Santri Digitalpreneur Diharap Hadirkan Talenta-Talenta Baru Ekonomi Digital

Santri Digitalpreneur Indonesia merupakan program untuk mencetak generasi santri digital yang dapat memproduksi konten-konten digital yang kreatif dan inovatif serta memiliki akhlakul karimah

Oki Hajiansyah Wahab
Minggu, 19 Juni 2022 | 13:00 WIB
Santri Digitalpreneur Diharap Hadirkan Talenta-Talenta Baru Ekonomi Digital
Kemenparekraf

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap program Santri Digitalpreneur yang dihadirkan Kemenparekraf/Baparekraf dapat memperkuat kehadiran talenta-talenta baru ekonomi digital, khususnya dari kalangan santri guna mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. 

Program Santri Digitalpreneur Indonesia sendiri berlangsung di Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022) bekerjasama dengan sejumlah pihak, seperti Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Pesantren Darunnajah, dan Arus Informasi Santri Nusantara, mengatakan, program ini bertujuan untuk membentuk tatanan ekonomi baru pascapandemi COVID-19 di mana santri menjadi salah satu elemen penting dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa mendatang. 

Para peserta Santri Digitalpreneur Indonesia akan menerima pelatihan materi dasar, berdiskusi, serta serangkaian praktek yang akan membuat para santri memahami materi secara komprehensif. Materi pelatihan diberikan oleh para profesional yang berkompeten di bidang kreatif dan digital, serta animasi.

"Santri-santri ini akan menjadi pemimpin baik dunia usaha dan sektor pentahelix lainnya," kata Menparekraf Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan program ini diharapkan bisa menjadi jalan untuk membentuk talenta-talenta baru di sektor ekonomi kreatif. Khususnya dari kalangan santri.

"Kita harapkan ini menjadi penyemangat untuk segera bangkit dari sisi ekonomi, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja karena ada sekitar 4,5 juta santri dan 28 ribu pesantren. Jadi kita akan terus roadshow ke beberapa daerah dalam periode ini yang kita mulai hari ini di Tasikmalaya, dan kita harapkan ini akan menjadi langkah untuk menyiapkan talenta-talenta baru ekonomi digital," katanya.

Sandiaga menilai seorang santri harus menjadi generasi yang inovatif, adaptif dan kolaboratif dalam menghadapi perekonomian pascapandemi COVID-19.

"Santri harus masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital dan mengedepankan produk-produk kreatif. Santri harus kekinian dan banyak nanti konten-konten yang diberikan dalam konteks digital," ungkap Sandiaga.

Selain itu, pemasaran produk-produk karya para santri ini nantinya bisa dipasarkan melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. "Santri ini akan menjadi bagian dari 30 juta UMKM yang akan menjadi bagian ekosistem ekonomi digital sehingga promosi baik dari segi pembenahan kemasan, pembenahan promosinya itu akan kita fasilitasi," ungkapnya.

Santri Digitalpreneur Indonesia merupakan program untuk mencetak generasi santri digital yang dapat memproduksi konten-konten digital yang kreatif dan inovatif serta memiliki akhlakul karimah. Santri Digitalpreneur Indonesia menjadi wadah bagi santri untuk meningkatkan kapasitas dan skill melalui pelatihan-pelatihan yang terukur dan tepat sasaran

Pendidikan

Terkini

Momen kegiatan lomba bersama masyarakat Indonesia ini sangat bermanfaat dalam membangun kerja sama dan solidaritas WNI di Sri Lanka.

News | 12:08 WIB

Standup comedy adalah seni yang memberikan ruang untuk menceritakan dan mengekspresikan emosi dan perasaan pelakonnya dengan bebas.

Komunitas | 12:03 WIB

DISART Festival akan memamerkan karya dari anak-anak difabel mulai dari makanan, lukisan, scarf, dan tas.

Komunitas | 12:01 WIB

Kerja sama Kota Petaling Jaya dengan Kota Bandung menurutnya telah terjalin sejak 2015. Beberapa kolaborasi yang telah terjalin sejak 2015, antara lain di bidang seni budaya, pendidikan, perdagangan, dan teknologi.

News | 10:10 WIB

Pemerintah dapat meningkatkan kemampuan digital pelaku UMKM dengan menciptakan lingkungan ekosistem digital yang kondusif termasuk infrastruktur, internet dan perangkat yang terjangkau.

News | 10:06 WIB

Presiden Joko Widodo meminta seluruh Kementerian dan Lembaga meningkatkan belanja pemerintah terutama yang terkait mengandung Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN yang tinggi.

News | 10:00 WIB

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dan diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

Sejarah & Budaya | 08:02 WIB

Indonesia dikatakan Sandiaga sedang menjadi spotlight. ekonomi kreatif dunia menyusul akan digelarnya World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di Bali bulan Oktober mendatang

Komunitas | 08:01 WIB

Sebanyak 126 penyandang disabilitas dari Jakarta dan Bandung dilatih untuk dapat menghasilkan beragam produk di bidang kuliner, tata rias, melukis, membatik dan membuat kreamik.

Komunitas | 00:03 WIB

Pada Juni 2022, KemenKopUKM mencatat sudah ada sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4 persen dari total UMKM telah masuk pada platform e-commerce.

News | 00:02 WIB

Sandiaga mengatakan penundaan ini sesuai dengan aspirasi publik yang telah ditampung oleh pemerintah

News | 00:01 WIB

Sejak 15 Juli 2022, total sudah ada 74.380 jemaah yang sudah tiba di tanah air.

News | 18:07 WIB

Dengan dilantiknya Pejabat Fungsional ini akan semakin banyak inovasi dan program kegiatan untuk mendukung produktivitas dan kinerja pegawai Kementerian Ketenagakerjaan.

News | 17:00 WIB

Kemenparekraf sedang menyusun Rencana Aksi Nasional 2022-2026 yang akan menjadi acuan dan pedoman dalam mencapai pembangunan dan target ke depan dalam hal wellness tourism.

Sejarah & Budaya | 15:16 WIB

JFC 2022 juga mengirimkan pesan kepada dunia akan kuatnya kreativitas, imajinasi, adaptasi, dan kolaborasi Indonesia.

Komunitas | 15:12 WIB
Tampilkan lebih banyak