningkatkan visibilitas SEAMEO BIOTROP dalam mencapai tujuan “Literasi Biodiversitas: Save Biodiversity” pada tahun 2030,” ucap Zulhamsyah.
 
Sebagai informasi, batik merupakan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009. UNESCO mengakui batik sebagai warisan dunia karena memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol dan makna filosofi kehidupan rakyat Indonesia.

Sejarah & Budaya

Terkini

Porsi pembiayaan untuk UMKM di Indonesia baru sekitar 20 persen atau masih tertinggal dibandingkan Singapura 39 persen, Malaysia dan Thailand 50 persen, atau dengan Jepang 65 persen dan Korea Selatan 80 persen.

News | 19:11 WIB

Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia.

Pendidikan | 18:22 WIB

Menag minta para kader Banser dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semakin luas ruang aktualisasi, maka akan semakin terbuka bagi para sahabat Ansor untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Komunitas | 18:19 WIB

Sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe

News | 18:09 WIB

WTP ini merupakan kali ke-7 didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2015.

News | 17:00 WIB

Selama dua bulan terakhir kami mengundang partisipasi dari berbagai sektor mulai dari Perbankan, BUMN, swasta hingga masyarakat untuk bergabung dalam program revitalisasi cagar budaya

Komunitas | 16:17 WIB

Pemerintah hadir dalam memberikan pelindungan ketenagakerjaan kepada atlet baik itu seperti pelindungan Jaminan Sosial, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maupun pelindungan pengupahannya.

Komunitas | 15:51 WIB

Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan Mereka Belajar Kampus Merdeka.

Pendidikan | 15:46 WIB

Pemenuhan hak-hak lansia menjadi tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam panti milik Pemprov Lampung.

Komunitas | 15:00 WIB

Pesona I di Bandung melombakan 12 Cabang Seni dan 10 Cabang Olahraga. Diikuti sebanyak 62 Perguruan Tinggi Keagamaan dari berbagai agama di tanah air terdiri dari, 58 PTKIN, 1 UHN IGB Sugriwa, Denpasar Bali, 1 IAKN Kupang, 1 STAKN Pontianak, dan 1 STABN Sriwijaya T

Pendidikan | 13:49 WIB

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

News | 12:04 WIB

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN)

Komunitas | 12:01 WIB

Pengembangan UKM produk kriya juga harus dilakukan berbasis riset pasar, sistematis, dan berkesinambungan dengan fokus pada agregator kecil dan menengah melibatkan buyer representatif dan lembaga pembiayaan ekspor.

News | 11:26 WIB

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin.

News | 11:17 WIB

Proses penilaian sendiri akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

News | 11:12 WIB
Tampilkan lebih banyak