Sempat Tertahan 8 Bulan di Perairan Vietnam, 6 ABK WNI Akhirnya Kembali ke Indonesia

Para ABK tersebut tertahan di kapal MJSS yang mengalami kecelakaan selama kurang lebih delapan bulan di perairan Vietnam bagian selatan.

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:30 WIB
Sempat Tertahan 8 Bulan di Perairan Vietnam, 6 ABK WNI Akhirnya Kembali ke Indonesia
Antara

Metro, Suara.com - Kementerian Luar Negeri RI bersama Perwakilan RI di Vietnam  berhasil memfasilitasi pemulangan enam anak buah kapal (ABK) Indonesia kembali ke tanah air setelah sempat tertahan di perairan Vietnam,

Berdasarkan keterangan yang diberikan KJRI Ho Chi Minh City, enam ABK Indonesia itu kembali ke Tanah Air pada Jumat (17/6/2022). Menururut KJRI Ho Chi Minh City, hal ini merupakan repatriasi tahap dua setelah repatriasi tiga ABK yang dilakukan pada 14 Mei 2022 lalu. Total sudah ada sembilan orang yang telah kembali ke Indonesia setelah tertahan di kapal.

Para ABK tersebut tertahan di kapal MJSS yang mengalami kecelakaan selama kurang lebih delapan bulan di perairan Vietnam bagian selatan. Selama di perairan Vietnam, kapten dan seluruh ABK di kapal berbendera Indonesia tersebut telah mengikuti semua aturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh otoritas setempat.

KJRI Ho Chi Minh City dengan dukungan otoritas setempat telah beberapa kali mengunjungi kapal untuk membawakan bahan makanan dan kebutuhan lainnya, termasuk mendatangkan dokter. Di sela-sela proses pemulangan para ABK WNI itu, pihak KJRI HCMC juga berupaya memberikan penyuluhan kepada para ABK untuk senantiasa mengedepankan unsur kehati-hatian dalam menerima pekerjaan mengingat saat ini marak bermunculan penipuan lowongan pekerjaan di luar negeri. 

Sumber : Suara.com

News

Terkini

Potensi ekspor tanaman hias dari sejumlah varietas di Indonesia sangat besar tetapi kita selalu kalah dari negara lain karena masalah perizinan yang lama

Komunitas | 00:10 WIB

Lombok adalah surga bagi endurance athletes, serta salah satu destinasi yang menjadi indikator pemulihan atau recovery pariwisata nasional.

Komunitas | 00:01 WIB

Para penari Tari Melinting yang akan tampil menyambut para tamu pada HUT ke-77 RI di Istana Negara itu merupakan putra asli daerah yang berasal dari Desa Nibung Lampung Timur.

Sejarah & Budaya | 18:00 WIB

Antusias dan partisipasi peserta tahun ini meningkat, mencapai 97,5%. Dalam dua tahun terakhir, angka partisipasi berada dalam kisaran 89%.

Pendidikan | 12:08 WIB

Rekrutmen ini dilakukan dalam rangka mempercepat pencapaian target 10 juta produk bersertifikat halal tahun 2022

Komunitas | 12:02 WIB

Film Sayap Sayap Patah garapan Rudi Soedjarwo yang diangkat dari kisah nyata kerusuhan berdarah di Mako Brimob Kelapa Dua Depok pada 2018 silam.

Sejarah & Budaya | 19:23 WIB

Kegiatan yang berlangsung dari 8-13 Agustus 2022 dan mengusung slogan spirit of harmony dan diikuti oleh 62 PTKN

Pendidikan | 19:15 WIB

Tahun ini, konduktor yang akan memimpin pergelaran GBN adalah Nathania Karina atau yang akrab disapa Nia, lulusan University of Melbourne yang memiliki gelar ganda yaitu Pertunjukan Piano dan Pendidikan Musik

Sejarah & Budaya | 17:00 WIB

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program yang diinisiasi Adira Finance yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia khususnya di desa wisata.

Komunitas | 15:35 WIB

Desa Wisata Undisan akan mendapatkan dukungan dari Adira Finance dalam pengembangan desa wisata yang ramah muslim.

Sejarah & Budaya | 15:30 WIB

Ubud Village Festival 2022 menghadirkan penampilan musik dari deretan musisi jazz tanah air dan internasional serta banyak menarik minat wisatawan ini.

Komunitas | 15:24 WIB

Lewat PP ini juga diharapkan dapat terbentuk satu persepsi yang sama di seluruh ekosistem ekonomi kreatif tanah air, khususnya untuk bisa mengambil peluang dalam perkembangan teknologi digital.

Komunitas | 10:00 WIB

Lewat IOI Indonesia, Kemendikbudristek juga berbangga telah menjadi bagian dari komitmen dunia untuk bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19 sekaligus memperkenalkan alam dan budaya Indonesia khususnya Yogyakarta yang indah dan berwarna

Sejarah & Budaya | 08:08 WIB

Kemenag juga berkomitmen memasyarakatkan moderasi beragama dan memoderasi beragama masyarakat akan didorong lebih kuat agar intoleransi dan ekstrimisme beragama di masyarakat hilang atau minimal terkurangi

News | 08:00 WIB

Kolaborasi tersebut dilakukan Kemenparekraf/Baparekraf dengan Pertamina, Telkom, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dalam hal komitmen kerja sama rantai pasok UMKM dan Hotel.

Sejarah & Budaya | 00:05 WIB
Tampilkan lebih banyak