Undang Paus Fransiskus, PBNU Akan Gelar Forum Dialog Pemimpin Agama

Gus Yahya menjelaskan terdapat sembilan cluster atau acara dalam peringatan Harlah satu Abad NU. Salah satu acaranya kata Gus Yahya, yakni Forum Dialog Pemimpin Agama atau R20 (Religion of 20) yang akan digelar akhir Oktober 2022.

Oki Hajiansyah Wahab
Selasa, 21 Juni 2022 | 08:17 WIB
Undang Paus Fransiskus, PBNU Akan Gelar Forum Dialog Pemimpin Agama
suara.com

Metro, Suara.com - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftachul Akhyar, dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya meluncurkan rangkaian peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Gus Yahya mengatakan tema peringatan satu abad NU adalah Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru. Pilihan tema tersebut kata Gus Yahya, didasarkan pada sebuah hadits Rasulullah SAW mengenai adanya pembaharu di setiap 100 tahun.

Menurut Gus Yahya, tema tersebut yakni memicu kebangkitan baru di tengah umat. Karena itu ia sangat berharap agar harlah ini menjadi momentum kebangkitan baru NU.

"Maka kita sangat menharapkan momentum kebangkitan baru bagi NU," ujar Gus Yahya di acara.

Gus Yahya menyebut hari ulang tahun tahun NU resmi ditetapkan berdasarkan kalender Hijriah yakni 16 Rajab atau Februari 2023 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Gus Yahya menjelaskan terdapat sembilan cluster atau acara dalam peringatan Harlah satu Abad NU. Salah satu acaranya kata Gus Yahya, yakni Forum Dialog Pemimpin Agama atau R20 (Religion of 20) yang akan digelar akhir Oktober 2022.

"Tujuan diselenggarakannya R20 adalah bagaimana para pemimpin agama ini bicara supaya agama berhenti jadi bagian dari masalah dan mulai menjadi bagian dari solusi," kata Gus Yahya.

Gus Yahya menuturkan di acara R20, pihaknya akan mengundang tokoh agama dunia di antaranya Pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus kepala negara Vatikan Paus Fransiskus; Pemimpin Gereja Anglikan di Inggris, Uskup Justin Welby, Uskup Agung Konstantinopel, Patriark Bartholomew.

Kemudian Pemimpin Agama Buddha Internasional, Raja Norodom Sihamoni; Pemimpin Agama Hindu Internasional, Sri Ravi Shankar dan tokoh pemimpin agama lainnya. Tak hanya itu, PBNU juga akan mengundang Syeikh Al-Azhar, Syeikh Ahmad Al Tayyeb dan para tokoh lain.

News

Terkini

Dalam rangka menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia, perusahaan teknologi itu menghadirkan Festival Pilih Lokal 17.8, sebagai bagian dari Kampanye Shopee Pilih Lokal.

Komunitas | 19:30 WIB

Konsep socioentrepreneur sangat relevan diterapkan dimana ketika seseorang mendirikan usaha tidak sekadar untuk memperkaya diri melainkan menyejahterakan sekitarnya.

Komunitas | 19:00 WIB

Platform Alef telah terbukti sebagai salah satu media luar biasa yang dapat mendukung madrasah Indonesia saat mereka beralih ke metode pengajaran dan pembelajaran modern

Pendidikan | 18:39 WIB

Generasi Z dan generasi milenial adalah 55 persen dari total populasi Indonesia, jadi dominasi ini adalah bonus demografi Indonesia

Pendidikan | 15:03 WIB

Acara peluncuran di Jepang dihadirkan oleh band NOAH yang didaulat menjadi brand ambassador guna mengkampanyekan kepeduliaan kesehatan dengan memilih air mineral berkualitas

Komunitas | 15:00 WIB

Standup comedy adalah seni yang memberikan ruang untuk menceritakan dan mengekspresikan emosi dan perasaan pelakonnya dengan bebas.

Komunitas | 12:03 WIB

DISART Festival akan memamerkan karya dari anak-anak difabel mulai dari makanan, lukisan, scarf, dan tas.

Komunitas | 12:01 WIB

Kerja sama Kota Petaling Jaya dengan Kota Bandung menurutnya telah terjalin sejak 2015. Beberapa kolaborasi yang telah terjalin sejak 2015, antara lain di bidang seni budaya, pendidikan, perdagangan, dan teknologi.

News | 10:10 WIB

Pemerintah dapat meningkatkan kemampuan digital pelaku UMKM dengan menciptakan lingkungan ekosistem digital yang kondusif termasuk infrastruktur, internet dan perangkat yang terjangkau.

News | 10:06 WIB

Presiden Joko Widodo meminta seluruh Kementerian dan Lembaga meningkatkan belanja pemerintah terutama yang terkait mengandung Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN yang tinggi.

News | 10:00 WIB

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dan diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

Sejarah & Budaya | 08:02 WIB

Indonesia dikatakan Sandiaga sedang menjadi spotlight. ekonomi kreatif dunia menyusul akan digelarnya World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di Bali bulan Oktober mendatang

Komunitas | 08:01 WIB

UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini memiliki dua jurnal internasional bereputasi, yakni Jurnal Samarah dan Jurnal Ilmiah Islam Futura. Selain itu, ada 27 jurnal lain yang terakreditasi nasional.

Pendidikan | 08:00 WIB

Sebanyak 126 penyandang disabilitas dari Jakarta dan Bandung dilatih untuk dapat menghasilkan beragam produk di bidang kuliner, tata rias, melukis, membatik dan membuat kreamik.

Komunitas | 00:03 WIB

Pada Juni 2022, KemenKopUKM mencatat sudah ada sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4 persen dari total UMKM telah masuk pada platform e-commerce.

News | 00:02 WIB
Tampilkan lebih banyak